Tugas Dan Pengertian Helper Gudang Dalam Bekerja

pengertian helper dalam bekerja

Pengertian helper dalam bekerja sering kali menjadi pertanyaan mengenai apa sih pengertian, tugas dan tanggung jawabnya seorang helper gudang. Karena posisi ini menjadi salah satu bagian yang vital dalam rantai produksi dari sebuah perusahaan.

Jika ada marketing yang bertugas sebagai ujung tombak, maka tugas helper adalah tugas dibalik layar yang mana membantu dan support sistem didalam rantai industri di perusahaan.

Untuk perusahaan retail, industri, pabrik dan perusahaan penjualan lainnya, posisi helper memanglah salah satu posisi yang banyak dibutuhkan selain posisi marketing. Karena merekalah yang memiliki andil besar dalam hal mengontrol segala aktivitas supplay produk didalam gudang.

Tidak sampai disitu saja, seorang helper juga bertugas untuk menjaga dan memanajemen segala aktivitas keluar masukknya barang sampai dalam hal penataannya sesuai dengan kode kode yang sudah ditetapkan.

Apa kerja bagian helper itu susah ? tentu saja kamu akan kesusahan diawal awal dikarenakan banyaknya produk, jenis, kode dan hal hal lain yang harus cepat kamu kuasai dan kamu hafalkan. Namun jika sudah terbiasa maka pekerjaan ini akan lebih menarik karena menata barang menjadi lebih rapi adalah tugas yang melegakan, ini bagai saya ya. hehe.

Sebelum kita jauh membahas mengenai tugas, fungsi dan tanggung jawabnya. Mari kita ketahui dahulu pengertian helper itu apa agar kamu lebih tertarik lagi meniti karir di dunia warehouse atau pergudangan.

Pengertian Helper Dalam Bekerja

Arti helper dalam pekerjaan, Helper berasal dari kata bahasa inggris yang merupakan kada dasar dari help yaitu membantu. Jadi ada yang mengatakan pekerjaan helper ini merupakan pekerjaan yang sifatnya membantu dalam segala hal periapan untuk kebutuhan perusahaan.

Pengertian helper gudang adalah posisi pekerjaan yang bertugas untuk membantu keperluan didalam gudang sebuah perusahaan, memastikan kondisi produk di gudang, memanajemen segala hal yang ada di dalam gudang sampai dengan administrasinya.

Seorang tenaga helper adalah orang yang teliti, detail dan rapi. Karena yang diurus adalah barang barang dari aset perusahaan dan juga barang barang penjualan yang akan disalurkan dan didistribusikan ke konsumen.

Setiap perusahaan memiliki standar tugas karyawan helper sendiri sendiri. Seperti ada yang hanya bertugas untuk mencatat stok yang ada, meletakkan barang sesuai dengan tempatnya, atau hanya mensortir barang yang masuk dan yang keluar. Itu semua tergantung dari besar kecilnya perusahaan tersebut.

Namun dari itu semua tipskerja sudah merangkum 13 tugas utama dari seorang helper gudang yang harus kamu ketahui sebagai berikut ini.

Tugas Helper Gudang Beserta Tanggung Jawabnya

Berikut ini tugas helper gudang secara umum yang biasanya menjadi job desk dari helper di perusahaan perusahaan besar seperti alfamart, indomaret, unilever, wings dan lain lainnya. Berikut ulasannya :

  1. Bongkar Muat Barang Ke Dalam Gudang Untuk Penerimaan Barang Masuk

Jika di perusahaan besar bongkar muat barang kedalam gudang menjadi hal yang wajar dilakukan oleh seorang helper gudang. Memasukkan barang ke gudang menjadi tugas yang paling pokok yang wajib dikerjakan oleh seorang helper wearhouse. Pengertian helper dalam bekerja dan merupakan tugas utama dari helper gudang.

Tidak sekedar memasukkan barang ke gudang. Namun juga cek stok apakah sudah sesuai dengan invoice yang dikirimkan. Jangan sampai salah data atau jumlah barang yang kurang didalam gudang.

  1. Catat Barang Masuk dan Keluar Di Gudang

Setiap hari pastinya ada saja barang yang masuk dan barang yang keluar. Ini menjadi hal yang harus dikerjakan oleh seorang helper yaitu mencatat apa saja barang yang masuk dan keluar dari gudang.

Itu sebabnya seorang helper harus bisa teliti dan detail untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Karena memang arus barang yang keluar masuk perusahaan memang bermacam macam. Jadi jika ada bongkar muat helper harus bertugas 2 kali kerja, yaitu membatu penerimaan barang dan juga mencatatnya. Begitu pula sebaliknya.

  1. Persiapan, Packing dan Cek Stok Barang

Orang di gudang bertugas untuk membantu orang orang dari divisi lain yang memerlukan barang barang dari gudang. Hal ini juga merupakan tugas seorang helper untuk melakukan packing barang, persiapan pengiriman barang sampai dengan cek stok barang.

Baca Juga >>> Cara Melamar Kerja Di Indomaret Kasir / MDP Atau Online <<<

  1. Administrasi Barang Gudang Dengan Sistem

Perusahaan besar biasanya memiliki sistem perhitungan barang yang keluar dan masuk. Pencatatannya biasanya dimasukkan kedalam sistem komputer dan jumlah stok barang haruslah sama dengan sistem yang ada di administrasi komputer perusahaan.

Sistem administrasi inilah yang menjadi patokan kapan perusahaan membeli atau memproduksi barang lagi dan kapan harus menahan laju produksi ketika barang keluar lebih sedikit dibanding barang masuk. Jadi helper ini merupakan posisi penentu dalam pergerakan ekonomi perusahaan selain bidang lain.

  1. Membuat Laporan Bulanan

Laporan ini biasanya juga tergantung dari perusahaan. Ada yang laporannya secara harian, mingguan atau bulanan. Jadi ini bentuk tanggung jawab dari pekerjaan helper gudang yaitu membuat rekap laporan stok barang.

  1. Melakukan Stock Opname

Stok opname juga menjadi hal yang sangat menjengkelkan bagi orang gudang. Pasalnya seluruh barang akan dilakukan perhitungan ulang secara berkala untuk menyesuaikan apakah barang yang ada di gudang, toko sama atau sesuai tidak dengan pembukuan administrasi yang dilaporkan oleh helper atau administrasi gudang.

tugas dan tanggung jawab helper gudang

  1. Pimisahan Barang Rusak atau Reject

Tidak cuma menerima barang masuk dan keluar saja. Tugas helper juga harus bisa memastikan mana barang yang rusak atau barang yang reject yang nantinya dikembalikan lagi ke pabrik sebelum masuk ke toko atau outlet penjualan.

Jadi mereka juga memiliki tugas untuk cek kondisi barang atau quality control terhadap setiap barang yang masuk dan keluar. Ini  juga masuk ke dalam laporan atau administrasi sistem gudang.

  1. Mengembalikan Barang Atau Peralatan Yang Digunakan

Setiap barang atau alat yang digunakan di divisi lain haruslah dicatat dan harus tahu kapan barang dan alat tersebut dikembalikan lagi. Tentu saja dengan kondisi yang masih bagus seperti semula.

  1. Menjaga Kebersihan Gudang

Selain kerapian, menjaga kebersihan gudang menjadi hal yang wajib dilakukan oleh helper. Jangan sampai gudang menjadi menumpuk sampah yang tidak terpakai yang nantinya bisa menyebabkan kecelakaan kerja jika tidak hati hati. Jika barang rapi dan bersih maka kecelakaan kerja di gudang bisa diminimalisir.

Baca Juga >>> Berapa Lama Menunggu Panggilan Kerja Setelah Tes Berlangsung? <<<

  1. Sortir dan Penataan Barang Secara Berkala

Digudang tentunya banyak sekali jenis barang barang. Dan ini juga menjadi tugas helper untuk mensortir barang sesuai dengan kategori jenisnya. Jika sudah penataan yang rapi juga harus dilakukan. Penataan bisa menyesuaikan abjad nama barang atau berdasarkan kode barangnya.

  1. Ikut Mengantarkan Barang

Diperusahaan yang lebih kecil dengan sedikit tenaga karyawannya, biasanya helper juga membantu dalam mengantarkan barang ke area penjualan. Ini tentunya juga ikut menaikan barang ke mobil barang serta menurunkannya menuju ke area penjualan.

Namun untuk perusahaan yang lebih besar biasanya sudah ada tim tersendiri untuk melakukan tugas ini.

  1. Menyiapkan Kebutuhan Tim Lain

Biasanya helper juga membatu kebutuhan tim lain. Yang paling sering adalah membantu dalam persiapan tim marketing sebelum terjum kelapangan penjualan. Jadi helper mempersiapkan apa saja pesanan dari marketing yang akan dibawa sebelum melakukan aktivitas marketing. Pengertian helper dalam bekerja adalah membantu tim lain untuk memenuhi kebutuhan bekerjanya.

  1. Membantu Faktur Barang Produksi

Faktur ini adalah nota transaksi yang biasanya berisi daftar barang sampai dengan jumlah biaya untuk pengirimannya. Jadi helper atau staf gudang juga bertugas untuk perantara antara struk dari pihak luar dengan keuangan perusahaan yang nantinya digunakan untuk laporan finance.

Persyaratan Menjadi Helper Gudang di Perusahaan

Diberbagai perusahaan besar seperti indomaret, indomarco prismatama, alfamart, wings, unilever atau lainnya biasanya untuk lowongan kerjanya memiliki kualifikasi berikut ini :

  • Pendidikan minimal SMA / SMK atau D3, S1 dengan segala jurusan
  • Laki laki dengan Usia maksimal 28 tahun
  • Memiliki kendaraan pribadi
  • Bersedia lembur jika dibutuhkan perusahaan
  • Siap bekerja kontrak terlebih dahulu selama 1 tahun kerja sebelum menjadi karyawan tetap
  • Tidak butawarna
  • Bersedia untuk bekerja shifting (*menyesuaikan dengan jadwal perusahaan)
  • Sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki riwayat penyakit yang parah

Gaji Yang Ditawarkan Untuk Posisi Helper Gudang

Ini berbeda beda tergantung dengan perusahaan yang ingin kamu lamar dan juga tergantung susuai dengan penempatan didaerah mana. Range harga bervariasi menyesuaikan dengan kondisi namun untuk rata ratanya seperti ini :

  • Daerah Jawa Barat dan DKI : Rp 3.000.000 – Rp 4.500.000
  • Wilayah Jawa Timur : Rp 2.500.000 – Rp 3.000.00
  • Jawa Tengah : Rp 1.500.000 – Rp 2.500.000

Perhitungan diatas adalah perhitungan rata rata dari posisi helper yang ada di seluruh indonesia. Namun yang pasti adalah untuk posisi ini sudah bergaji minimun UMR dan UMK. Jadi jika kamu berada di daerah lain coba cek saja berapa UMR di daerah kamu.

Jam Kerja Helper Indomaret atau Alfamart

Untuk jam kerja posisi helper di perusahaan retail seperti indomaret atau alfamart biasanya masuk 6 jam dalam sehari dan masuk 6 hari dalam seminggu. Jadi biasanya untuk dihari ke 6 setengah hari atau juga tergantung kebutuhannya. Tidak menutup kemungkinan untuk kerja lembur dan shifting kerja.

Baca Juga >>> Tugas Administrasi Gudang Yang Perlu Kamu Ketahui <<<

Penutup

Itu tadi pengertian helper dalam bekerja beserta dengan tugas dan tanggung jawabnya. Bagaimana apakah kamu lebih tertarik dengan pekerjaan ini? Karena memang posisi ini yang pasti ada dalam setiap perusahaan. Baik perusahaan baru, kecil maupun perusahaan besar sangat membutuhkan posisi ini.

Jika kamu sedang melamar pekerjaan sebagai staf helper gudang atau staf gudang, maka tidak ada salahnya untuk mencobanya terlebih dahulu. Jangan takut terlebih dahulu dengan tugas tugas diatas. Karena nantinya jika sudah terbiasa maka tugas diatas bisa menjadi lebih ringan.

Terima kasih sudah membaca artikel kami mengenai apa itu helper dalam perusahaan dan tugas helper di PT perusahaan besar. Semoga artikel ini membantu kamu dan semoga berhasil ya untuk mendaftar lowongan kerja sebagai helper. Sukses terus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *