Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Telemarketing Yang Perlu Kamu Ketahui

Telemarketing adalah

Telemarketing adalah aktivitas pekerjaan dalam memasarkan produk dan jasa kepada konsumen atau vendor melalui telepon jarak jauh. Marketing jaman sekarang ini lebih banyak mengandalkan telepon ataupun surat elektronik sebagai media pemasaran. Berbeda dengan jaman dulu dimana seorang marketing diharuskan bertatap muka untuk menjelaskan produk yang di jualnya. Dengan adanya telemarketing, jangkauan pemasaran akan lebih besar dan lebih cepat tersampai serta lebih efisien.

Produk yang menjadi pasar telemarketing berupa asuransi perbankan, penawaran kartu kredit, perjalanan paket wisata, voucher penginapan hotel, jasa teknik sipil, jasa vendor, maupun jasa training provider dan sebagainya.

Kali ini kita akan membahas mengenai tugas dan tanggung jawab seorang telemarketing.

  1. Fungsi Utama Telemarketing

Sesuai dengan tugasnya yaitu melakukan penjualan melalui telepon dan pengenalan produk dan jasanya. Sama halnya dengan marketing, untuk posisi ini kamu harus siap bekerja dengan target dan siap bekerja dibawah tekanan. Penolakan adalah hal yang wajar bagi tiap marketing.

  1. Follow Up Ke Konsumen

Tugas Telemarketing selain berjualan yaitu melakukan follow up kepada calon konsumen atau ke pelanggan yang sudah pernah membeli atau memakai jasa kita. Tanyakan kembali ke konsumen apakah jadi membeli produk kita atau jadi memakai jasa kita. Hal ini diperlukan untuk mencapai sales.

  1. Penjelasan Produk Yang di Jual

Sebelum kamu menawarkan produk ada baiknya kamu menjelaskan produk yang akan akan kamu jual terlebih dahulu agar konsumen semakin yakin untuk membeli produk atau memakai jasa kamu.

  1. Menerina Order Dari Konsumen

Tidak sedikit juga konsumenlah yang membutuhkan produk atau jasa kamu dan ingin mencapai kesepakatan melalui telepon. Usahakan untuk menawarkan produk lainnya sehingga penjualanmu bisa bertambah banyak.

  1. Mengumpulkan Informasi Dari Konsumen

Selain berjualan melalui telepon kamu juga bisa mendapatkan informasi penting lainnya melalui konsumen. Seperti bagaimana proses dan sistem kerja di perusahaan mereka, atau informasi mengenai pesain produk dan jasamu dalam menawarkan produknya ke konsumen agar kamu bisa mengantisipasi kedepannya.

  1. Menerima Komplain Dari Konsumen

Disaat konsumen merasa kecewa dengan produk dan jasa kamu, maka orang pertama yang menghadapi komplain tersebut adalah seorang telemarketing. Usahakan untuk menuntaskan masalah ini mulai dari permohonan maaf, ganti rugi atau solusi yang lainnya agar masalah tidak berlarut larut sampai ke atasanmu.

  1. Memberikan Feed Back Saran

Terkadang ada juga konsumen yang memberikan saran bagaimana seharusnya kerjasama antara telemarketing dan konsumen bisa berjalan lebih baik. Usulan ini yang nantinya harus kamu sampaikan kepada atasan.

  1. Memberikan Knowledge dan Awareness ke Konsumen

Telemarketing tidak harus selalu closing di setiap telepon nya. Jika konsumen merasa sedang tidak membutuhkan produk atau jasa kamu, maka kamu bisa memberikan informasi dan pengetahuan tentang keunggulan produk dan jasa yang kamu tawarkan. Sehingga ketika konsumen sedang butuh untuk produk dan jasamu mereka akan datang dengan sendirinya karena sudah tau manfaat yang didapatkan. Jadi memberikan Knowledge dan awareness mengenai produk dan jasa mu juga bisa menjadi teknik dalam bernegosiasi saat melalui telepon.

Baca Juga >>> Apa Perbedaan Sales dan Marketing? <<<

Berikut diatas merupakan pengertian, tugas dan tanggung jawab seorang telemarketing diposisi perusahaan. Bagi kamu yang senang berkomunikasi dengan orang lain mungkin ini bisa menjadi salah satu alternatif dalam memilih lowongan kerja. Kebutuhan posisi telemarketing saat ini juga semakin meningkat pesat seiring dengan perkembangan jaman.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat buat kamu dan sukses untuk kita semua.

Share Link

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.