Tahapan Tes Rekrutment PT Pembangkitan Jawa Bali (PT PJB)

Tahapan tes pt pjb

Sebelum pembahasan lebih lanjut mengenai tahapan tes PT PJB atau PT Pembangkitan Jawa Bali, kita kenalan terlebih dahulu yuk dengan perusahaan ini.

PT PJB adalah perusahaan dari BUMN PLN yang juga memprodusen listruk untuk kebutuhan di beberapa daerah seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur dan termasuk Bali.

Untuk kamu yang sedang dalam tahapan rekrutment PT PJB yuk simak tahapan dan tes serta tips menghadapinya :

  1. Seleksi Administrasi

Seperti perusahaan lainnya tahapan pertama adalah pengumpulan berkas dokumen pelengkap. Kamu diminta untuk mengirimkan beberapa dokumen seperti ijazah, transkip nilai dan pelengkap lainnya melalui situs website desmi PT PJB ini.

  1. Tes Akademis dan Bahasa Inggris

Untuk tes ini kamu diwajibkan menggunakan pakaian kemeja putih, celana hitam berbahan kain dan sepatu pantofel hitam serta tidak lupa juga untuk print kartu tanda peserta.

Soal akademis lebih mengarah ke masalah listrik, jadi coba kamu belajar kembali dan membuka soal latihan mengenai arus listrik seperti tegangan, arus, plc, SCADA, dan jenis jenis telekomunikasi.

Soal berikutnya dalah soal bahasa inggris. Ini lebih banyak soal cerita dan menemukan jawabannya dari cerita sebelumnya. Pertanyaan lainnya hampir sama jika kamu melaksanakan tes TOEFL.

  1. Tes Psikotes PT PJB dan Tes Intelejensi

Soal pertanyaan seperti tes warteg, tes menggambar orang dan pohon, tes kepribadian dimana tidak ada jawaban benar dan salah, tes koran pauli/kraeplin dan tes matematika dasar / deret angka.

Baca Juga >>> Tips dan Contoh Soal Psikotes Serta Trik Menghadapinya <<<

Tahapan tes intelejensi hampir sama dengan tes psikotes cuman pada soal kali ini lebih banyak pertanyaan yang mengarah ke tes logika berfikir dan soal cerita.

  1. Tes Kesehatan

Tahapan tes ini jangan sampai dipandang remeh, karena ada banyak juga calon peserta yang gagal pada tahapan ini karena tidak menjaga pola makan dan pola sehatnya sebelum pelaksanaan tes.

Baca Juga >>> Kenapa Harus Puasa Sebelum Medical Check Up ? <<<

Kamu akan diberikan form yang isinya adalah surat pernyataan bahwa tidak ada penyakit yang pernah diderita selama ini.

MCU disini adalah tes sample darah, tes kesehatan badan, tes mata, rontgen, detak jantung, cek ambeien, kelamin dan juga gigi.

  1. Pemberkasan Dokumen dan Wawancara Psikolog

Pada tes pemberkasan ini adalah validasi dan bukti bahwa kamu benar benar memiliki berkas asli yang dibutuhkan. Tim HRD akan mengecek keasliannya dan menyerahkannya kembali kepada kamu. Tidak ada yang ditahan selama tes berlangsung. Persiapkan juga kartu keluarga sebagai persiapan.

Setelah selesai proses validasi berkas maka kamu akan menunggu giliran lagi untuk tahapan wawancara psikologi.

Pertanyaan seputar kepribadian diri seperti pengenalan diri, pengalaman kerja jika ada, pengalaman organisasi dan motivasi mengikuti tes ini.

Baca Juga >>> JAWABAN INTERVIEW MOTIVASI KERJA <<

  1. Wawancara User

Mungkin ini adalah tahapan terakhir yang akan kamu jalani. Jika sudah melewati tahapan ini maka kemungkinan besar kamu akan diterima menjadi karyawan di PT PJB ini dan selanjutnya adalah tanda tangan kontrak serta informasi benefit yang akan diterima.

Wawancara user nantinya kamu akan dihadapkan oleh 2 orang interviewer yang merupakan seorang manager yang akan memakai jasa kamu nantinya.

Pertanyaan lebih mengarah kebagian teknis pekerjaan dan pengenalan kerja bagaimana jika kamu bekerja di posisi yang kamu lamar dan bagaimana jobdesknya.

Baca Juga >>> Contoh Pertanyaan Untuk User Saat Interview <<<

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.