Tahapan Seleksi Management Trainee (MT) Hutama Karya

pengalaman tes hutama karya

 

Merupakan salah satu BUMN yang bergerak dibidang jasa konstruksi dan properti PT Hutama Karya menjadi salah satu perusahaan dengan banyak peminat bagi jobseeker yang ada di indonesia. Kali ini tipskerja akan mencoba mereview tentang pengalaman dan tahapan seleksi dari Management Trainee atau yang biasa disebut dengan MT diperusahaan Hutama Karya. Seleksi dan lowongan kerja dari perusahaan ini bisa kamu baca dan cari melalui portal lowongan kerja seperti website resminya maupun dari jobfair yang ada di universitas di indonesia. Berikut tahapan dan seleksi yang akan kamu jalani :

Baca Juga >>> Program Management Trainee Adalah ? <<<

  1. Tes Tertulis

Beruntung bagi kamu yang bisa menyisihkan peserta lainnya pada saat seleksi berkas, karena pastinya ada ratusan bahkan ribuan yang mendaftar perusahaan ini. Tes ini lebih mirip seperti tes psikotes pada perusahaan umumnya. Tes tertulis ini akan dibagi menjadi beberapa sesi yaitu:

  • Psikotes

Siapkan alat tulis mulai dari pensil dan pulpen untuk menjawabnya. Bagi kamu yang sudah terbiasa tes psikotes makan akan menjadi hal mudah untuk kamu kerjakan. Soalnya terdiri dari, tes pauli atau tes koran, tes matematika dasar, tes kepribadian diri, tes verbal, tes sinonim antonim.

  • Tes pengetahuan dasar

Pada tes ini tiap peserta akan mendapatkan soal yang berbeda beda tergantung dari jurusan dan posisi yang kamu lamar. Lebih baik lagi untuk belajar mengenai teori dasar dari posisi yang akan kamu lamar dan buka kembali buku catatan kuliahmu dahulu. Soalnya seputar materi dasar dan teori dasar perkulianmu dahulu.

  • Tes bahasa inggris

Hampir sama dengan tes TOEFL pada umumnya seperti tentang grammar, reading, writing dan structure. Untuk belajar maka cobalah untuk tes TOEFL terlebih dahulu.

  1. Wawancara HRD

Pada wawancara ini juga dibagi menjadi 2 sesi dan kamu akan menjalani semua sesinya secara bergantian dan dilakukan dihari yang sama.

Sesi pertama akan diinterview dengan seorang psikolog dari HK dan disesi berikutnya akan diinterview langsung dengan tim HRD HK. Pertanyaan seputar pengalaman pribadi seperti pengalaman kuliah, pengalaman organisasi, dan pengalaman kerja sebelumnya jika ada. Pertanyaan lainnya seputar komitmen kerja jika kamu bekerja di perusahaan ini.

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

Ingat kembali jawabanmu saat menjalani tes psikotes sebelumnya, karena nanti akan ada pertanyaan mengenai jawabanmu pada saat tes tertulit tersebut. Untuk wawancara ini menggunakan bahasa indonesia sebagai pengantarnya, tidak menutup kemungkinan juga untuk bahasa inggris sebagai acuannya tergantung dengan posisi siapa kamu di wawancarai.

Baca Juga >>> Cara Wawancara Yang Baik Dan Benar <<<

  1. Tes Kesehatan

Merupakan tes yang termasuk ketat untuk tes kesehatan pada umumnya perusahaan lainnya. Jangan menganggap jika kamu sudah berada pada tahapan ini kamu sudah lolos untuk menjadi karyawan diperusahaan ini. Tidak sedikit juga yang gagal dalam tahapan kali ini akibat pola makan yang tidak sehat.

Yang akan di periksa meliputi : tes sample darah, sample urine, cek mata minus atau buta warna, cek badan, cek rontgen dan paru paru. Kamu nantinya juga akan diminta untuk puasa 9 jam terlebih dahulu. Usahakan juga untuk perbanyak minum air putih dan jaga pola makan teratur dan perbanyak serat sayuran.

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.