Tahapan Tes Seleksi MDP Bank Syariah Bukopin

Setiap tahapan seleksi pastinya memiliki tantangan yang berbeda beda. Dan banyak juga tips dan trik dalam menghadapi tahapan tes seleksi melalui internet akhir akhir ini. Kali ini kita akan membahas tentang tahapan tes seleksi MDP Bank Syariah Bukopin. Tahapan tes ini mungkin akan terlihat sama dengan tes MDP Bukopin tanpa syariah. Mungkin dikarenakan masih satu perusahaan yang sama.

Tes Bank Syariah Bukopin

Berikut tips dan sedikit pengalaman dari tes MDP Bank Syariah Bukopin yang bisa kamu pelajari dan mencari tahu seluk beluknya sebelum mengikuti tes dari tahap awal:

  1. Screaning Tes

Merupakan tahapan yang paling awal dimana ini merupakan tahapan pengumpulan berkas yang masuk agar sesuai dengan kriteria yang di cari oleh Bank Syariah Bukopin. Usahakan untuk melengkapi semua berkas yang dibutuhkan agar kamu bisa melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

  1. Psikotes dan FGD

Sebelum ke psikotes kamu akan di di presentasikan mengenai Bank Bukopin Syariah ini terlebih dahulu, mengenai produknya, pandangan masyarakat sampai dengan benefit dari MDP ini sendiri. Semua akan di kupas bersama dan ada sesi tanya jawab setelahnya.

Pada psikotes masih sama seperti psikotes pada umumnya, yang berbeda mungkin pada standar yang ditetapkan oleh Bukopin Syariah ini. Dengan standar yang tinggi membuat banyak peserta yang gugur pada tes ini.

Untuk soalnya seperti : Matematika dasar, deret angka, tes verbal, tes mencocokkan gambar, dan tes koran / pauli kreaplin. Setelah tes psikotes hasilnya bisa kamu tunggu sekitar 30menit dan langsung terpilih kandidat yang berhak lolos di FGD (Focus Group Discussion).

Baca Juga >>> Bocoran Tips Dan Trik Cara Lolos Menghadapi Tes FGD ( Focus Group Discussion ) <<<

FGD dimulai pada siang hari setelah jam makan siang dan istirahat solat berlangsung. Seluruh kandidat akan di kelompokkan menjadi beberapa tim. Tiap peserta akan mendapatkan soal dan kertas kosong yang harus kamu isikan jawabannya menurut pandanganmu sendiri.

Setelah itu kamu akan menyampaikan pendapat dalam kelompokmu selama 20 menit yang nantinya setiap kelompok akan mempresentasikan hasilnya bersama didepan kelompok lainnya. Untuk soalnya terdiri dari soal prioritas dari kasus yang sering ditemukan di Bank Syariah Bukopin ini.

Pengumuman tahapan FGD ini langsung bisa kamu lihat setelah tes berlangsung dan bisa lanjut ke tahapan selanjutnya keesokan harinya.

  1. Wawancara Psikolog

Untuk wawancara psikologi ini nantinya Bank Syariah Bukopin menunjuk institusi swasta yang dipercaya untuk mewawancarai calon karyawannya. Untuk lokasi tes masih sama di tempat cabang masing masing kota besar di Indonesia.

Untuk pertanyaannya meliputi tentang pertanyaan seputar kepribadian diri kamu. Bagaimana kemampuan menangani suatu kasus, menceritakan kasus terberat dalam hidup kamu sampai saat ini dan bagaimana cara kamu menangani untuk mencari solusinya.

Pertanyaan lainnya mengenai kelemahan dan kelebihan diri serta apa rencamu untuk 5 tahun kedepan seperti apa.

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

Sebelumnya nanti kamu akan diberikan Form yang harus kamu isikan dan nantinya akan di pertanyakan pada saat wawancara psikolog. Kejujuran dan keramahan menjadi kunci dan tips untuk tahapan wawancara psikologi ini.

Baca Juga >>> Jawaban Interview Target 5 Tahun Kedepan <<<

Untuk pengumunannya akan diberikan setelah 1-2 hari kamu menjalani tes wawancara psikolog ini. Untuk tes selanjutnya yaitu wawancara HRD dengan kepala divisi dari Bukopin Syariah.

  1. Wawancara HRD

Wawancara HRD ini kamu akan datang ke kantor cabang yang di tunjuk dari Bukopin Syariah. Perhatikan kembali untuk penampilanmu dan berpakaianmu sebelum menghadapi tes ini. Mungkin kamu bisa memakai dasi yang sesuai dengan pakaian dan postur tubuhmu.

Baca Juga >>> Penampilan Saat Wawancara Kerja Untuk Pria <<<

Pertanyaan wawancara HRD seperti pengenalan diri, menceritakan tentang kehidupan sewaktu kamu kuliah sebelumnya, pengalaman organisasi sampai pengalmaan kerja jika kamu memilikinya baik pekerjaan partime maupun fulltime.

Di wawancara ini akan di bahas juga mengenai program MDP baik kelebihan dan kelemahannya. Kamu akan diminta untuk menyakinkan diri kembali untuk mengikuti program MDP ini, dikarenakan beratnya program MDP apalagi di dunia Perbankan.

  1. Wawancara Direksi

Pada wawancara direksi kamu harus menunggu sekitar 1-2 minggu untuk mendapatkan pengumuman hasi dari tahapan sebelumnya.

Untuk lokasi wawancara direksi masih di cabang terdekat yang ditunjuk oleh perusahaan bank Syariah Bukopin.

Baca Juga >>> Tips Sukses Interview Dan Wawancara User <<<

Pertanyaan untuk wawancara direksi ini lebih bagaimana kamu mengenai tentang dunia perbankan syariah. Bagaimana cara pandang kamu tentang bank Syariah dan apa saja yang kamu ketahui mengenai berita terkini di dunia perbankan syariah di indonesia.

Lebih baik untuk kamu mempersiapkan dan belajar kembali sebelum menghadapi tahapan ini. Belajarlah mengenai dunia perbankan syariah seperti syariatnya pandangan islam dalam perbankan, apa itu syariah bank dan lain sebagainya.

  1. Medical Checkup dan Tanda Tangan Kontrak

Untuk MCU ini akan ada serangkaian tes yang akan kamu jalani seperti tes urine, tes darah, cek tensi, cek rontgen dan cek fisik.

Lebih baik untuk perbanyak olahraga dan tidak bergadang sebelum menjalani tes MCU ini. Jaga pola makan dan perbanyak minum susu dan madu sebelumnya.

Untuk tanda tangan kontrak kamu akan di berikan lembaran kontrak yang nantinya akan di jelaskan secara mendalam mengenai kontrak oleh HRD secara bergantian tiap peserta.

 

Demikianlah untuk tahapan tes seleksi MDP Bank Syariah Bukopin yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber dan pengalaman dari peserta tes lainnya. Klik iklan yang ada di website untuk membantu kami dalam memberikan informasi lainnya yang lebih berguna. Terima kasih semoga sukses buat kita semua.

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.