Tes Dan Pengalaman Seleksi ADHI KARYA (PERSERO) TBK.

pengalaman tes adhi karya

Adhi karya yang merupakan salah satu perusahaan BUMN dibidang konstruksi yang terkenal di indonesia. Perusahaan ini juga sering membuka lowongan kerja dibanyak jobfair, maupun situs utama dari adhi karya sendiri. Kali ini tipskerja akan mencoba untuk meriview mengenai tes apa saja yang akan kalian jalani pada tahapan seleksi untuk rekrutmen ini.

Untuk bisa mendaftar lamaran kerja ini persyaratan yang dibutuhkan adalah curicullum vitae (CV), resume data diri pribadi, ijasah asli, transkip nilai asli, dan pelatihan apa saja yang sudah kalian jalani selama ini. Usahakan untuk melengkapi data diri ini selengkap mungkin, karena peluang kamu untuk lolos ke tahapan selanjutnya akan semakin besar.

Baca Juga >>> Tips Buat Kamu Yang Fresh Graduate <<<

  1. Tes Psikotes Tertulis

Perusahaan adhi karya menggunakan jasa konsultan untuk bisa mengetahui potensi dari calon pelamar nantinya. Sebelumnya tim HRD akan mempresentasikan mengenai perusahan apa adhi karya ini bergerak, sampai dengan bagaimana jika kamu lolos dan bekerja bersama adhi karya. Semua akan dijelaskan diawal proses seleksi sampai fasilitas dan benefit yang akan kamu dapatkan. Pastikan untuk memperhatikan presentasi ini untuk menjadi bahan pertanyaan pada saat interview dan wawancara user jika kamu lolos tahap psikotes ini.

Materi dan soal psikotes ini adalah berupa:

  • Matematika dasar
  • Deret angka arimatika
  • Kreplin / pauli
  • Pengetahuan umum
  • Tes verbal gambar
  • Tes menggambar warteg
  • Tes menggambar pohon dan manusia
  • Dan yang terakhir adalah tes kepribadian diri

Penting bagi kamu untuk menjaga kondisi agar tetap fit. Sebelum menjalani psikotes ada baiknya untuk sarapan terlebih dahulu dan membawa bekal sendiri, dikarenakan waktu tes yang akan kamu jalani terbilang cukup lama dan waktu proses tes akan dibagi menjadi 2 sesi.

  1. Leaderless Group Discussion (LGD)

LGD ini sama halnya dengan Focus Group Discussion (FGD) pada perusahan lainnya. LGD berfungsi untuk menilai bagaimana peranmu dalam sebuah kelompok diskusi. Semua peserta nantinya akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang beranggotakan 5-6 orang dalam satu kelompok.

Setiap kandidat akan deberikan lebaran soal pertanyaan yang akan dijawab secara individu terlebih dahulu sebelum didiskusikan bersama. Soalnya berupa pertanyaan umum dan menggambarkan skala prioritas yang akan kamu pilih jika kamu berada diposisi tersebut.

Tips dari kami adalah coba untuk menentukan garis besar dari permasalahan tersebut. Kemudian coba ambil solusi terbaik dari masalah tersebut. Jangan gunakan solusi solusi umum yang digunakan kebanyakan oran lain. Cari ide dan solusi yang out of the box yang mungkin tidak akan terpikirkan oleh kandidat lainnya.

Ingat bahwa LGD ini adalah diskusi kelompok dan bukan merupakan debat kelompok. LGD ini berfungsi juga untuk menggali sejauh mana kreatifitas yang kamu miliki. Lebih baik menambahkan solusi atau saran dari team kelompokmu bukan malah membantahnya secara langsung.

Baca Juga >>> Tips Untuk Lolos FGD <<<

  1. Interview User

Wawancara user ini kamu akan bertemu dengan tingkat manager ataupun supervisor. Pertanyaan seputar kehidupan kampusmu, pengalaman organisasi dan pengalaman kerja jika kamu memilikinya. Pertanyaan lainnya juga seputar :

  • Apa yang kamu ketahui mengenai adhi karya
  • Mengapa ingin bekerja di adhi karya
  • Kontribusi apa yang akan kamu berikan diperusahaan ini
  • Komitmen kerja jika diterima diperusahaan ini

Baca Juga >>> Hal yang pantang kamu lakukan saat wawancara <<<

  1. Mecial Check Up (MCU)

Lebih baik untuk berpuasa terlebih dahulu sebelum kamu menjalani tes ini. Jangan lupa untuk perbanyak minum air putih dan hindari begadang dan merokok. Tes MCU ini berupa tes sample urine, sample darah, rontgen jantung dan paru paru, cek tinggi dan berat badan.

Jika pada tes ini sudah kamu jalani berikutnya adalah tanda tangan kontrak disertai dengan pemberitahuan mengenai gaji dan fasilitas yang akan kamu dapatkan.

Semoga bermanfaat.

>>>Baca Juga Lowongan Kerja Lainnya<<<

Share Link

2 Comments

  1. Terima kasih untuk infonya. Untuk LGD dan interview menggunakan bahasa apa ya ?

    1. Berbeda beda untuk tes tahapannya. Biasanya menggunakan bahasa indonesia. Tapi coba persiapan saja untuk jaga jaga menggunakan bahasa inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published.