Tes Dan Tips Tes Tahapan AirNav

tahapan tes AirNav

AirNav merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang konektivitas dan menjadi satu satunya penyedia pelayanan navigasi penerbangan di Indonesia. Masih bisa di bilang kalau AirNav ini memiliki tugas dibawah PT Angkasa Pura dan bertugas dalah Air Traffic Controller atau mengamati lalu lintas udara penerbangan. Pendaftarannya hampir sama dengan BUMN lainnya ada berkas tambahan seperti SKCK dan SKBN. Berkas lainnya masih sama saja. Berikut tahapan tes dari AirNav:

  1. Tes Online

Kamu bisa mengerjakan tes di rumah atau dimanapun yang terpenting adalah kamu punya koneksi internet yang stabil. Usahakan untuk memilih tempat yang nyaman dan tenang. Soal tes online ini akan di sesuaikan dengan pendidikanmu. Kamu wajib belajar belajar kembali mengenai teori pada saat kamu kuliah sebelumnya. Selain itu juga ada tes pengetahuan umum, bahasa inggris dan soal psikotest. Semua soal merupakan soal pilihan ganda dengan waktu 3 jam.

  1. Psikotest dan FGD

Tes selanjutnya adalah psikotest dan FGD (Focus Group Discussion), tes ini bertempat di jakarta di kementrian kesehatan kebayoran jakarta selatan. Untuk hari pertama akan menjalani tes psikotest. Soalnya hampir sama dengan tes psikotest di perusahaan lainnya seperti deret angka, matematika dasar, tes logika, tes menggambar, dan tes koran.


Baca Juga >>> Bocoran Tips Dan Trik Cara Lolos Menghadapi Tes FGD ( Focus Group Discussion ) <<<


Untuk keesokan harinya kamu akan memasuki tahapan FGD, atau bisa di sebut dengan diskusi memecahkan suatu kasus atau masalah. Semua peserta akan di bagi menjadi beberapa kelompok kecil dan akan berdiskusi bersama. Untuk permasalahannya seputar pertanyaan prioritas. Kasus ini juga ada yang untuk kelompok dan juga ada yang untuk invidu dikerjakan tiap peserta. Jangan lupa untuk belajar lebih jauh apa saja yang di kerjakan oleh AirNav.

  1. Tes Kesehatan

Hampir sama seperti tes kesehatan di berbagai perusahaan lainnya. Yang berbeda hanyalah jadwalnya dilakukan selama 3 hari. Kamu hanya harus memilih mau di hari keberapa untuk tes tersebut. Sebaiknya persiapkan terlebih dahulu untuk fisik kamu karena tes kesehatan di AirNav ini bukan tahapan akhir dari tes calon karyawan. Tesnya berupa tes sample darah dan urine, tes EKG, tes mata, rontgen, tekanan darah dan lainnya.

  1. Wawancara Akhir

Pada interview kali ini kamu akan bertemu dengan user dari AirNav langsung. Kamu akan diwawancarai sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Persiapkan semuanya dengan baik, karena masih ada yang tidak lulus di tahapan terakhir ini. Pelajari lebih lanjut mengenai Airnav, baik itu visi misi, program apa saja yang ada disana, bahkan sampai rumor atau gosip yang beredar atau berita yang ada saat ini.


Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<


Pertanyaan dimulai dengan perkenalan diri, motivasi ingin bekerja di sini, apa yang kamu ketahui tentang Airnav, dan pertanyaan lainnya seputar CV kamu. Nantinya pewawancara juga akan menanyakan mengenai jobdesk yang akan kamu lamar. Sampai sejauh mana kamu mengetahui tentang pekerjaanmu ini. Pertanyaan sulit lainnya adalah kamu diminta untuk menilai semua peserta dan di rangking siapa menurutmu yang lebih baik. Dan juga sebutkan kelebihan dan kelemahan diri kamu. Selebihnya pertanyaan mengenai penempatan kerja, benefit yang di berikan dan lainnya.

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.