15 Teknologi Komunikasi Kelebihan Kekurangan Penggunaanya

teknologi komunikasi kelebihan kekurangan

Seiring perkembangan zaman, teknologi komunikasi-pun juga ikut berkembang, berikut teknologi komunikasi kelebihan kekurangan yang bisa kami jelaskan dimulai dari awal berkembangnya teknologi sampai dengan saat ini di zaman modern.

Komunikasi sangat dibutuhkan dikehidupan sehari hari. Dengan adanya teknologi komunikasi maka akan mempermudah jarak dalam berkomunikasi sehingga kita bisa tetap berhubungan dengan seseorang yang jauh disana.

Komunikasi adalah sebuah proses menyampaikan pesan atau interaksi antara komunikator (penyampai pesan) dengan komunikan (penerima pesan.

Berikut jenis jenis teknologi komunikasi beserta dengan kelebihan dan kekurangannya dimulai dari penemuan awal sampai ke zaman modern :

  1. Media Cetak / Koran

Koran menjadi awal mula teknologi komunikasi didunia. Koran dapat memberikan berbagai informasi yang bisa dibaca oleh banyak orang. Koran juga merupakan sumber informasi dan hiburan dalam bentuk visual saja dan tidak dapat bergerak.

Kelebihan : Media komunikasi secara visual dizamannya. Sebagai media informasi dan komunikasi. Masih digunakan sampai saat ini. Media komunikasi yang murah dan bisa ditemukan dimana mana.

Kekurangan : Ada proses editing ,desain dan cetak terlebih dahulu sehingga proses memakan waktu. Hanya bisa berkomunikasi satu arah saja. Membutuhkan kertas sebagai bahan baku utama. Jangkauan menyebarnya informasi komunikasi terbatas diwilayah tertentu.

  1. Radio

Berkembangan komunikasi selanjutnya adalah Radio. Selain sebagai media informasi, radio juga sebagai media hiburan bagi beberapa pihak dengan menyajikan sebuah lagu atau lainnya.

Kelebihan : Ada komunikasi langsung dikarenakan komunikasi secara lisan. Lebih banyak diminati daripada koran karena tidak harus membaca. Masih digunakan sampai saat ini.

Kekurangan : Komunikasi satu arah. Ada proses editing juga kecuali live streaming. Membutuhkan sinyal dan listrik. Tidak bisa ditanyangkan ulang sehingga siaran hanya pada saat itu saja. Tergantung jangkauan pemancar. Tidak ada visual hanya suara saja.

  1. Televisi (TV)

Setelah hanya bisa menampilkan suara saja, kemudian teknologi berkembang menjadi televisi dimana ada tampilan visual dan bergerak. Awalnya hanya bisa menampilkan hitam dan putih, namun dengan berkembangnya teknologi sudah bisa menampilkan warna didalamnya.

Kelebihan : Lebih komunikatif. Komunikasi secara visual dimana tampilan bergerak secara langsung. Lebih bisa di sebar luaskan daripada media koran dan radio. Masih digunakan sampai saat ini. Penanyangan secara langsung. Gabungan antara suara, gambar, video dan warna.

Kekurangan : Komunikasi satu arah. Tetap ada proses editing. Membutuhkan sinyal dan listrik sebagai daya utama. Jika pemancar stasiun televisi tidak luas, maka tidak bisa menjangkau wilayah pelosok. Biaya produksi mahal

  1. Telegraph

Telegraph adalah alat untuk mengirimkan komunikasi berbentuk sandi morse jarak jauh. Biasanya alat ini digunakan untuk kebutuhan militer. Merupakan alat komunikasi tradisional sebelum ditemukannya telepon.

Kelebihan : Pengiriman pesan komunikasi cepat.

Kekurangan : Pengirim dan penerima harus mengerti sandi morse yang digunakan. Terbatas di kawat sebagai media penyambungnya.

  1. Telepon Kabel

Telepon kabel merupakan kemajuan teknologi yang baik dimana kamu bisa terhubung dengan orang di berbeda kota tanpa harus menemuinya. Komunikasi bisa menjadi lebih lancar dengan menggunakan telepon ini. Ini merupakan awal mula ditemukannya teknologi komunikasi telepon seluler / genggam.

Kelebihan : Bisa berbicara langsung dan tidak ada hambatan dengan lawan bicara telepon. Tidak ada radiasi dari pemancar.

Kekurangan : Tidak bisa di bawa kemana mana. Harga yang relatif mahal. Harus memiliki telepon untuk bisa saling terhubung.

  1. Faksimili

Faksimili atau yang biasa disebut dengan Fax merupakan alat komunikasi untuk menerima dan mengirim yang outputnya berupa telephoto atau juga bisa mengirimkan salinan copy halaman baik tulisan maupun gambar.

Kelebihan : Bisa dijangkau luas. Mengirimkan salinan lebih mudah dan cepat. Aktifitas komunikasi dapat lebih mudah terkontrol. Lebih murah daripada mengirimkan melalui pos.

Kekurangan : Hanya berupa teks salinan untuk outputnya.

  1. Walky Talky

Walky Talky adalah alat yang bisa menghubungkan komunikasi antara 2 device atau lebih tanpa menggunakan kabel melainkan menggunakan frekwensi pemancar gelombang yang dihasilkan.

Kelebihan : Tidak ada tarif yang dikenakkan. Komunikasi secara langsung. Bisa dihubungkan kebeberapa alat walky talky yang lain asalkan gelombangnya sama.

Kekurangan : Jalannya komunikasi harus secara bergantian. Dibatasi dengan jarak yang tidak jauh. Jalur komunikasi bisa di sadap dan tidak ada private room.

  1. Toa

Toa juga salah satu alat penyampaian komunikasi yang berguna untuk melantangkan suara penggunanya.

Kelebihan : Lebih praktis dan mudah dibawa bawa. Bisa memberikan informasi dengan lebih jelas kesatu titik.

Kekurangan : Hanya untuk penggunaan di lokasi tertentu saja yang bisa mendengarkan. Komunikasi tidak tersimpan.

Baca Juga >>> Fitur Dan Fungsi Perangkat Lunak Aplikasi Perkantoran <<<

  1. Intercom / Fixphone

Intercom adalah alat komunikasi untuk memberikan informasi didalam lingkup yang kecil dan menghubungkan antara satu ruangan dengan ruangan lainnya. Banyak dipakai di perusahaan.

Kelebihan : Lebih efektif dalam berkomunikasi antar kantor dan divisi. Tidak ada biaya tambahan sehingga pengunaannya lebih hemat dari telepon kabel.

Kekurangan : Hanya dapat digunakan dilingkungan kantor tersebut.

  1. Pager

Sebelum ditemukannya telepon genggam, alat ini yang mempermudah dalam berkomunikasi menjadi lebih praktis.

Kelebihan : Bisa dibawa kemana mana. Lebih praktis. Bisa mengirimkan pesan teks. Sebagai pesan bahwa seseorang ingin menghubungi kamu.

Kekurangan : Biaya mahal pada saat itu. Hanya berupa pesan singkat dengan minimal jumlah kata yang terbatas.

  1. Telepon Genggam

Sebelum ditemukannya smartphone maka alat komunikasi yang digunakan adalah telepon genggam.

Kelebihan : lebih praktis daripada telepon kabel. Mudah dibawa kemana mana. Bisa memunculkan komunikasi berupa suara dan pesan teks.

Kekurangan : Biaya yang mahal pada saat itu. Memerlukan SIM card yang juga mahal dizamannya. Bahaya radiasi yang dihasilkan bagi kesehatan. Terbatas sinyal.

  1. SmartPhone

Merupakan perkembangan dari generasi sebelumnya yaitu telepon gengam. Ini merupakan langkah awal perkembangan teknologi  komunikasi kelebihan kekurangan yang sangat pesat hingga saat ini. Lebih banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone.

Kelebihan : Akses yang lebih mudah. Bisa berkomunikasi suara, teks, gambar, email, dan videocall. Bisa mendapatkan informasi yang lebihh mudah dengan menggunakan internet. Harga pengoperasiannya lebih murah dari pada telepon genggam pada saat itu.

Kekurangan : Membutuhkan sinyal dan kuota yang bagus untuk bisa memaksimalkan kinerja smartphone. Bahaya radiasi bagi kesehatan.

  1. Komputer

Merupakan alat komunikasi yang lebih canggih hingga saat ini. Bisa mengakses apa saja dan bisa mengalahkan media komunikasi dari yang sebelumnya. Dengan adanya komputer kamu bisa mengakses apa saja di seluruh dunia dengan bantuan internet. Saya rasa kamu sudah tahu kegunaannya.

Kelebihan : Sebagai pengolahan data yang besar. Mampu melakukan perhitungan yang rumit. Menghasilkan informasi yang baik. Mendapatkan informasi apa saja yang ada di dunia ini dengan menggabungkan dengan teknologi internet.

Kekurangan : Harus ada operatornya. Harus terhubung dengan internet. Susah dibawa kemana mana.

  1. Personal Digital Assistant (PDA)

PDA ini adalah PC yang berbentuk kecil yang bisa dibawa kemana mana (Pocket PC). Dilengkapi juga dengan keyboard yang hampir sama dengan Komputer sehingga pengguna bisa serasa menggunakan komputer berjalan.

Kelebihan : Lebih praktis dibandingkan komputer.

Kekurangan : Lebih mahal daripada komputer. Batrey yang tidak tahan lama untuk pemakaian jangka waktu lama.

  1. E-Mail

E-mail atau elektronik mail adalah media komunikasi yang berbasis online dimana kita bisa bertukar data, pesan, gambar, video dan sebagainya ke seluruh dunia dengan menggunakan internet. Siapa sih yang tidak memiliki email untuk di zaman saat ini ?

Kelebihan : pengiriman pesan yang cepat. Penggunaannya lebih murah. Bersifat lebih private dan pribadi. Pesan otomatis tersimpan di cloud computing server. Bisa mengirimkan pesan format multimedia. Dapat dikirimkan keseluruh dunia.

Kekurangan : Harus terhubung dengan internet. Rawan hacker.

Baca Juga >>> Mengembalikan File Yang Terhapus Menggunakan Cara Ini <<<

Penutup :

Itu tadi beberapa teknologi komunikasi kelebihan kekurangan dari teknologi tersebut. Semoga bermanfaat. Terima kasih

Leave a Reply

%d bloggers like this: