Seleksi Dan Tahapan MT ( Management Trainee ) Garuda Indonesia

pengalaman seleksi MT Garuda Indonesia

Siapa sih yang gak mau untuk bergabung di perusahaan maskapai penerbangan Garuda Indonesia? Kali ini kita akan membahas tentang rekrutment dari salah satu perusahaan penerbangan terbesar di indonesia yaitu Garuda Indonesia. Yang kita review mengenai seleksi dan tahapan MT (management trainee) Garuda Indonesia. Awalnya kamu semua pendaftar akan masuk menjadi MT, tapi nantinya setelah melewati tahapan ini kamu akan dipisah menjadi beberapa bagian di posisi MT. Oke, berikut tahapan dan seleksinya :

Baca Juga >>> Program Management Trainee Adalah ? <<<

  1. Seleksi Administrasi

Tahapan awal yang mudah namun menetukan bagi kamu untuk bisa lanjut keseleksi lainnya. Penuhi semua persyaratan dan berkas yang diminta dengan mengirimkan ke website resmi dari Garuda Indonesia. Pastikan kamu tidak salah memilih posisi yang diinginkan.

  1. Tes Online Aptitude Test

Seperti namanya, tes online ini bisa kamu kerjakan dimana saja asalkan terhubung dengan jaringan internet yang stabil. Meskipun online pastikan kamu tidak curang atau mencari cari jawaban di internet sewaktu tes berlangsung. Dikarenakan jumlah soal yang banyak dengan waktu yang cukup singkat. Pastikan untuk fokus dalam materi soal online ini. Materi soalnya berupa :

  • Tes matematika dasar
  • Tes deret angka
  • Tes bahasa inggris (seperti TOEFL)
  • Tes verbal dan tes psikotes kepribadian diri.
  1. Tes Assessment

Tahapan assessment day ini merupakan penentuan kamu akan ditempatkan diposisi apa nantinya jika kamu diterima di Garuda ini. Assessment day ini mungkin hampir mirip dengan FGD (Focus Group Discussion) yang ada diperusahaan lain. Ada 2 sesi yang akan kamu jalani yaitu:

  • Studi Case

Awalnya kalian akan diberikan materi contoh kasus berupa soal prioritas. Materinya juga termasuk angka angka dan data. Kalian disuruh untuk menganalisa dari berbagai pilihan yang ada. Temukan solusi secepat mungkin  dengan analisa data yang baik. Setelah itu kalian diharuskan membuat laporan diword dan power point untuk dipresentasikan nantinya didepan tim HRD Garuda.

Setelah semua kandidat selesai presentasi, seluruh kandidat akan dikumpulkan untuk dibagi menjadi beberapa kelompok guna berdiskusi untuk memecahkan kasus yang diberikan dan juga dipresentasikan bersama untuk adu argument kepada kelompok lainnya. Materinya hampir sama yaitu soal prioritas.

  • Interview HRD dan Psikolog

Pertanyaan seputar kehidupan pribadi dan pengalaman apa saja yang kamu dapat selama ini. Saran saya jadilah diri anda sendiri.

  1. Bussiness Case Study

Ditahapan ini kamu akan bertemu dengan beberapa tim user yang akan mengujimu dan masih sama dengan tahapan sebelumnya kamu diharuskan menyelesaikan contoh case study dan harus presentasi dihadapan para user. Laporan, presentasi dan tanya jawab interview menggunakan bahasa inggris. Soal casenya juga merupakan soal data dan analisa dari permasalahan yang ada di Garuda Indonesia.

  1. Medical Check Up

Pada tahapan ini seperti biasa yang dites adalah kesehatan kalian secara fisik dan jasmani. Tesnya berupa sample darah, sample urin, tinggi badan, berat badan, rontgen, pernapasan dan paru paru. Sebelum tes ada baiknya jika kamu tidak begadang dan perbanyak minum air putih. Pastikan pula untuk makan dengan pola makan yang teratur.

  1. Pantuhir

Pada tahapan ini kamu akan diberikan pekerjaan rumah yang harus kamu persiapkan sebelum bertemu dan presentasi lagi. Kamu akan diberikan materi dan soal untuk kamu analisa kembali dan mencari solusi dari masalah tersebut. Buat laporan dan juga buat presentasi dari soal yang diberikan. Soalnya berupa permasalahan yang sering dihadapi tiap divisi yang sedang kamu lamar ini. Laporan dan presentasinya masih sama menggunakan bahasa inggris. Kamu nantinya akan bertemu langsung dengan beberapa orang atasan dan Direksi langsung dari Garuda Indonesia.

Ini merupakan tahapan terakhir sekaligus penentu kamu diterima atau tidaknya. Tidak sedikit juga yang gagal dalam tahapan ini karena sudah terlalu percaya diri masuk ditahapan akhir. So be humble guys.

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.