Tes Seleksi Coca Cola Amatil

Untuk kali ini tipskerja akan mengulas tentang tes seleksi dan tahapan dari perusahaan Coca Cola Amatil (CCA) graduate trainee program untuk bagian sales dan marketing. CCA merupakan distributor dari produk minuman ringan coca cola company. Seperti perusahaan lainnya coca cola juga punya perusahan sendiri untuk mengurus distribusi produknya di indonesia. Melalui tahapan graduate trainee program kandidat akan dipersiapkan untuk memimpin managemen dari perusahaan cca. Berikut tahapan seleksinya:

Baca juga >>> Tips Untuk Fresh Graduate <<<

  1. Seleksi administrasi

Lowongan kerja untuk CCA ini banyak kamu jumpai di jobfair yang diadakan dibeberapa kampus terkemuka di indonesia atau melalui situs resmi dari CCA. Dengan persyaratan seperti:

  • Lulusan S1 atau S2 dengan minimal IPK 3.00
  • Fresh graduate atau pengalaman kerja maksimal 1 tahun
  • Aktif organisasi
  • Kemampuan bahasa inggris lisan dan tulisan
  • Bersedia ditempatkan diseluruh indonesia
  1. Interview melalui telepon

Pada sesi ini sebenarnya hanya sesi interview biasa mengenai persiapan kita kedepannya selama mengikuti proses seleksi. Jangan heran jika nantinya kamu akan menerima panggilan interview melalui telepon dengan menggunakan bahasa inggris. Lebih baik persiapkan bahasa inggrismu, karena sampai tahapan terakhir akan menggunakan lebih banyak bahasa inggris.

Baca juga >>> Tips dan Jenis wawancara Kerja <<<

  1. LGD (Leaderless Groip Discussion)

Ditahap ini kamu akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan tiap kelompoknya berjumlah 5 orang. Disini kamu akan diberikan sebuah topik diskusi dengan kelompokmu dan diberikan waktu untuk memberikan kesimpulan akhir untuk dipresentasikan kepada kelompok lain. Tema yang dipilih biasanya adalah sistem prioritas dimana ada sebuah kasus kamu harus memilih mana dahulu yang akan diprioritaskan. Dan yang terpenting adalah penggunaan bahasa disini memakai bahasa inggris.

Pengumuman akan langsung kamu dapatkan 15 menit setelah LGD ini selesai.

Baca juga >>> Tips Untuk Lolos FGD <<<

  1. GAT (General Ability Test)

Ini seperti tahapan psikotes dimana akan ada soal matematika dasar, tes kemampuan verbal dan tes kepribadian diri.

  1. Interview HR

Masih menggunakan bahasa inggris dan pertanyaan seputar kehidupanmu sebelumnnya, seperti bagaimana kehidupan kampusmu, organisasi yang pernah kamu ikuti dan mungkin tentang pengalaman kerjamu sebelumnya.

Untuk interview ini masih seputar pertanyaan kepribadianmu sendiri dan bagaimana motivasimu untuk menjadi karyawan CCA

Baca juga >>> Hal yang pantang kamu lakukan saat wawancara <<<

  1. User Interview

Kamu akan diwawancarai langsung dengan manager marketingnya. Dan masih menggunakan bahasa inggris dalam percakapan wawancara. Pertanyaan seputar dunia sales dan marketing. Bagi kamu yang bukan jurusan managemen atau yang berhubungan dengan marketing wajib untuk belajar terlebih dahulu, karena lawan bicara kita adalah orang lapangan yang sudah ahli dalam dunia sales and marketing.

Pertanyaan seperti, apa itu sales dan marketing menurut kamu ? bagaimana cara untuk menaikkan sales produk terbaru yang dimana kompetitor sudah melakukannya terlebih dahulu ? bagaimana menurutmu mengenai produk kompetitor? Dan sebagainya.

  1. MCU (Medical Chech Up)

Saran kami untuk tidak begadang sehari sebelum hari tes, minum air putih lebih banyak, puasa 8 jam sebelum tes, kurangi merokok jika kamu merokok dan perbanyak olahraga.

Kamu akan dites MCU dasar seperti, tes fisik, uji sample darah dan urine, rontgen paru paru.

  1. Offering Contract

Pada tahapan ini kamu akan mengetahui gaji dan fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan. Jangan lupa untuk membawa ijazah asli dan transkip asli saat akan melakukan offering contract.

 

Jika ada pertanyaan silahkan isi komentar dibawah, kita akan bantu cari tahu untukmu.

 

Share Link

4 Comments

  1. terimakasih atas penjelasannya mengenai tes di CCAI. kebetulan sy akan mendapat undangan tes oleh CCAI
    oh ya kalau market strategy apakah bekerja didalam kantor atau di lapangan ya? dan apakah akan selalu berpindah-pindah penempatan kerjanya bagi yang baru ketrima kerja disana?

    1. Untuk posisi market strategy masih ada kemungkinan untuk kerja lapangan dan kantor.
      untuk penempatannya tergantung posisi yang dibutuhkan. Terima kasih.

  2. hallo, selamat pagi/siang/malam.
    saya ingin bertanya apakah dalam seluruh tahapan seleksi betul-betul dilakukan dalam bahasa inggris dan sangat diwajibkan bagi seluruh peserta menguasai bahasa inggris dengan level advanced? terimakasih

    1. Menurut informasi yang kami dapatkan untuk bahasa inggris tidak menguasai sampai level advanced. Jadi masih ada kemungkinan untuk menguasai bahasa inggris pasif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.