7 Jawaban Tujuan Bekerja Saat Interview

Tipskerja.com – Pada saat interview akan ada pertanyaan mengenai tujuan bekerja saat interview kerja dilaksanakan. Biasanya pertanyaan ini akan muncul ketika wawancara hrd yang berkaitan erat dengan mengetahui motivasi kerja kamu seperti apa.

tujuan bekerja saat interview

Tidak hanya muncul dalam wawancara kerja, namun juga sering sekali muncul pada saat pengisian form data pribadi dan pertanyaan esay mengenai motivasi serta kepribadian kamu lainnya. Banyak jawaban yang bisa kamu gunakan, namun ketika kamu bingung bagaimana cara menjawabnya mungkin kamu bisa menggunakan cara dibawah ini.

Pertanyaan tujuan bekerja di perusahaan ini sangatlah penting bagi perusahaan agar mereka bisa mengetahui apa sih yang sebenarnya kamu cari dalam bekerja khususnya bekerja diperusahaan mereka. Apakah karena faktor skill, faktor ingin coba coba, atau karena faktor perusahaan ini memiliki nama yang besar saja.

Maka dari itu kita akan mencoba mengulas bagaimana cara menjawab tujuan bekerja saat wawancara kerja berlangsung yang mana bisa kamu jadikan contoh atau patokan dalam tahapan wawancara kerja.

Berikut contoh jawaban tujuan bekerja saat interview :

  1. Sesuai Dengan Skill Atau Keahlian

“Tujuan saya ingin bekerja diposisi tersebut adalah karena sesuai dengan keahlian saya yaitu dibidang Marketing”

Hal ini bisa kamu yakinkan kembali jika kamu memiliki pengalaman kerja yang sama dan sesuai dengan posisi yang kamu lamar saat ini. Jika kamu memiliki pengalaman kerja maka akan mudah menjawab pertanyaan tujuan bekerja dengan jawaban ini.

Jika kamu tidak memiliki pengalaman bekerja sebelumnya, kamu bisa bercerita mengenai keahlian kamu yang bisa kamu terapkan untuk posisi ini. Misal jika kamu melamar di posisi desain grafis, maka kamu bisa mengungkapkan kalau kamu ahli dalam menggunakan software desain seperti …. dan …. serta sering bekerja secara freelance sesuai dengan bidang tersebut.

  1. Ingin Memiliki Karir Yang Baik

“Tujuan saya bekerja disini adalah saya ingin mendapatkan karir yang terbaik. Dan saya rasa perusahaan ini memberikan banyak peluang karir kedepannya bagi karyawannya”

Jika kamu bekerja diperusahaan besar kamu bisa menggunakan contoh jawaban ini untuk menarik minat dari pewawancara. Karena tidak dipungkiri lagi jika karir yang baik adalah medan magnet tersendiri bagi para jobseeker.

  1. Ingin Menjadi Bagian Perusahaan

“Saya rasa perusahaan ini memiliki bidang yang unik dan saya yakin perusahaan start up ini bisa berkembang kedepannya. Jadi tujuan saya ingin membantu menjadi salah satu bagian dari perkembangan perusahaan ini”

Jika perusahaan yang kamu lamar adalah perusahaan yang sedang berkembang seperti start up maka kamu bisa menggunakan jawaban ini untuk memberikan rasa hormat kepada perusahaan.  Jika perlu kamu bisa ungkapkan apa rencana kamu kedepannya dalam membangun perusahaan ini jika kamu diterima kerja nantinya.

  1. Menyalurkan Hasil Studi

“Saya ingin bekerja sesuai dengan apa yang telah saya pelajari sewaktu masa kuliah dahulu”

Menyalurkan hasil studi kamu bukanlah sesuatu yang aneh. Karena tujuan seseorang dalam melanjutkan pendidikan khususnya didunia perkuliahan adalah nantinya bisa bekerja sesuai dengan bidang yang ditekuninya. Maka jawaban ini bisa kamu gunakan jika kamu benar benar blank dengan pertanyaan tujuan bekerja saat interview ini.

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

  1. Ingin Mendapatkan Karir Yang Begengsi

“Saya ingin mendapatkan karir yang bergengsi, siapa sih yang tidak ingin bekerja diperusahaan ini. Perusahaan terbesar dibidangnya. Oleh sebab itu saya berusaha semaksimal mungkin untuk bisa berkarir di perusahaan ini dengan skill yang saya miliki”

Jika kamu melamar di perusahaan yang besar dengan skala nasional atau lebih, maka kamu bisa menjawab pertanyaan dengan contoh jawaban diatas ini. Karena memang impian semua pelamar kerja adalah bisa bekerja di perusahaan besar yang diinginkannya. Maka tidak heran jika kamu mengutarakan pendapatmu mengenai tujuan kamu bekerja.

  1. Bidang Yang Menantang

“Saya rasa bidang ini adalah bidang yang sangat menantang bagi saya. Dimana sebelumnya saya bekerja di bidang yang berbeda sebelumnya. Tapi saya cukup yakin bisa mengikuti dan bisa membantu banyak bagi perusahaan dengan keahlian yang saya miliki”

Jika kamu bekerja tidak sesuai dengan pengalaman kerja yang kamu miliki sebelumnya, maka contoh jawaban ini bisa kamu pakai dalam menjawab pertanyaan tersebut.

  1. Mendapatkan Pekerjaan Yang Layak

“Saya ingin mendapatkan pekerjaan yang layak dengan gaji yang sesuai untuk pekerjaan dan posisi yang saya lamar. Menurut saya perusahaan dan posisi ini adalah pilihan yang tepat untuk saya berkarir khususnya bagi saya yang seorang fresh graduate”

Jika kamu tidak pernah memiliki pengalaman kerja sama sekali atau biasa yang disebut fresh graduate dan baru saja lulus kuliah. Maka kamu bisa menggunakan jawaban ini untuk menyakinkan pewawancara mengapa kamu ingin bekerja di perusahaan ini. Namun menurut kami jawaban ini adalah opsi terkahir jika kamu bingung mau menjawab apa.

Mengapa menjadi opsi terkahir? karena jawaban ini masih banyak celahnya dan tidak menunjukkan bahwa kamu memiliki skill yang mumpuni untuk bekerja diposisi tersebut. Kamu bisa menggunakan jawaban ini dengan tambahan kamu ungkapkan apa saja keahlian yang kamu miliki agar lebih menyakinkan.

Penutup

Untuk bisa menjawab tujuan bekerja saat interview ini kamu juga harus benar benar paham mengenai beberapa hal seperti :

  • Posisi yang kamu lamar
  • Tujuan yang sebenarnya kamu melamar kerja
  • Pahami diri kamu sendiri, baik kelemahan dan kelebihan kamu
  • Pahami job deskripsi yang diberikan dari posisi yang kamu lamar
  • Cari tahu mengenai perkembangan perusahaan ini

Baca Juga >>> Cara Menjawab Interview Belum Punya Pengalaman Kerja Fresh Graduate <<<

Jika kamu sudah melakukan riset seperti diatas maka untuk bisa menjawab pertanyaan ini akan lebih mudah apalagi untuk pertanyaan selanjutnya pasti kamu akan lebih siap. Terima kasih sudah membaca artikel kami, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *