Tahapan Dan Proses Rekrutment di Tokopedia

By On Saturday, February 22nd, 2020 Categories : Review Tes Perusahaan

interview tokopedia

Siapa sih di jaman ini yang tidak kenal dengan raksasa marketplace di indonesia yaitu Tokopedia? Semakin berkembangnya pertumbuhan startup ini maka diperlukannya pula tenaga ahli didalamnya. Berikut kita akan membahas mengenai tahapan dan proses rekrutment mulai dari online application, FGD Tokopedia sampai dengan tahapan akhir yaitu Interview Tokopedia.

Dengan budaya kerja yang modern dan pertumbuhan karir yang cepat membuat tokopedia menjadi pusat incaran para jobseekers di indonesia. Sudah banyak review mengenai positifnya bekerja di salah satu marketplace terbaik di indonesia ini maka semakin banyak juga yang ingin mendaftar dan mencoba untuk bekerja diperusahaan ini.

Berikut ini tahapan proses yang akan kamu jalani beserta dengan tips dan trik dalam mengikuti rekrutment di perusahaan Tokopedia.

  1. Online Aplication

Tokopedia mempunya website sendiri mengenai rekrutment karyawannya yang secara langsung di post diwebsite tersebut. Kamu bisa mencarinya di google dengan kata kunci Tokopedia Karir.

Kamu diharuskan untuk memiliki akun dan buat akunmu sendiri diwebsite tersebut. Setelah membuat akun kamu bisa menambahkan beberapa berkas seperti upload CV, ijazah dan transkip nilai atau sertifikat lainnya. Isi juga data diri lengkap agar perusahaan bisa menghubungi kamu jika memang kamu terpilih masuk keproses tahapan rekrutment.

Ada banyak lowongan yang bisa kamu applay di website tokopedia karir ini. Usahakan untuk menyesuaikan dengan kualifikasi yang dibutuhkan dan juga dengan skill yang kamu miliki. Jika sudah menentukan maka kamu bisa submit CV yang sudah kamu upload sebelumnya.

Untuk baiknya coba kamu aplay 1 lowongan kerja saja terlebih dahulu agar HRD tidak bingung dalam mensortir lamaran kerja yang masuk. Kamu bisa menunggu 1-2 minggu sebelum dipanggil. Informasi lolos atau tidaknya online aplication ini akan kamu terima melalui email kamu.

Baca Juga >>> Bagaimana Menjawab Wawancara Kerja Tidak Sesuai Jurusan <<<

  1. Focus Group Discussion Tokopedia

Untuk tahap selanjutnya adalah FGD atau focus group Discussion. Namun sebelum kamu melaksanakan FGD ada penjelasan dan presentasi singkat mengenai company profile dari tokopedia. Sebelum tes kamu akan diminta untuk mengerjakan pertanyaan esay seputar pertanyaan yang menyangkut dengan posisi yang kamu lamar. Contohnya jika kamu melamar sebagai CS maka pertanyaan akan seputar bagaimana cara kamu dalam pelayanan konsumen.

Setelah tes selesai berlangsung maka masuk ketahapan FGD. Semua peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Tiap kelompok akan mendapatkan kasus yang berbeda beda. Pertanyaan dan studi kasusnya seputar masalah prioritas dan masalah pelayanan konsumen.

Usahakan untuk aktif namun tidak mendominasi alur jalannya diskusi. Jangan terlalu cepat menyangkal saran orang lain namun juga berikan solusi yang masuk untuk kepentingan bersama. Jika sudah mendapatkan hasil yang pas untuk kelompok maka kalian akan diminta untuk presentasi hasil diskusi didepan kelompok lain dan kelompok lain boleh bertanya seputar kasus yang diberikan.

Hasil FGD akan kamu dapatkan sekitar 3-4  hari setelah FGD berlangsung. Maka berusahalah untuk bersabar.

Baca Juga >>> Bocoran Tips Dan Trik Cara Lolos Menghadapi Tes FGD ( Focus Group Discussion ) <<<

  1. Interview User Tokopedia

Interview user kamu akan bertemu dengan spv atau manager dari tokopedia langsung yang akan memakai jasa kamu nantinya. Ada baiknya untuk mempelajari mengenai posisi yang kamu lamar ini. Karena pertanyaan yang penting adalah mengenai seberapa paham kamu untuk posisi yang kamu lamar.

Pertanyaan lainnya seputar ceritakan diri kamu, pengalaman kerja jika ada, pengalaman organisasi, dan seputar kehidupan pribadi kamu sendiri. Ada juga pertanyaan seputar aplikasi tokopedia, seberapa sering kamu menggunakan aplikasi ini, mengapa menggunakan tokopedia daripada aplikasi marketplace lainnya?

Sebelum tes ada baiknya juga kamu mempersiapkan beberapa pertanyaan seputar tokopedia yang nantinya akan kamu berikan pada saat dipersilahkan untuk bertanya.

Ini merupakan tahapan terakhir dari rangkaian rekrutment di tokopedia. Untuk tahapan selanjutnya adalah tanda tangan kontrak dan offering benefit. Terima kasih semoga sukses untuk kita semua.

Baca Juga >>> Contoh Pertanyaan Untuk User Saat Interview <<<

Tahapan Dan Proses Rekrutment di Tokopedia | tipskerja | 4.5