7 Persiapan Trik Dan Tips Lolos CPNS Berdasarkan Pengalaman

tips lolos cpns

Pendaftaran CPNS sudah semakin dekat. Perlu adanya persiapan untuk lolos CPNS. Adapun cara lolos CPNS pastinya banyak sekali tips lolos CPNS di website dan internet. Bahkan saat ini untuk buku cara dan strategi lolos cpns 2019 juga banyak dijual di toko buku.

Lalu bagaimana sih persiapan yang benar agar kamu bisa bersaing dan lolos cpns ? Berikut tips dan trik lolos CPNS dari kami Tipskerja.com :

  1. Perhatikan Jadwal Pendaftaran

Menurut pengalaman dari berbagai forum dan pribadi, untuk jadwal pendaftaran selalu dan pasti molor atau berubah ubah dikarenakan website dan situs resmi pendaftaran CPNS selalu down servernya, sehingga membutuhkan tambahan waktu untuk bisa menampung seluruh calon peserta.

Ada baiknya kamu ikut perkembangan jadwal pendaftaran di berbagai forum dan grup chatting untuk memantau jadwal terbaru yang diterapkan.

Menurut pengalaman, waktu yang tepat untuk mendaftar adalah pada saat jam malam yaitu 12 malam sampai dengan 3 pagi dimana jumlah visitor website telah berkurang. Hindari pendaftaran diwaktu sibuk dan jam kerja.

  1. Persiapan Berkas yang diminta

Pesiapan berkas menjadi salah satu syarat lolos cpns. Ada baiknya kamu mempersiapkan berbagai berkas yang diminta sejak saat ini. Menurut pengalaman cpns 2018 berkas yang harus dipersiapkan adalah :

  • Ijazah terakhir
  • Transkip nilai dari pendidikan terakhir
  • Pas photo 3×4 (5 lembar) – Persiapkan untuk background berwarna merah dan biru
  • KTP (Kartu tanda penduduk)
  • KK (Kartu Keluarga)
  • Surat keterangan sehat
  • SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang berlaku
  • Kartu pendaftaran (Didapat pada saat mendaftar)
  • Kartu peserta (Didapat pada saat setelah mendaftar)
  • Surat pernyataan bermaterai (Form di download melalui website yang kemudia diisi sendiri dan tanda tangan bermaterai kemudia diupload kembali ke website pendaftaran)
  • Surat lamaran (format nanti ada sendiri sesuai dengan website)

Seperti keterangan diatas ada beberapa berkas yang berasal dari website pendaftarannya dan sudah ada formatnya, sehingga kamu tinggal mengisi kemudia scan dan upload ulang ke website beserta dengan berkas pendukung.

Jangan lupa file asli atau hardcopy jangan sampai hilang, karena pada saat validasi berkas akan dicek kembali untuk file keasliannya.

Pada saat scan berkas jangan lupa untuk memperhatikan hasil scan, karena untuk hasil scan yang kurang jelas otomatis sistem tidak bisa membaca dan akan mengurangi syarat lolos cpns selanjutnya.

  1. Belajar Panduan dan Trik Lolos CPNS 2019

Sudah banyak beredar berbagai tips lolos cpns mulai dari 2018 sampai yang terbaru 2019 ini. Pelajari juga melalui website dan internet. Bahkan saat ini ada berbagai macam kursus yang membuka pelajaran bagaimana strategi belajar CPNS.

Namun dari pengalaman, kamu harus belajar lebih untuk soal soal pengetahuan wawasan kebangsaan negara indonesia.

Banyak sekali peserta yang merasa gagal pada tahapan tes ini. Ada yang rata rata nilai sudah mencukupi, namun untuk poin pengetahuan wawasan kebangsaan mendapatkan nilai kurang dari standar.

  1. Pantau Jadwal Tes Seleksi

Jika kamu sudah mendaftar, akan ada jadwal kembali dimana kamu akan mengetahui kapan jadwal kamu tes akan keluar.

Pantau dengan berkala jika sudah ada jadwal tes yang keluar. Kamu juga harus memperhatikan dimana tes tersebut akan berlangsung.

Masukkan berkas berkas asli yang penting seperti poin nomor 2 dalam 1 amplop khusus agar tidak bercampur dengan berkas yang lainnya.

  1. Persiapan Kondisi

Tentu saja pada saat tes berlangsung kamu akan menunggu antrian yang sangat panjang dan akan mempengaruhi stamina tubuh.

Nantinya akan ada tahapan validasi berkas dimana kamu akan datang dan dicek satu persatu keaslian berkas. Ditahap ini saja sudah memerlukan waktu dan tenaga yang banyak, dikarenakan banyaknya jumlah antrian.

Belum lagi pada saat tes berlangsung, kamu akan sangat memerlukan kondisi fisik dan mental yang baik untuk menghadapinya sehingga pada saat mengerjakan akan lebih fokus.

  1. Persiapan Pakaian

Adapula pakaian khusus yang harus dikenakan pada saat validasi berkas dan tes berlangsung. Menurut pengalaman pakaian yang harus dipergunakan adalah kemeja atas putih lengan panjang polos dan celana bahan kain warna hitam dengan sepatu pantofel.

Jika kamu tidak memilikinya maka ada baiknya kamu mempersiapkan sedini mungkin atau kamu juga bisa meminjam teman atau saudara yang memiliki pakaian tersebut.

  1. Berdoa dan Berusaha

Jika kamu sudah berusaha dengan belajar dan mempersiapkan kondisi fisik dan mental, selanjutnya adalah berdoa kepada tuhan untuk memperlancar urusan kamu tes dan lolos cpns.

Berikan yang terbaik dan ikhlas dengan apa yang akan diterima nantinya. Ingat, proses tidak mengkhianati hasil.

Baca Juga >>> Tips Mengikuti Job Fair Agar Efektif dan Efisien <<<

 

Itu tadi tips dan trik lolos cpns yang mungkin bisa menjadi gambaran kamu bagaimana persiapan yang baik dan benar agar hasil yang akan kamu peroleh lebih maksimal. Usahakan yang terbaik dan jangan mudah menyerah. Semoga lancar dan sukses untuk kita semua bisa diberikan pekerjaan yang layak dan barokah… amin….

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *