Tips Wawancara User Di XL Sebagai Staf Promotor

tes promotor xl

Kali ini kita akan membahas tips wawancara user staf promotor disalah satu perusahan telekomunikasi ternama di Indonesia yaitu XL. Staf promotor ini juga biasa disebut sebagai staf event. Bertujuan untuk mencari titik titik daerah yang berpotensi untuk melakukan penjualan ke konsumen melalui SPB dan SPG nya.

Pekerjaan ini hampir sama dengan marketing pada umumnya. Dan semua marketing juga memiliki target tersendiri yang harus dicapai.

Untuk menjadi staf promotor xl ini kita diwajibkan untuk standby jika ada kegiatan event yang akan dilaksanakan. Kurang lebih begitu yang dijelaskan oleh tim user yang saya wawancarai. Jadi jika sabtu minggu ada acara dadakan kita harus bisa menangani dan mengurus event tersebut. Apalagi event lebih sering dilakukan dihari sabtu dan minggu. Meskipun jam masuk kerjanya adalah senin sampai jumat tetapi kita harus siap kapan saja jika dibutuhkan. Dan untungnya pekerjaan dilain hari senin sampai sabtu dihitung termasuk lembur, sehingga kita bisa mendapatkan tambahan gaji.

Mendengar kalimat diatas saya menjadi bertanya tanya, bagaimana bisa event yang dilakukan oleh tim sekelas perusahaan telekomunikasi terkemuka bisa dilakukan secara mendadak? Apakah tidak ada planning atau jadwal sebelumnya pada saat penentuan event? Atau kurang komunikasinya antara management dan staf event promotor. Meskipun dulu saya sering mengikuti dan mengurus event dikampus, sulit bagi saya paham bagaimana membuat suatu event secara dadakan tanpa persiapan yang matang terlebih dahulu.

Sayangnya saya tidak mengajukan pertanyaan tersebut, saya akui saya kurang dalam wawancara user kali ini. Bukan karena tidak mengerti tetapi mungkin karena sudah lama tidak melakukan wawancara dan interview. Mungkin agak sedikit bingung. Saya harap kalian yang akan menjalani tes ini di XL bisa menanyakan hal ini kepada tim dan management xl. Tuliskan dikomentar bawah.

Lanjut.

Seperti biasa pertanyaan awal adalah “ Ceritakan tentang diri anda “, tidak terlalu basa basi saya menjawabnya seperti biasa. Mulai dari nama lengkap, panggilan, asal universitas dan jurusan serta tahun angkatan dan tahun lulus, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, pengalaman berjualan dagang di sunmor jogja dan pengalaman lainnya.

Kemudian beliau menceritakan tentang pekerjaan yang akan dihadapi oleh promotor. Dan menanyakan kesiapan saya jika bekerja lembur dan dadakan sesuai dengan event yang ada. Bahkan katanya hari libur tanggal merahpun sering kali masuk untuk mengadakan event. Namanya promotor pasti yang dicari adalah event event keramaian dan yang paling pas adalah hari libur tanggal merah tentunnya. Untuk jam kerjanya seperti biasa masuk senin sampai jumat berangkat jam 8 pulang jam 5 sore. Teman saya yang juga dulu pernah bekerja di XL jogja mengatakan untuk jam pulangnya cenderung malam.

Ada satu pertanyaan saat wawancara user xl ini yang membuat saya skak mat. Hampir terdiam tidak tahu bagaimana cara saya menjawabnya. Yaitu bagaimana kamu mendevelop orang lain yang secara teknis mereka lebih dahulu bergabung dengan tim xl dan lebih senior dari kamu, sedangkan kamu memiliki action plan yang harus kamu kerjakan bersama tim tersebut?

Salah satu tugas promotor nantinya adalah bekerja sama dengan tim distributor untuk menaikan tingkat penjualan secara bersama. Nah tugas kita adalah membuat aksi dan strategi yang bagus untuk meningkatkan penjual dari XL.

Seperti itu contoh dari pertanyaan yang menurut saya sulit dijawab. Posisi yang kosong untuk tim promotor ini hanya ada 1 orang saja, sedangkan saya harus mengalahkan 15 orang lainnya untuk bisa bekerja di XL ini.

Review umum : secara garis besar perusahaan ini sangat bagus, tawaran gajinyapun sudah dapat kita ketahui begitu kita mengikuti tes wawancara user ini beserta tunjangan yang nantinya kita dapatkan. Gajinya sendiri adalah Rp 3,6 juta belum termasuk uang lembur. Menurut saya sudah termasuk oke untuk gaji dan posisi ini apalagi penempatannya adalah di jogja dengan kantor yang berada didepan universitas sunan kalijaga (UIN).

Leave a Reply

Your email address will not be published.