Cara Chat Dosen Untuk Konsultasi Judul Skripsi

Cara Chat Dosen Untuk Konsultasi Judul Skripsi

Cara chat dosen untuk konsultasi judul skripsi agar ditanggapi dan cepat diselesaikan. Artikel kali ini kita khususkan bagi mahasiswa yang sedang menjalani proses skripsi. Dan biasanya akan terkendala dengan bagaimana sih contoh chat dosen untuk konsultasi judul skripsi yang baik dan benar ?

Nah apalagi pada musim pandemi begini dan juga diberlakukannya kuliah online justru akan meminimalisir hubungan kamu dengan para dosen pembimbing skripsi.

Dan kamu harus tahu bagaimana cara menghubungi dosen untuk bimbingan skripsi agar bisa cepat ditanggapi dan direspon baik oleh dosen.

Bahkan kita pernah mendapati foto lucu yang beredar di sosial media mengenai cara mahasiswa chat dosen pembimbing skripsi yang tidak sopan dan terkesan asal asalan.

Nah berikut tipskerja akan mengulas bagaimana cara yang sopan dalam menghubungi dosen pembimbing untuk konsultasi skripsi.

Cara Chat Dosen Untuk Konsultasi Judul Skripsi

Karena sering berinteraksi secara online, membuat kamu jarang berkomunikasi secara langsung dengan dosen pembimbing skripsi bukan.

Dan terkadang takut menghubungi karena kurang sopan atau tidak tahu cara menghubungi yang baik dan sopan bagaimana.

Apalagi jika tidak ada respon yang diberikan oleh dosen pembimbing kamu. Wah, jangan berfikiran aneh aneh dulu ya. Kita akan bahas point penting cara chat dosen yang baik dan benar untuk konsultasi masalah skripsi.

Nantinya kita akan coba mencontohkan penggunaan kalimat yang baik dan benar sesuai dengan pengalaman pribadi hehe. Simak dulu tips berikut ini:

1. Perhatikan Jam dan Waktu Chat Ke Dosen

Tentunya ini yang harus kamu pertimbangkan awal sekali. Karena pastinya ada waktu waktu tertentu dimana kamu bisa chat dosen dan tidak mengganggu kesibukannya.

Berikut ini point penting dalam menentukan waktu chat dosen untuk konsultasi :

  • Coba tanyakan ke teman yang sama pembimbingnya waktu yang tepat untuk chat ke dosen
  • Tidak melakukan chat pada hari sabtu dan minggu
  • Waktu yang terbaik melakukan chat adalah jam 09.00 sampai jam 16.00
  • Perhatikan pada jam jam istirahat dan jam beribadah juga tidak disarankan

Pada kasus ini admin sendiri pernah mengalami, ada beberapa dosen yang sudah menjadwalkan untuk waktu bimbingan skripsi. Jadi gunakan hanya dalam waktu itu saja.

2. Menggunakan Foto Profile Pribadi

Agar dosen kamu cepat hafal dengan wajah kamu, maka lebih baik untuk merubah foto profile yang kamu pakai dengan wajah asli kamu sendiri. Jangan gunakan gambar lainnya dan usahakan foto yang kelihatan jelas wajah kamu.

Jangan pula menggunakan foto grup yang berisi banyak orang didalam foto tersebut. Dosen akan bingung kamu yang mana. Ubah pula nama akun wa kamu dengan menggunakan nama asli.

Hal ini dikarenakan kebanyakan dosen tidak menyimpan nomor mahasiswanya dikarenakan jumlahnya yang banyak. Dan cara satu satunya untuk tahu siapa nomor kamu adalah dengan mencantumkan nama asli dan juga foto asli.

3. Chat Dosen Dengan Menggunakan Salam dan Sapaan

Untuk membuka percakapan yang formal dengan dosen usahakan untuk menggunakan kata salam atau sapaan. Misal :

  • Gunakan “Assalamualaikum bapak/ibu” (jika beragama islam)
  • Dan gunakan “Selamat pagi bapak/ibu …. “ untuk selanjutnya

Ini untuk kalimat awal saja ya, Jadi usahakan untuk tidak mengirimkan pesan berantai seperti selamat pagi bapak/ibu kemudian enter lalu perkenalkan kemudian enter. Ini akan sangat mengganggu sekali. Usahakan untuk 1 chat saja lengkap dengan isi chat utamanya.

4. Ucapkan Permintaan Maaf

Ada baiknya untuk kamu memberikan permintaan maaf terlebih dahulu. Seperti “Mohon maaaf mengganggu waktunya bapak/ibu.” Hal ini kami rasa sangat perlu untuk kamu tuliskan. Karena jadwal bimbingan dosen tidak hanya 1 atau 2 mahasiswa saja. Dan pastinya semua mahasiswa ingin direspon satu persatu.

5. Perkenalkan Diri Dengan Sopan

Ini hal yang paling wajib untuk kamu lakukan. Apalagi ketika pertama kali kamu chat dosem untuk konsultasi judul skripsi. Hal ini agar dosen tahu siapa lawan bicaranya dan tahu dengan materi yang akan disampaikannya.

Contohnya : “Nama saya …………. ,  mahasiswa jurusan ………… angkatan …….. NIM ………….. Kebetulan untuk semester kali ini saya mengambil mata kuliah skripsi dengan pembimbing bapak/ibu ………”

6. Menggunakan Bahasa Yang Mudah Dipahami

Gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar. Jangan ada kata kata singkatan pada chat kamu agar lebih formal. Penggunaan titik dan koma juga sangat diperlukan disini. Kamu bisa mencoba menulisnya terlebih dahulu dalam notepad baru kamu pastekan di kolom chat dosen.

7. Pesan Singkat Padat Dan Jelas

Sebelumnya kamu harus tahu apakah chat kamu sudah ditanyakan sebelumnya dan sudah dijawab oleh dosen atau belum. Jangan sampai berulang ulang.

Dan juga pastikan kamu mengatakan langsung maksud dan tujuan kamu secara singkat dan jelas. Contohnya “Saya ingin bimbingan skripsi saya yang berjudul ……………………. dan memerlukan tanda tangan bapak/ibu di lembar pengesahan. Kira kira saya bisa bimbingan atau konsultasi menghadap bapak/ibu kapan ya?”

Kurang lebih seperti itu. Jika sudah kamu bisa mengakhiri dengan kata penutup dan ucapkan terima kasih.

8. Contoh Chat Dosen Untuk Konsultasi Judul Skripsi

Berikut ini contoh cara menghubungi dosen untuk bimbingan skripsi :

“Assalamualaikum bapak/Ibu ………….. Mohon maaf mengganggu waktunya.
Perkenalkan saya ………………… mahasiswa jurusan ……………….. angkatan ………. NIM ……………
Untuk semester kali ini saya mengambil mata kuliah skripsi dengan dosen pembimbing bapak/ibu.
Kalau boleh tau kira kira kapan saya bisa konsultasi skripsi untuk judul saya ………………………. ini ?
atau Jika ada waktu, bisa melakukan zoom meeting untuk bimbingan skripsi saya.
Terima kasih sebelumnya, semoga berkenan.”

9. Cara Chat Dosen Untuk Mengingatkan

Jika tidak ada respon usahakan untuk tetap menunggu terlebih dahulu sampai dengan keesokan harinya. Usahakan untuk tidak melakukan spam chat karena tentunya akan sangat mengganggu. Berikut ini contohnya :

“Selamat pagi bapak/ibu ……………………. Maaf mengganggu,
Saya ingin menanyakan mengenai bimbingan skripsi saya sebelumnya. Apakah ada yang kurang atau perlu saya perbaiki?
Terima kasih atas perhatiannya”

10. Contoh Chat Dosen Untuk Mengumpulkan Tugas

Adapun ketika kamu sedang mendapati tugas yang harus dikumpulkan kepada dosen juga memerlukan konfirmasi chat via WA atau email juga. Jangan asal mengumpulkan saja tanpa ada basa basinya terlebih dahulu. Berikut contohnya :

“Selamat siang bapak/ibu ……………………….. Maaf mengganggu,
Perkenalkan saya ……. Mahasiswa jurusan …………….. angkatan ……………………..
Saya bermaksud untuk mengumpulkan tugas …………… untuk mata kuliah ………………
Berikut ini saya lampirkan untuk hasil tugas yang telah saya kerjakan.
Silahkan dicek kembali bapak/ibu.
Terima kasih semoga berkenan.”

Ini bisa kamu gunakan untuk chat di WA atau melalui email juga bisa. Usahakan untuk menggunakan lampiran dengan nama yang sesuai dengan tugas yang diberikan.

11. Contoh Chat Dosen Untuk Konsultasi KRS

Terkadang kamu perlu juga untuk menkonfirmasi masalah KRS. Karena ini menyangkut dengan tanggung jawab kamu unutk bisa berkuliah di semester berikutnya. Berikut contohnya :

“Selamat pagi bapak/Ibu…………………… Mohon maaf mengganggu waktunya.
Saya ……………………… Mahasiswa jurusan ……………. Angkatan ………………………
Saya bermaksud ingin bertanya mengenai masalah KRS ………………………
Apakah bapak /ibu ………………………………………. (menyatakan maksud dan tujuannya)
Terima kasih atas perhatiannya. Selamat beraktifitas kembali”

12. Contoh Chat Dosen Minta Perbaikan Nilai

Ada kalanya kamu juga perlu mencari tahu bagiamana kamu bisa mendapatkan nilai dari dosen kamu. Karena terkadang protes nilai juga sangat membantu mahasiswa dalam memperbaiki nilai. Berikut ini contoh chat dosen untuk protes nilai yang baik dan benar :

“Selamat siang bapak/ibu ……………. mohon maaf mengganggu waktunya sebentar.
Nama saya ……………. Mahasiswa jurusan …………. Angkatan ………………………..
Saya ingin menanyakan untuk nilai saya di mata kuliah ……………………………………
Setelah saya teliti untuk nilai yang diberikan kurang pas pak/bu. Dikarenakan setelah saya cocokan dengan hasil jawaban bapak/ibu ternyata untuk nomor ………….. jawabannya benar namun disini disalahkan.
Saya berharap bisa mendapatkan perbaikan nilai untuk mata kuliah ini.
Semoga ada koreksi kedepannya agar nilai saya bisa sesuai kembali.
Terima kasih atas perhatiannya. Selamat siang”

13. Cara Chat Dosen Untuk Revisi Skripsi

Untuk yang satu ini tentunya dosen kamu sudah tahu bahwa nomor yang kamu gunakan adalah dirimu. Malah mungkin dosen tersebut akan menyimpan nomormu. Jadi tidak perlu untuk perkenalan diri lagi dan bisa langsung chat dengan isi yang singkat dan jelas. Contohnya :

“Selamat pagi bapak/ibu ……………….. Saya ingin menanyakan untuk revisi skripsi saya sudah sampai mana ya pak/bu? Apakah ada yang kurang ? Agar bisa segera saya revisi kembali. Terima kasih.”

atau

“Selamat siang bapak/ibu ………………….. Untuk revisi skripsi saya apakah bisa saya ajukan kembali? Karena revisi sebelumnya sudah saya perbaiki dan tinggal di teliti kembali. Terima kasih pak/bu, maaf mengganggu waktunya.”

14. Contoh Chat Dosen Untuk Bimbingan Skripsi Online

Untuk saat ini mungkin konsultasi judul skripsi sudah melalui online. Karena adanya pandemi dan sistem perkuliahan masih menggunakan daring. Hal ini juga termasuk dengan konsultasi skripsi yang dilakukan secara online. Berikut contohnya :

“Selamat siang bapak/ibu …………………… Untuk bimbingan skripsi saya dengan judul …………….. Apakah bisa dilakukan secara online ? Karena sistem perkuliahan masih menggunakan sistem daring. Jika berkenan bisa pak/bu diberikan informasi untuk jadwal yang kosong dan bisa dilaksanakan dengan online menggunakan zoom. Terima kasih semoga sehat selalu.”

15. Chat Dosen Untuk Pengajuan Judul Skripsi

Bagi kamu yang masih melakukan pengajuan judul skripsi sangat penting untuk memperkenalkan diri secara lengkap lalu ajukan pula untuk bisa bertemu atau mengadakan konsultasi secara online. Berikut contoh chatnya :

“Assalamualaikum bapak/ibu ………………… Selamat pagi.
Saya …………. mahasiswa jurusan ………… angkatan ……………. NIM ………….. bermaksud untuk mengajukan judul skripsi yang akan saya buat di semester ini.
Adapun judul yang saya buat adalah …………………………………………….
Kalau berkenan kapan kiranya bisa bimbingan baik online atau tatap muka pak/bu. Terima kasih atas perhatiannya. Wassalamualaikum warohmatulohi wabarokatu.”

16. Chat Dosen Penguji Skripsi

Selain pembimbing, adapula dosen penguji yang wajib juga untuk kamu bisa saling berkomunikasi dengannya. Berikut contoh chat dosen yang sopan :

“Selamat pagi bapak/ibu …………………….. Perkenalkan saya …………. mahasiswa ……… jurusan ……….. angkatan ………….. Saya bermaksud untuk konsultasi mengenai revisi skripsi yang sebelumnya bapak/ibu ujikan kepada saya saat sidang skripsi. Apakah ada waktu untuk bimbingan pak/bu? Terima kasih semoga tidak mengganggu waktunya.”

Baca Juga >>> 10 Tips Cara Membuat Laporan Praktek Kerja Lapangan <<<

Penutup

Itu tadi beberapa cara chat dosen untuk konsultasi judul skripsi beserta dengan contoh chat dosen untuk konsultasi judul skripsi yang lengkap. Yang perlu diingat adalah tata krama saat kamu berbicara dengan dosen, hal ini juga sama saja ketika chat berlangsung.

Usahakan untuk menggunakan bahasa yang sopan dan tidak asal asalan. Jika melalui email, maka perhatikan juga nama email kamu. Jangan sampai menggunakan nama email yang alay dan tidak menggunakan nama asli kamu sendiri. Karena dosen jadi susah mengingatnya.

Dan juga foto profile kamu juga lebih bagus lagi menggunakan foto profile asli. Sehingga dosen tau mana wajah kamu dan akan ingat.

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai contoh chat dosen untuk konsultasi judul skripsi. Semoga artikel kami bisa bermanfaat dan selamat mencobanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *