5 Rules Bagaimana Cara Anda Mengenali Bahaya Di Tempat Kerja

bagaimana cara anda mengenali bahaya di tempat kerja

Kesadaran atas keselamatan kerja sering kali dianggap sepele oleh beberapa pegawai kantor. Bagaimana cara anda mengenali bahaya di tempat kerja menjadi salah satu yang harus anda ketahui sebelum melakukan pekerjaan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja akibat dari kelalaian atau musibah ditempat kerja.

Seorang pemimpin perusahaan memiliki kewajiban dalam mengelola kondisi dan bahaya apa saja yang bisa timbul ditempat kerja dimana ini sudah diatur dalam undang-undang nomor 1 tahun 1970 mengenai keselamatan kerja bagi seluruh pegawat perusahaan.

Orientasi dan slogan yang wajib dijaga oleh semua pihak adalah mengenai Safety First, bagaimana kita diharuskan mengutamakan keselamatan kerja secara bersama sama dibandingkan dengan fokus Production First.

Lalu bagaimana cara anda mengenali bahaya di tempat kerja ? Berikut ulasannya dari kami tipskerja :

  1. Collecting Information

Buatlah suatu data mengenai bahaya apa saja yang ada di tempat kerja. Mulai dari bahan dan material sampai ke mesin dan alat apa saja yang ada di lingkungan kerja.

Kumpulkan seluruh data informasi mengenai potensi bahaya yang dimungkinkan pekerja bisa terpapar atau mempengaruhi keselamatan kerja karyawan.

Pengumpulan informasi ini bisa dilakukan dengan cara :

  • Inspeksi ditempat kerja atau dilingkungan kerja secara langsung
  • Catatan sebelumnya mengenai kecelakaan apa saja yang selama ini pernah terjadi
  • Penilaian kebersihan lokasi kerja
  • Program K3 apakah sudah terlaksana atau belum
  • Saran dan masukan dari berbagai pihak yang terkait langsung di lapangan
  • Hasil analisis mengenai job safety
  • Mengelompokkan material mana yang bersifat dapat membahayakan untuk dibedakan bagaimana cara penanganan dan penyimpanannya
  1. Pengelompokkan Prioritas Bahaya

Jika pengumpulan informasi telah diterapkan, maka langkah selanjutnya adalah pengelompokkan prioritas bahaya.

Meterial atau alat mesin yang dinilai mendapatkan prioritas lebih bahaya akan berbeda penanganannya sesuai dengan prioritas urutannya. Bagaimana cara anda mengenali bahaya di tempat kerja jika tidak mengetahui mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu.

  1. Lingkungan Kerja Yang Berbahaya

Kondisi dan lingkungan kerja juga menjadi salah satu faktor sumber bahaya yang harus diperhatikan dengan seksama. Penempatan program K3 di lingkungan kerja menjadi salah satu kunci untuk mencegah kecelakaan kerja khusunya dilingkungan kerja.

Hal hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana kebersihan dan kerapian kerja agar tidak mengganggu aktivitas kerja di tempat tersebut. Management penataan posisi juga mempengaruhi dalam meminimalisir tingkat bahaya kerja.

  1. Inspeksi Penemuan Bahaya Keselamatan Kerja

Kita tidak akan bisa mengira kapan dan bagaimana bahaya kerja akan menimpa seseorang. Ada baiknya untuk secara berkala melakukan inspeksi dengan tujuan menemukan potensi bahaya apa saja yang ada di lingkungan kerja.

Dokumentasi dan libatkan berbagai pihak yang bersinggungan langsung dengan tempat dan posisi kerja. Hasil dokumentasi bisa berupa foto dan video disetiap area yang dianggap memiliki bahaya kerja.

Inspeksi juga mengenai alat dan mesin produksi secara rutin dan berkala lalu catat informasi apa yang didapatkan pada saat inspeksi berlangsung.

  1. Investigasi

Jika ada insiden kecelakaan kerja seperti kesalahan manusia, musibah yang disengaja akibat kelalaian pekerja atau lainnya. Anda bisa membuat investigasi dan membuat laporan mengenai apa saja yang menyebabkan hal itu terjadi, sehingga dikemudian hari bisa diminimalisir.

Buatlah laporan penyelidikan secara detail untuk menemukan bagaimana cara anda mengenali bahaya di tempat kerja selama insiden.

Kelemahan K3 yang sering kali menjadi dasar atas kecelakaan kerja dan bahaya kerja sehingga terjadinya insiden tersebut. Tanyakan mengenai sebab dan akibatnya juga bagaimana insiden itu bisa terjadi.

Jika sudah di investigasi secara menyeluruh, maka akan terlihat akar permasalaah yang harusnya bisa ditangani atau dicegah agar tidak timbul lagi masalah kecelakaan kerja tersebut.

 

Baca Juga >>> 11 Tips dan Cara Mengatasi Stres Kerja <<<

Itu tadi 5 tips bagaimana cara anda mengenali bahaya di tempat kerja untuk meminimalisir kecelakaan kerja yang terjadi dilingkungan kerja akibat dari kelalaian pekerja atau musibah dan maintenance mesin produksi. Dengan adanya program K3 akan meminimalisir dari musibah atau kecelakaan kerja. Diharapkan dengan mengenali bahaya di tempat kerja maka proses produksi dan pekerjaan akan lebih aman, nyaman dan maksimal kembali.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *