7 Hal Yang Pantang Kamu Lakukan Dalam Wawancara

7 Hal Yang Pantang Kamu Lakukan Dalam Wawancara

TipsKerja sudah meriset dan survey mengenai hal hal apa saja yang bisa menyebabkan kamu gagal dalam tes interview atau wawancara. Banyak faktor yang membuat kamu sukses ataupun gagal dalam tes tahapan kali ini. Berikut 7 hal yang pantang kamu lakukan dalam wawancara.

  1. Datang terlambat

Usahakan untuk bangun awal disetiap pagi agar kamu terbiasa untuk mempersiapkan segala sesuatu sedini mungkin. Bangun pagi akan membuat mental kamu lebih siap untuk melakukan tes pada hari itu. Perkirakan perjalanan kamu dari rumah menuju tempat tes setengah jam lebih awal. Ini membantu kamu untuk lebih tenang dan dapat menganalisa tempat kerja tesmu. Kamu akan tau bagaimana suasana kantor tersebut, budaya kerjanya bagaimana, cara berpakaiannya bagaimana, dan berbagai hal.

  1. Tidak membawa CV cadangan

Meskipun kamu sudah memberikan c v atau mengirim cv lewat email atau online, tidak ada salahnya untuk membawa cv cadangan. Berikan cvmu sebelum memulai wawancara kerja. Ini menandakan kamu perhatian terhadap hal hal detail untuk bekerja.

  1. Berpakaian tidak tepat

Seperti baju atau celana terlalu ketat atau terlalu besar membuat orang lain salah fokus kearah pakaiannmu. Ada baiknya sebelum kamu melakukan wawancara lebih untuk melihat situs web mereka untuk melihat bagaimana mereka berpakaian saat dikantor. Contohnya untuk perusahaan perbankan lebih memilih kandidat karyawan yang rapi klimis bersih dari bulu dan terkesan formal. Sedangkan untuk perusahaan startup lebih menyukai pakaian yang fleksibel dan santai.

  1. Menganggap remeh kandidat lain

Jangan berfikiran kamu lebih baik dari kandidat lainnya. Coba dekati mereka dan gali sebanyak mungkin informasi yang mereka punya. Seperti asal pendidikan mereka?, mengetahui lowongan ini dari mana?, tau apa mereka mengenai perusahaan ini?, melamar dibagian apa?, pandangan mereka mengenai perusahaan ini?, melamar dimana lagi selain di perushaan ini? Dan sebagainya.

  1. Berbohong

Saat diwawancarai jangan sampai terpikirkan olehmu untuk berbohong mengenai skill passion dan mungkin informasi mengenai pekerjaanmu sebelumnya. Seorang pewawancara HRD merupakan lulusan psikologi yang sangat mengetahui gerak gerik dan bahasa tubuhmu saat kamu melakukan kebohongan.

  1. Terlihat mengantuk

Jika kamu diinterview pada urutan awal dari peserta lainnya tidak masalah. Namun bagaimana jika kamu diinterview disiang hari dengan urutan terakhir dari peserta lainya. Perasaan mengantuk akan menunjukkan kamu adalah orang yang mudah bosan dengan suatu pekerjaan. Cucilah mukamu sebelum kamu tahu giliran untuk wawancaramu dimulai. Ini juga membantu kamu untuk tampil lebih fresh.

  1. Panggilan telepon di hp-mu

Terlihat sepele namun sangat penting untuk mengubah mode getar pada hpmu sebelum kamu berangkat wawancara interview.

Share Link

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.