10 Tips Work From Home (WFH) Untuk Cegah Virus Corona COVID-19

Tipskerja.com – Maraknya virus berbahaya yang menjangkit diseluruh dunia saat ini yaitu virus corona atau Covid-19 membuat negara indonesia-pun menerapkan social distancing atau kata lain dari menjaga jarak dengan orang lain. Ini dimaksudkan untuk memutus rantai penyebaran covid19 dengan cara beraktivitas di rumah dan menghindari aktivitas diluar tanpa kepentingan yang mendesak.

Tips work from home

Presiden Joko widodo juga menyarankan untuk perusahaan menerapkan Work From Home atau WFH. Work from home adalah himbauan kepada pelaku bisnis agar bisa memperkerjakan karyawannya tanpa harus datang kekantor dan menggantinya bekerja dari rumah saja.

Hal ini juga diterapkan kepada sekolah dan kampus kampus diseluruh indonesia dengan meliburkan selama kasus Covid19 ini merajarela. Beberapa perusahaan sudah banyak yang menerapkan WFH dengan sistem bergantian shifting bergantian untuk bekerja dari rumah atau WFH.

Banyak kendala yang akan terjadi bagi karyawan yang bekerja dari rumah dikarenakan kondisi lingkungan yang sangat berbeda dan fasilitas dirumahpun juga berbeda. Dan ini menjadi kendala dimulai dari suasana yang lebih santai sampai dengan manajemen waktu yang sulit diatur.

Bagi karyawan yang diperuntukkan bekerja dari rumah maka ada beberapa tips work from home agar lebih produktif dan tidak membuang buang waktu.

Berikut tips yang bisa kami berikan agar WFH kamu lebih produktif :

  1. Persiapkan Fasilitas Yang Dibutuhkan

Tips yang pertama adalah persiapan fasilitas apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang work from home kamu. Fasilitas disini adalah meja (meja tinggi sangat disarankan), kursi kantor, laptop, printer (jika dibutuhkan) dan alat alat kantor lainnya.

Sebelum kamu melakukan WFH diesok harinya, usahakan untuk mempersiapkan beberapa fasilitas yang bisa membuat WFH kamu menjadi lebih produktif. Usahakan untuk menyiapkan juga meja kerja yang tinggi dan jangan menggunakan meja lesehan sebagai penggantinya. Karena meja lesehan akan membuat kamu lebih cepat capet dan menjadi malas malasan.

  1. Komunikasi Tim Tetap Terhubung

Meskipun bekerja dari rumah, namun komunikasi harus tetap saling terjaga antara tim, atasan maupun dengan klien atau kolega. Komunikasi adalah faktor penting yang akan membuat kamu bisa mencapai target meskipun bekerja dari rumah.

Siapkan paket internet agar kamu bisa lancar berkomunikasi. Kamu bisa install aplikasi whatsapp for web, skype atau aplikasi pesan lainnya agar tetap bisa berhubungan dengan tim.

Jika kamu seorang atasan, maka tetapkanlah target atau tugas apa yang harus dikerjakan oleh tim kamu sebelum WFH berlangsung. Buat grup dan atur briefing melalui grup tersebut tentang apa yang harus dikerjakan hari ini.

  1. Manajemen Waktu Bekerja

Suasana santai dirumah akan membuat konsentrasi untuk bekerja menjadi hilang. Apalagi jika kamu sudah berkeluarga maka pasti akan ada gangguan dari istri dan anak yang akan menghilangkan fokus bekerja.

Buatlah jadwal yang tetap seperti kamu didalam kantor dengan tambahan istirahat yang lebih fleksibel. Buat waktu waktu yang pas untuk mengatur kapan kamu harus fokus bekerja dan kapan harus kamu istirahat dan membagi waktu dengan keluarga meskipun hanya sebentar saja.

  1. Tetap Menjaga Kebersihan dan Penampilan Diri

Meskipun kamu bekerja dari rumah, maka tidak ada alasan untuk kamu mengabaikan kebersiah dan penampilan diri. Jadi tetap usahakan seperti pada saat kamu berangkat kekantor dengan mandi terlebih dahulu sesuai dengan jam rutinitas kamu dan berpenampilanlah dengan rapi namun tetap santai.

Menjaga penampilan akan membawa pengaruh mental anda untuk lebih siap dalam menghadapi tugas kerjaan yang menumpuk. Dan lagi membuat jadwal yang disiplin akan membantu kamu lebih siap ketika harus bertatap muka melalui media video call.

  1. Membersihkan Meja Kerja Dirumah dan Lingkungannya

Agar dapat menciptakan suasana yang profesional, maka diperlukan juga menciptakan suasana yang bersih dan nyaman. Kamu bisa mengatur kembali posisi meja kerja kamu dirumah sehingga suasana kerjamu dirumah bisa dibuat menjadi lebih profesional tanpa meninggalkan kenyamanannya.

Bersihkan area yang bisa menyebabkan rasa malas datang tiba tiba akibat banyaknya menumpuk barang barang yang tidak diperlukan dan akan membuat mata dan pikiran menjadi cepat lelah.

Baca Juga >>> 7 Desain Meja Kerja Minimalis Modern Untuk Rumah Minimalis <<<

  1. Melakukan Briefing Dengan Orang Yang Ada Di Rumah

Sebelum melakukan aktivitas Work from home, kamu bisa melakukan briefing singkat dengan seluruh anggota keluarga yang ada dirumah untuk memberikan waktu bekerja dan tentukan pula jam jam dimana kamu bisa istirahat dan fokus untuk bekerja.

Ketika seluruh anggota keluarga sudah diberikan informasi ini maka kamu bisa lebih fokus untuk bekerja didepan meja kerja kamu.

  1. Jauhkan Kasur dan Sofa Dari Pandangan Kamu

Sofa dan kasur adalah musuh utama dari bekerja dirumah. Jadi sebisa mungkin usahakan untuk bekerja ditempat yang kamu tidak bisa melihat sofa dan kasur agar menghindari kamu menjadi malas dan rebahan atau cuman sekedar berbaring dikasur atau sofa.

  1. Tetap Bersosial Dengan Anggota Keluarga

Jangan sampai beban yang diberikan kantor kepada kamu dirumah membuat kamu menyindiri dikamar kerja dan hanya berfokus dalam melakukan tugas kantor. Sesekali kamu tetap harus bersosialisasi dan berkomunikasi dengan anggota keluarga untuk sekedar melepas penat dan merefresh pikiran kembali.

  1. Melakukan Olahraga Ringan

Work from home juga akan membuat kamu menjadi malas untuk bergerak dibanding dengan bekerja di lingkungan kantor. Maka dari itu usahakan untuk tetap melakukan olahraga kecil seperti jalan ditempat, push up, sit up dan yang lainnya agar badan tetap bugar dan kembali fit.

  1. Tidak Membawa Pekerjaanmu Di Kasur

Karena tidak adanya aturan yang mengikat, kebanyakan orang akan membawa laptop atau ponselnya berada diatas kasur dengan maksud bisa bekerja dengan lebih nyaman dan santai.

Namun hal ini yang akan membuat kamu lebih malas untuk bergerak dan akan menghambat kamu dalam beraktivitas. Rebahan dikasur justru akan membuat oto otot kamu bisa menyebabkan nyeri punggung dan leher karena saluran darah akan terhambat sementara kamu membutuhkan fokus yang lebih.

Baca Juga >>> 13 Cara Membersihkan HP dari Bakteri, Kuman dan Virus <<<

Penutup

Itu tadi tips work from home untuk cegah virus corona. Semoga bisa membuat WFH kamu bisa mejadi lebih produktif dan tetap aktif. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan makan dan minum yang bergizi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *