Tips Cara Presentasi Kerja Yang Memukau

presentasi kerja

Dalam setiap perusahaan sering kali diadakan laporan hasil kegiatan atau laporan pertanggung jawaban ke atasan dengan cara presentasi kinerja kerja kita selama di perusahaan. Dan tentu saja hal ini yang banyak membuat takut dan cemas oleh setiap karyawan yang ada.

Namun jika kamu bisa menguasai trik dan tipsnya maka tida ada yang perlu dikhawatirkan kembali. Kamu bisa membuat presentasi kerja yang memukau dengan beberapa tips presentasi yang baik dan benar dari kami.

Berikut cara presentasi kerja yang baik dan benar :

  1. Persiapkan Data dan Alatnya

Berbicara presentasi maka kamu harus mempersiapkan data data yang valid yang akan dijelaskan didepan publik sehingga apa yang kamu bicarakan adalah kenyataan dan survey dilapangan dan bukanlah suatu karangan belaka.

Dengan data yang akurat maka mengurangi kemungkinan orang yang melihat menjadi semakin yakin dengan apa yang akan kamu ungkapkan.

Selanjutnya adalah alat. Alat disini adalah cara kamu dalam menyampaikan presentasi nantinya. Kamu harus mempersiapkan bahan dan softcopy yang haru kamu tampilkan nantinya. Presentasi bisa kamu susun di MS Power Point. Kuasai laptop proyektor atau viewer beserta dengan hardware lainnya, jadi jika ada sesuatu hal ditengah presentasi kamu bisa langsung improvisasi tanpa harus menunggu bantuan orang lain.

Persiapkan juga papan tulis kecil disebelah proyektor untuk berjaga jaga jikalau ada gangguan mati listrik dan kamu tidak bisa menggunakan laptop.

  1. Kenali Lawan atau Audiens

Presentasi biasanya ditujukan untuk siapa, kamu harus mengetahuinya. Jika ditujuan oleh manager atau pimpinan perusahaan maka kamu harus membawakannya lebih formal dengan gaya penyampaian yang lebih sopan.

Kenali juga latar belakangnya seperti umur dan jabatannya. Dengan mengetahui siapa audiens yang akan melihat kamu presentasi, maka kamu bisa lebih menyesuaikan gaya penyampaian materi yang lebih tepat.

  1. Penampilan

Sebelum melangkah menuju ruang presentasi ada baiknya kamu menyempatkan diri untuk mengecek penampilan kamu. Jangan sampai ada sesuatu hal yang menempel di badan kamu apalagi diwajah yang bisa menimbulkan salah fokus orang yang melihat.

Sesuaikan gaya berpakaian dengan audiens sekitar juga diperlukan agar kamu merasa tidak salah kostum sendiri. Dengan penampilan yang sesuai maka akan meningkatkan rasa percaya diri kamu didepan para manager terkait.

  1. Pembukaan yang Memukau

Sering kali audiens tidak merasa tertarik diawal awal presentasi. Buatlah suatu pembuka presentasi yang bisa memecah rasa tidak tertarik audiens kepada kamu.

Kamu bisa menyampaikan sedikit jokes ringan untuk mendapatkan fokus penonton terhadapmu. Jika diawal kamu sudah bisa membuat penonton lebih fokus, maka jalannya presentasi akan lebih baik dan efektif tanpa perlu kamu ulang ulang lagi.

  1. Gunakan Point Penting

Pada saat presentasi janganlah membuat presentasi menjadi sangat membosankan dengan membiarkan audiens membaca banyak kalimat bahkan paragraf di slide show mu.

Gunakan point point penting saja yang bisa kamu perlihatkan dipresentasimu kemudian kamu jelaskan satu persatu dengan gaya bercerita.

Kamu juga bisa menggunakan banyak gambar, foto bahkan video untuk beberapa point pendukung data kamu agar lebih menarik untuk diperhatikan.

  1. Presentasi 2 Arah

Agar presentasi menjadi lebih hidup ada kalanya kamu bertanya di tengah tengah presentasi untuk sekedar mencari tahu sejauh mana audiens kamu memahami apa yang kamu sampaikan.

Presentasi 2 arah ini bisa kamu terapkan jika audiens merasa sudah bosan dengan presentasi kamu atau tidak tertarik lagi.

  1. Berlatih

Yak benar semua hal yang besar dimulai dari berlatih termasuk presentasi. Sebelum presentasi ada baiknya kamu mempersiapkannya sebaik mungkin dengan berlatih dengan apa saja kemungkinan yang akan terjadi didepannya.

Kamu bisa berlatih presentasi didepan cermin seorang diri atau meminta bantuan teman untuk mereview kamu dalam presentasi dan meminta saran kritik darinya.

Semakin sering berlatih maka akan menurunkan rasa cemas dan gugup yang akan keluar pada saat presentasi berlangsung. Kamupun akan semakin percaya diri menghadapi presentasi kerja di kantormu.

Baca Juga >>> Contoh Laporan Kegiatan Pelatihan dan Event <<<

Berikut tadi cara presentasi kerja di kantor yang bisa dijadikan acuan dasar kamu dalam membuat presentasi yang baik dan benar dan bisa memukau atasan kerja kamu. Terima kasih semoga bermanfaat. Share jika artikel ini bisa membantu kamu dan teman temanmu.

Sumber gambar : Pixabay

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *