Tes Dan Pengalaman Masuk Medical Representative Konimex

tes medical representative pt konimex

Ditulis berdasarkan pengalaman tes masuk PT Konimex dijogja, pertama kali saya mendaftar di bagian marketing event and modern trade tetapi diputuskan oleh pihak PT Konimex untuk mencoba program medical representative atau biasa disebut medrep sampai pada tahapan tes wawancara user.

Siapa yang tidak mengenal Konimex. Produk dari PT konimex sudah menjuarai produk obaat obatan di Indonesia. Itu yang saya ketahui awalnya pada saat mengikuti lowongan jobfair di UGM yogyakarta kemarin. Tetapi setelah mengikuti tahapan tes masuk saya mengenal konimex juga merambah di dunia farmasi obat obatan kesehatan untuk resep dokter. Untuk pengalaman lainnya bisa kalian lihat di forum kaskus.

Tahapan tesnya adalah :

  1. Pengumpulan berkas

Pengumpulan cv yang berada di jogfair beserta pengisian formulir yang diberikan. Awalnya saya menetapkan untuk mendaftar dibagian marketing event and modern trade dikarenakan saya sudah punya pengalaman kerja dibagian marketing and sales sebelumnya.

  1. Tes ujian tertulis

Ternyata ada banyak peserta yang mengikuti seleksi kali ini, seleksi dibuka menjadi 4 sesi dimana setiap sesinya diikuti 50an peserta. Dimulai dengan pengenalan perusahaan dan presentasi singkat mengenai PT Konimex lalu dimulailah tes tertulisnya.

Tahapan tesnya berupa tes psikologi, matematika, sinonim antonim, menentukan bentuk bentuk yang sama setelah diputar, kreplin, dan terakhir adalah tes menggambar pohon dan aktifitas manusia. Selanjutnya tinggal menunggu pengumuman yang katanya nanti akan diterima melalui sms.

  1. Tes wawancara HRD

Alhamdulilah pada tahapan sebelumnya saya lolos dan diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi wawancara HRD dan User dihari yang sama. Tetapi saya kecewa dengaan penempatan posisi yang diberikan, bukan sebagai marketing melainkan sebagai medical representative.

Awalnya saya sudah diberitahukan mengenai posisi ini. Saya dianggap tidak memenuhi standar untuk bagian marketing pada saat ujian tertulis kemarin.

Karena setahu saya pekerjaan medical representative lebih sulit dibanding dengan marketing yang saya ketahui.

Pada saat tes dikumpulkanlah 20 orang yang mengikuti tahapan tes ini. 20 orang lainnya ini juga tidak mendaftar sebagai medrep tetapi dipilih untuk menjalani tes medrep.

Tes kali ini berlangsung di pusat center kantor dan pabrik PT Konimex di solo jawa tengah.

Dimulai dengan pengenalan dan presentasi mengenai kerja sebagai medical representativ. Dimana kita nanti akan menjadi duta farmasi dari produk konimex. Yang akan kita jual nantinya bukan produk obat obatan yang terkenal yang sudah tersebar di toko toko, melainkan obat obatan resep dokter yang dijual di apotek dan hanya bisa dibeli melalui resep dokter.

Pekerjaan kita nantinya adalah mengenalkan obat ini ke dokter dokter dan di rumah sakit yang sebelumnya tidak menggunakan obat dari PT Konimex. Pekerjaannya bisa tidak mengenal waktu dikarenakan kita harus mengikuti jadwal dari dokter yang akan kita presentasikan nantinya. Kita tahu sendiri biasanya dokter membuka jam praktek dimalam hari dimana kita harus menunggu sampai jam selesai praktek untuk bisa menemui dokter tersebut.

Tetapi untuk masalah gaji sendiri terbilang cukup bagus ketika kita mencapai target penjualan team.

Dalam tes ini layaknya interview hrd lainnya kita akan ditanya mengenai latar belakang pendidikan kita dan pengalaman kerja yang pernah kita jalani sebelumnya.

Di tes ini kita akan dimintai komitmennya untuk penempatan seluruh jawa. Pada saat itu saya meminta untuk penempatan di wilayah jawa saja, tetapi tim HRD waktu itu tidak menyetujuinya dengan alasan saya adalah pria/cowok. Kalau yang diwawancarai adalah seorang wanita masih bisa diusahakan untuk penempatan diwilayah jawa saja.

Akhirnya saya menyetujinya untuk penempatan seluruh indonesia, baru saya diloloskan.

  1. Tes wawancara user

Setelah wawancara HRD langsung pada hari itu juga saya diminta untuk langsung wawancara selanjutnya bersama manager dari medrep.

Banyak peserta juga yang langsung gagal pada tes interview HRD. Kurang lebih ada setengah yang gagal pada tahapan interview HRD.

Pada wawancara user ini terbilang sangat lama, banyak pertanyaan yang ditanya untuk menggali kita lebih jauh. Karena kita nantinya akan berhadapan dengan dokter, dimana mereka dari segi pendidikan lebih pintar dan cerdas dari kita. Sedangkan kita yang bukan lulusan ilmu kesehatan harus menawarkan produk obat.

User akan melihat bagaimana berbicara kita, sopan santun kita.

Ada beberapa peserta yang diminta untuk mempresentasikan suatu produk dihadapan user. Tetapi anehnya saya tidak diminta untuk presentasi. Setelah selesai saya diminta untuk langsung pulang dan menunggu untuk tahapan tes selanjutnya yaitu tes kesehatan.

 

Review

Secara keseluruhan, PT konimex ini terbilang baru untuk dibidang farmasi resep dokter. Masih banyak saingan perusahaan lainnya yang sudah terjun lebih dahulu sebelum konimex. Untuk produk obat resep dokter ini terbilang cukup bersaing, ada kurang lebih 15 perusahaan lainnya yang menjadi saingan pt konimex.

Untuk masalah gaji pt konimex masih diatas UMR dari wilayah penempatan kita nantinya. Dan juga ada banyak bonus yang kita dapat jika melebihi target. Dan bahkan kita bisa jalan jalan keluar negri jika lolos menjadi medrep terbaik.  Perkiraan gaji antara Rp 2,5 juta sampai Rp 3 juta belum termasuk tunjangan lainnya.

2 Comments

  1. saya juga punya pengalaman yang sama dialihkan ke posisi medrep, tapi sebelumnya melamar di posisi recruitmen officer. setelah lolos psikotes recruitmen di surabaya saya di infokan untuk mengikuti pelatihan di Bandung selama 2 hari, pelatihannya gratis namun biaya transport dan tempat tinggal menggunakan uang pribadi, peserta yang memenuhi kriteria pelatihan akan diwawancarai dan kemudian ttd kontrak kerja. untuk tes kesehatan sendiri tidak dibahas dengan jelas. apakah tes kesehatannya ditiadakan? jika masih ada, tesnya menggunakan biaya pribadi atau ditanggung perusahaan ya?

    1. Setau kami tetap ada tes kesehatan, nantinya menggunakan vendor yang sudah ditunjuk oleh Konimex dan biaya ditanggung oleh perusahaan.
      Terimakasih. Jika masih ada pertanyaan lain jangan ragu untuk ditanyakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.