Wajib Tahu ! Sales Representative adalah ? Tugasnya

By On Thursday, March 19th, 2020 Categories : Tips Kerja

Ada satu bidang yang terkadang banyak orang bertanya mengenai maksud dan tugas tugasnya seperti SR. Sales representative adalah seseorang yang bertugas untuk menjual suatu produk barang dan jasa dari perusahaan tertentu serta menjelaskan kegunaan dan fungsi serta membawa citra baik perusahaannya.

Sales Representative adalah

Sales sendiri adalah penjualan serta representative adalah mewakili atau mempresentasikan ulang atau menggambarkan ulang. Jadi kamu secara tidak langsung adalah memiliki tugas utama yaitu sebagai ujung tombak yang mana juga sebagai perwakilan dari perusahaan dimata konsumen atau klien.

Berbeda dengan seorang salesman, maka Sales Representative ini tidak bergantung dengan target melulu saja. Para SR ini biasanya juga selain berurusan dengan target penjualan, mereka juga harus berhadapan dengan bagaimana produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan bisa memiliki reputasi yang baik dimata masyarakat.

Jika kamu sedang menjalani proses tahapan interview atau rekrutment untuk posisi ini maka sangat tepat sekali bagi kamu membaca mengenai tugas dan tanggung jawab dari Sales Representative itu seperti apa langsung dari orang yang sudah berpengalaman. Kami juga akan membahas mengenai gaji Sales Representative ini juga.

Baca Juga >>> Cara Menjadi Marketing Pemula Yang Profesional <<<

Tugas Utama Sales Representative

Ada banyak sekali tugas yang harus dikerjakan dari Sales Representative. Berikut ini akan kita bahas satu persatu mengenai tugas utama yang harus dikerjakan bagi posisi ini :

  1. Memasarkan Produk Dengan Target Penjualan Yang Sudah Ditetapkan

Ini merupakan tugas yang paling utama dan harus dicapai oleh seorang sales representative yaitu bisa memasarkan produk dan jasa kecalon konsumen atau klien. Memasarkan disini adalah menjual produk secara berkala ke konsumen baik calon konsumen maupun kekonsumen yang sudah berlangganan.

Setiap perusahaan pastilah memiliki target yang ditetapkan kepada para sales. Dan target yang ditetapkan juga berbeda beda. Hal ini yang membuat tantangan besar yang ada dibidang dan posisi ini yaitu mencapai target.

Sebagai seorang ujung tombak dari perusahaan, sales representative sangatlah erat dengan target penjualan. Bagaimana cara kamu bisa menyakinkan calon konsumen bahwa produk yang kamu bawa ini lebih baik daripada kompetitor menjadi tantangan diposisi ini.

  1. Mencari Klien Atau Konsumen Baru

Selain followup klien lama, kamu juga memiliki fungsi dan tugas lain dalam mencar konsumen langsung ataupun calon pelanggan. Banyak cara untuk bisa mencari klien baru dan setiap perusahaan memiliki metodenya masing masing.

Untuk sales representative lapangan biasanya dengan cara canvasing atau menawarkan langsung (direct selling) kekonsumen secara tatap muka. Namun dengan seiring berjalannya waktu dan teknologi, banyak juga perusahaan yang menggunakan telemarketing untuk menawarkan produk dan jasa yang mereka miliki.

Telemarketing ini bisa melalui media sosial, email, ataupun menelephone secara langsung konsumen yang akan ditarget. Namun terkadang cara canvasing jauh lebih efektif untuk penawaran produk barang.

  1. Branding Knowlage atau Pengenalan Produk

Pengenalan produk ini menjadi hal yang utama juga selain penjualan produk dan jasa. Sales representative harus bisa memastikan bahwa produk dan jasa yang ditawarkannya bisa dikenal oleh konsumen dengan harapan suatu saat konsumen akan melakukan pembelian terhadap produk tersebut.

Sebelumnya seorang sales harus mengetahui produknya dengan baik agar pada saat penyampaian bisa menyampaikan bagaimana keunggulan dari produk dan jasa yang ditawarkan dibanding dengan kompetitornya.

  1. Brand Awareness

Brand awareness adalah bagaimana seseorang bisa mengetahui dan mengenali sebuah produk atau merek berdasarkan produk yang dipromosikan oleh sales representative tersebut.

Jadi selain mengejar target penjualan seorang SR juga harus bisa mengenalkan produk dan jasa dari perusahaannya kepada masyarakat yang seorang calon konsumennya.

  1. Memberikan Kepercayaan dan Hubungan Baik

Setiap barang yang ditawarkan haruslah mendapatkan kepercayaan dari perusahaan ke konsumen. Disinilah peran seorang representative dalam memberikan rasa aman dan percaya terhadap produk yang telah dibelinya.

Menjaga hubungan baik juga harus dan tetap dilakukan karena memungkinkan konsumen akan melakukan repeat order terhadap produk produk perusahaan dimasa yang akan datang. Menjaga hubungan baik ini juga berguna untuk membantu kita agar konsumen merekomendasikan produk kita kepada rekan atau teman temannya.

  1. Sebagai Pengendali Komplain

Jika ada produk kita yang secara tidak sadar cacat, maka sering kali konsumen akan komplain keperusahaan. Agar tidak bertambah besar dan berlarut larut maka sebagai sales representative juga berfungsi untuk handle komplain dari konsumen.

Pentingnya menangani komplain adalah agar menjaga nama baik perusahaan dimata konsumen dan memberikan solusi yang terbaik ketika konsumen merasa tidak puas.

  1. Pengiriman dan Pengembalian Produk atau Retur

Seorang representative juga harus membantu dalam hal proses pengiriman barang ketangan konsumen serta mengatur masalah retur juga. Meskipun ada tim sendiri yang menangani, tetapi dengan bantuan yang diberikan akan mengurangi kesalahan teknis yang akan timbul nantinya.

Sebagai ujung tombak perusahaan seorang representative harus bisa mengontrol semua alur proses bagaimana produk bisa sampai ketangan konsumen dengan aman dan nyaman untuk menghindari komplain dan kesalahan teknis lainnya.

  1. Menjaga Nama Baik Perusahaan Dimata Konsumen

Ini adalah tanggung jawab yang harus diemban seorang sales representative. Karena posisi adalah ujung tombak dan selalu bersinggungan dengan konsumen, maka posisi harus bisa menjaga nama baik dan reputasi dari perusahaan.

Seemosi apapun hal yang dihadapinya, namun demi menjaga nama baik seorang representative harus bisa mementingkan nama baik daripada yang lainnya dimata konsumen. Karena jika nama baik tidak dijaga maka akan besar kemungkinan konsumen berpindah ke kompetitor lain.

Baca Juga >>> Contoh Personal Selling Brand <<<

Tanggung Jawab Sales Representative :

  1. Mencapai hasil penjualan produk dan jasa sesuai target yang ditetapkan
  2. Meningkatkan omset penjualan produk dan jasa
  3. Memberikan pengenalan produk kepada konsumen
  4. Memastikan segala proses penjualan sudah berjalan sesuai dengan SOP perusahaan
  5. Menjaga nama baik perusahaan dimata konsumen

Kualifikasi Untuk Menjadi Seorang Sales Representative

  1. Berasal dari segala jurusan (namun jurusan komunikasi akan menjadi nilai plus)
  2. Sanggup mencapai target yang ditetapkan
  3. Memiliki skill mempengaruhi seseorang
  4. Memiliki passion dan mental yang kuat
  5. Supel, ramah dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru

Baca Juga >>> Lengkap ! 7 Pertanyaan Interview Sales Marketing Beserta Jawabannya <<<

Peran Seorang Sales Representative

Menjadi perwakilan perusahaan dalam meluncurkan produk baru kepada konsumen serta memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada produk baru ataupun perubahan dari produk lama sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Membuat jadwal promosi untuk menentukan program kerja dalam hal canvasing ke outlet yang ada atau kekonsumen potensial.

Dari penjelasan diatak diharapkan kamu bisa mengerti mengenai sales representative adalah dan tugas serta tanggung jawab dari seorang sales representative. Untuk masalah gaji biasanya Sales sudah diatas gaji UMR tiap kota dan akan mendapatkan tunjangan yang lebih besar daripada posisi lainnya didalam perusahaan. Terima kasih semoga terbantu dengan artikel dari kami.

Wajib Tahu ! Sales Representative adalah ? Tugasnya | tipskerja | 4.5