Tahapan Dan Bocoran Tes Di MRT JAKARTA

pengalaman tes mrt jakarta

MRT Jakarta merupakan perusahaan dibawah PT KAI untuk bekerja dibidang pelayanan jasa transportasi umum yaitu perkereta apian. Saat ini MRT Jakarta banyak memberikan lowongan kerja untuk berbagai posisi dan bidang pendidikan. Kali ini tipskerja akan mencoba untuk mereview mengenai tahapan dan bocoran tes dari MRT Jakarta yang bersumber dari forum komunitas Kaskus dan pengalaman tes lainnya. Untuk lowongan kerjanya bisa kamu temui di situs resmi dari MRT Jakarta Karir dan applay melalui situs tersebut maupun dari jobfair lainnya.Berikut gambaran tahapan tesnya mulai dari psikotes sampai tahapan akhir untuk menjadi calon karyawan dan bekerja di MRT Jakarta.


Baca Juga >>> Tips Buat Kamu Yang Fresh Graduate <<<


  1. Tes Psikotes

Setelah melalui seleksi dan pengumpulan berkas, maka tes pertama yang akan kamu hadapi adalah tes psikotes. Usahakan untuk menjaga badan tetap fit dan sarapan terlebih dahulu sebelum mengikuti tes ini. Karena terdapat banyak rangkaian tes dari psikotes ini dan dilanjut dengan tahapan FGD setelahnya.

Untuk materi dan soal yang akan diuji mengenai :

  • Tes matematika dasar dan deret angka
  • Tes warteg dan menggambar
  • Tes kepribadian
  • Tes verbal dan gambar bentuk
  1. Tes FGD (Focus Group Discussion)

Tahapan selanjutnya dari seleksi ini adalah tahapan FGD atau tes kelompok untuk mendiskusikan suatu permasalahan topik. Ditahun sebelumnya ada beberapa batch yang memakai sistem FGD ada yang langsung ke tahapan selanjutnya tanpa mengikuti FGD ini. Untuk berjaga jaga sebaiknya kalian mempersiapkan diri untuk siap tes FGD.

Materi yang akan kalian dapatkan adalah tentang topik prioritas dalam suatu keadaan yang membuat kalian harus memilih untuk memprioritaskan mana terlebih dahulu. Seluruh peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil dan kalian akan diberikan soal dan diisi menurut pengetahuan masing masing yang nantinya akan kamu diskusikan bersama kelompok lain.


Baca Juga >>> Tips Untuk Lolos FGD <<<


  1. Interview Psikologi

Interview kali ini tim psikolog akan mencoba untuk mengulik tentang kepribadian diri kamu melalui serangkaian tes yang telah kamu selesaikan sebelumnya. Jadi usahakan pada saat tes psikotes kamu bisa memberi jawaban sesuai dengan kepribadian yang kamu miliki. Pertanyaan seputar pengenalan diri dan bagaimana komitmenmu dalam bekerja diperusahaan ini nantinya.


Baca Juga >>> Hal yang pantang kamu lakukan saat wawancara <<<


  1. Tes Online

Pada saat tes online ini kamu akan diminta untuk membawa laptop sendiri yang gunanya nanti adalah untuk mengerjakan soal soal tes kepribadian tambahan. Soal yang akan kamu dapatkan hampir sama dengan soal psikotes sebelumnya yang berguna untuk menunjukkan sisi kepribadianmu yang lain.

  1. Interview User Dan Interview Direktur

Pada hari itu juga tahapan akan dilanjutkan dengan interview user dan interview direktur. Di wawancara user MRT Jakarta ini kamu akan dihadapkan dengan 2 orang manager dari bidang yang akan kamu lamar. Pertanyaan seputar pengalaman saat kuliah dahulu, pengalaman organisasi, pengalaman kerja jika kamu memilikinya. Pertanyaan lainnya berhubungan dengan bagian dan posisi yang akan kamu lamar nanti secara teknis.


Baca Juga >>> Tips Sukses Interview Dan Wawancara User


 

Untuk interview dengan direktur jika kamu lolos hari itu juga kamu akan langsung bertemu dengan pimpinan dari perusahaan MRT ini. Pertanyaan hampir sama dengan interview user sebelumnya dan juga untuk penting mengingat ingat tentang tugas akhir yang pernah kamu buat pada saat kamu kuliah sebelumnya. Selebihnya pertanyaan seputar kepribadian diri dan kehidupan sehari hari kamu. Umumnya jalannya wawancara direktur ini lebih santai dan lebih banyak bercerita.


Baca Juga >>> Daftar Pertanyaan Saat Wawancara Kerja Dan Jawabannya <<<


  1. Medical Check Up

Tahapan terakhir adalah tes kesehatan. Tes kesehatan ini lebih baik buat kamu untuk berpuasa 12 jam terlebih dahulu dan banyak minum air putih. Bagi kamu yang merokok juga sebaiknya sudah mengurangi kebiasaan buruk itu. Yang terpenting adalah untuk tidak meremehkan tahapan terakhir ini karena ada juga yang tidak lolos walau sudah dalam tes kesehatan ini. Tes yang akan diperiksa meliputi :

  • Tes fisik, tinggi dan berat badan, mata dan pendengaran
  • Sample darah dan urine
  • Rontgen

 


>>Baca Juga Lowongan Kerja Lainnya<<<


Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.