Tutorial Cara Melamar Kerja Secara Online

cara melamar kerja online

Melamat kerja secara online memang gampang gampang susah. Ada beberapa trik yang harus kamu ketahui untuk bisa lolos dan dipanggil oleh pihak HRD. Apa saja sih cara melamar kerja online yang baik dan benar ? Berikut tips dan triknya :

  1. Perbaiki CV Kamu

Sebelum melamar online ada baiknya untuk meng-update kembali CV terbarumu beserta dengan foto profil yang profesional.

Pastikan seluruh data diri pribadi seperti alamat email, nomer hp, alamat tempat tinggal dan informasi penting lainnya sudah kamu sertakan kedalam CV tersebut.

Buatlah CV dengan 1 halaman penuh saja. HRD lebih menyukai CV yang maksimal dan hanya 1 lembar saja namun isinya sudah lengkap disana. Karena nantinya tugas HRD adalah menyortir CV dari berbagai peserta jobseeker dan itu banyak sekali.

Buatlah CV yang terlihat menarik dan berbeda dari kebanyakan orang. Gunakan referensi orang lain jika diperlukan. Pergunakan warna yang kalem dan tidak terlalu mencolok.

Kenapa harus mempersiapkan CV terupdate ? karena beberapa situs lowongan kerja online biasanya mengharuskan kamu untuk upload CV terbaru kamu.

  1. Daftar Situs Pencari Lowongan Kerja Online

Cara melamar kerja online tentunya memanfaatkan situs pencarian online yang ada di internet. Ada banyak macam situs online lowongan kerja saat ini. Kamu bisa mendaftarkan diri keberbagai situs lowongan kerja online tersebut.

Setelah mendaftarkan diri secara online biasanya kamu diharuskan untuk mengisi biodata lengkap, upload CV terbaru, dan upload berkas pelengkap tambahan lainnya seperti ijazah, transkip nilai, toefl dan sertifikat skill lainnya.

  1. Apply Sesuai Dengan Jurusan

Untuk pertama apply-lah sesuai dengan jurusan yang ingin kamu lamar. Seperti jika kamu lulusan Teknik Informatika, maka posisi yang kamu lamar adalah bisa IT Staff, Programmer, atau Manajemen IT.

Kamu bisa mensortir langsung kategori posisi yang ingin dilamar atau bisa langsung mencari perusahaan yang kamu incar sebelumnya.

  1. Daftar Ke Website Resmi Perusahaan

Setelah kamu melamar via situs pencari lowongan kerja online, kamu bisa langsung mencari situs website resmi dari perusahaan yang kamu lamar tersebut.

Coba cari dengan kata kunci : “Nama Perusahaan (spasi) Karir” jika perusahaan tersebut memiliki website resmi maka biasanya ada kategori sendiri untuk bagian karirnya. Disitu kamu juga harus mendaftar akunnya dan melamar sesuai dengan posisi yang kamu harapkan.

Dengan melamar ke website resmi perusahaan maka kamu sudah memiliki 2 peluang untuk dipanggil ketahapan tes rekrutment.

  1. Cara Melamar Kerja Lewat Email

Perlu diketahui ada beberapa perusahaan yang hanya menyertakan alamat email dan kamu diharuskan untuk mengirim lamaran kerjamu dan berkas lainnya melalui email.

Sebelum mengirim email ada baiknya untuk memperhatikan subject email yang direkomendasikan oleh perusahaannya. Perhatikan juga apa saja berkas yang perlu dikirim dan diikutsertakan.

Jika tidak ada penjelasan maka syaratnya maka kamu bisa memberikan subject email seperti : “Lamaran Kerja – Posisi IT Staff” dan untuk berkas yang dikirim kamu bisa mengirimkan CV terbaru, ijazah dan transkip nilai saja sudah cukup untuk dikirimkan melalui email.

Baca Juga >>> CARA MELAMAR KERJA VIA EMAIL <<<

  1. Cari Tahu Gaji Untuk Posisi Tersebut

Biasanya ada situs lowongan kerja online yang memberitahukan jumlah gaji yang diterima. Namun jika tidak dijelaskan maka kamu bisa mencari tahu sendiri gaji untuk posisi di perusahaan tersebut.

Kamu bisa mencari di google dengan kata kunci : “Gaji (spasi) Posisi (spasi) Nama Perusahaan” dengan begitu kamu sudah mengira ngira mengenai gaji dari posisi tersebut dan bisa kamu gunakan untuk referensi pada saat negosiasi gaji jika ada panggilan kerja nanti.

Baca Juga >>> Cara Negosiasi Gaji Saat Interview Yang Benar <<<

Berikut tadi tips dan cara melamar kerja online yang bisa kamu terapkan disitus pencari kerja online. Semoga bisa membantu dan perbanyak mencoba lamar pekerjaan kesana kemari sesuai dengan yang kamu harapkan dan impikan. Terima kasih.

Baca Juga >>> Contoh Kalimat Promosi Diri Lamaran Kerja <<<

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.