Tips Lengkap Langkah Langkah Melakukan Wawancara

langkah langkah melakukan wawancara

Apa yang dimaksud dengan wawancara ? Wawancara adalah pembicaraan antara 2 orang atau lebih yang berisikan tanya jawab dari masing masing pihak yang bertujuan untuk mencari dan menggali informasi. Ada beberapa langkah langkah melakukan wawancara agar hasilnya menjadi lebih terarah dan terstruktur.

Sebelum membahas mengenai langkah tahapan wawancara ada baiknya kita mengenali beberapa jenis wawancara yang ada saat ini :

Wawancara Terstruktur

Jenis wawancara ini terlaksana dengan sangat terkonsep sampai dengan apa saja pertanyaan yang akan dilontarkan nantinya. Jadi setiap orang yang diwawancara akan mendapatkan pertanyaan yang sama dan sudah terkonsep.

Wawancara Tidak Tersturktur

Berbeda dengan jenis wawancara sebelumnya, pada jenis ini pertanyaan belum dipersiapkan terlebih dahulu dan cenderung spontan mengenai kondisi masing masing orang yang diwawancarai.

Wawancara Individu

Pewawancara hanya memawancarai seorang narasumber. Jadi lebih kepertanyaan privat antara 2 orang yang saling tanya jawab.

Wawancara Kelompok

Lebih seperti wawancara panelist dengan 2 atau lebih orang mewawancarai 1 narasumber. Jadi seperti berhadapan dengan banyak pihak untuk wawancara jenis ini.

Baca Juga >>> 11 Tips dan Cara Mengatasi Stres Kerja <<<

Selanjutnya untuk tahapan langkah langkah mempersiapkan wawancara yang terstruktur dengan persiapan pertanyaan yang akan dilontarkan kepada narasumber :

  1. Menentukan Topik dan Tujuan Wawancara

Ada baiknya kamu mempersiapkan dan menetapkan tujuan dan topik dari wawancara ini. Penentuan topik dan tujuan ini diharapkan agar jawaban dan pertanyaan tidak melebah dengan fokus yang dicari dari narasumber.

  1. Menentukan Narasumber / Koresponden

Tentukan pula untuk narasumbernya baik secara karakteristis dan yang lainnya agar alur dan pembahasan bisa dipersiapkan terlebih dahulu

  1. Mempersiapkan Daftar Pertanyaan

Jika topik dan narasumber sudah ditentukan maka kamu bisa menyusun beberapa daftar pertanyaan yang akan dibahas dalam wawancara nantinya. Buatlah beberapa pertanyaan yang bisa benar benar menggali informasi dari narasumber. Kamu juga bisa menentukan alur bagaimana wawancara nantinya akan berjalan melalui daftar pertanyaan yang akan kamu persiapkan.

Ada beberapa point penting yang harus kamu perhatikan dalam mempersiapkan daftar pertanyaan seperti:

  • Perhatikan 5 W 1 H dalam pertanyaan yang akan kamu terapkan nantinya
  • Pertanyaan disusun sesuai dengan topik pembahasan dan tidak berubah alurnya
  • Mencari referensi lainnya dengan cara bertanya kepada rekan mengenai daftar pertanyaan yang telah dibuat
  • Sisipkan pertanyaan menjebak yang bisa menggali lebih lengkap informasi yang dinginkan
  • Satu pertanyaan untuk mencari satu informasi secara detail
  1. Proses Wawancara Berlangsung

Melakukan proses wawancara ada beberapa tahapan kembali didalamnya sebelum menuju ke sesi tanya jawab. Ada beberapa tahapan agar wawancara lebih sukses dan mencapai hasil yang diinginkan seperti :

  • Pendahuluan

Pada tahapan ini diperlukan untuk mempersiapkan berkas berkas yang akan menjadi bahan wawancara. Kumpulkan semua bahan dan berkas yang diperlukan sebelum sesi wawancara dimulai.

  • Pembukaan

Untuk tahapan pembukaan ini lebih sekedar basa basi seperti menanyakan nama, asal atau sekedar menanyakan kondisi dari personal narasumber

  • Inti Wawancara

Masuk kebagian inti wawancara. Ajukan beberapa pertanyaan pembuka untuk memulai pembicaraan secara singkat dan jelas. Catat setiap jawaban yang dirasa penting untuk dicatat. Biarkan narasumber mengungkapkan apa pendapatnya tanpa memotong pembicaraan dan lanjut kepertanyaan selanjutnya.

  • Penutupan

Sebelum sesi wawancara berakhir ada baiknya untuk memberikan kesempatan kepada narasumber untuk bertanya terlebih kembali atau memberikan feedback terhadap hasil wawancara kali ini. Berikan kesan yang baik dan ucapakan salam perpisahan.

  1. Menulis Laporan Hasil Wawancara

Hal terakhir dalam langkah langkah melakukan wawancara adalah menulis hasil dari tanya jawab dengan narasumber sebagai bahan laporan. Adapun cara atau format penulisan  laporan wawancara seperti :

Laporan Wawancara XXX

Topik dan Tujuan      :  …………………………

Narasumber              :  ………………………….

Waktu & Tempat      : ………………………….

Hasil Wawancara      :

Pertanyaan 1              :  …………………………

Jawaban                  : …………………………………

Pertanyaan 2          :  …………………………

Jawaban                  : …………………………………

Pertanyaan 3          : …………………………

Jawaban                  : …………………………………

 

Kesimpulan & Hasil yang diperoleh           : ……………………………………

Pewawancara

 

Ttd

 

Berikut tadi merupakan beberapa langkah dalam mempersiapkan wawancara yang baik dan benar. Semoga artikel ini bisa memberikan panduan atau gambaran mengenai bagaimana cara melakukan wawancara yang terstruktur dan terkonsep dengan jelas sampai dengan pelaporan hasilnya.

Baca Juga >>> Mengembalikan File Yang Terhapus Menggunakan Cara Ini <<<

Terima kasih sudah membaca artikel kami. Sukses selalu untuk kita bersama.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *