Prospek kerja dan Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan

Prospek kerja dan Alasan Memilih Jurusan Ekonomi Pembangunan

Apa sih alasan memilih jurusan ekonomi pembangunan ? Tahukah kamu mengapa jurusan ekonomi pembangunan menjadi salah satu jurusan favorit di berbagai universitas di indonesia? selain karena prospek kerja jurusan ekonomi pembangunan yang sangat luas, ekonomi pembangunan juga sangat dibutuhkan diberbagai perusahaan. Perusahaan mana yang tidak memiliki bidang dan posisi ekonomi didalamnya?
Jurusan ini menjadi yang paling banyak diminati bagi kamu yang ingin menggeluti di bidang akuntansi. Berikut alasan dan ulasan mengapa kamu yakin memilih jurusan di ekonomi pembangunan sebagai prospek kerja kedepanya? yuk disimak.

1. Menjadi kunci peranan dalam dunia bisnis

Dalam dunia bisnis harus berkaitan erat dengan dunia ekonomi. Dan bidang ekonomi ini merupakan bagian yang vital dalam perkembangan bisnis khususnya di perusahaan. Masyarakat tidak bisa lepas dari masalah ekonomi, begitupun dalam dunia bisnis. Maka dari itu ilmu penerapan dalam ekonomi pembangunan dapat membantu di perkembangan bisnis kedepannya.

2. Lulusannya akan memiliki peran yang baik

Setelah lulus, para lulusan ekonomi pembangunan bisa mendapatkan peranan yang baik dalam perusahaan. Para bankir dan akuntan merupakan lulusan ekonomi yang memiliki peran vital dalam perusahaan. Lulusannya akan sangat dibutuhkan baik di dalam negara maupun di dunia perdagangan global. Perkembangan dunia ditentukan juga oleh ekonomi perdagangan. Hal ini juga dibutuhkannya ilmu ekonomi dalam mengelolanya.

3. Ilmu yang fleksibel

Ilmu ekonomi pembangunan merupakan ilmu yang fleksibel dan bisa diterapkan untuk keperluan bisnis apa saja. Bukan Cuma untuk perusahaan, Kamu bisa menggunakannya untuk keperluan buka usaha dan menciptakan lapangan kerja baru.
Dengan memiliki ilmu ekonomi maka kamu sudah memiliki bekal dan skil untuk bisa memulai usaha baru. Jika kamu ingin menjadi seorang pengusaha, maka harus dibarengi dengan ilmu yang pas. Ekonomi pembangunan ini menjadi dasar dalam bagaimana mengatur dan mengelola besar modal dan untung rugi dalam memulai sebuah bisnis. Banyak enterpreneur muda yang berangkat menjalani bisnis dengan bermodalkan ilmu ekonomi yang mereka terapkan. Hal ini juga yang menjadikan jurusan ekonomi pembangunan menjadi incaran lulusan sma baru untuk mendaftar dijurusan ini.
Bukan hanya teoritis saja. Ilmu ekonomi juga bisa diterapkan dalam praktek kerja sehari hari. Seperti seorang pengusaha yang membutuhkan hitungan akuntansi dalam mengelola laba dan ruginya. Hal inilah yang membuat ilmu ekonomi pembangunan menjadi ilmu yang aplikatif dan bisa diterapkan diberbagai hal untuk membantu pekerjaan bisnis khususnya.

4. Selalu diminati dalam dunia kerja

Seperti yang kita bahas sebelumnya, perusahaan mana yang tidak memiliki bidang ekonomi dalam posisi kerjanya? Hal ini bisa kamu lihat di berbagai lowongan kerja, bahkan dalam sebuah jobfair banyak yang membutuhkan jurusan ekonomi untuk mengatur keuangan diberbagai perusahaan.
Prospek kerja ekonomi pembangunan cukup dibilang sangat menguntungkan bagi kamu yang merupakan lulusan jurusan ini. Apalagi dengan link dari berbagai alumni universitas terkemuka di indonesia semakin menambah mudah dalam mencari kerja dan merupakan prospek kerja yang bagus.

5. Memiliki jenjang profesi yang sesuai

Jika kamu berfikiran untuk melanjutkan studi setelah S1, ilmu ekonomi pembangunan bisa ditempuh sampai ke jenjang doktor untuk jenjang profesinya dan banyak yang menyediakan untuk program studi tersebut. Jadi kamu tidak sulit untuk menentukan setelah S1 mau mengambil studi apalagi dalam menuntut ilmu kedepannya.

6. Ilmu yang tak lekang oleh waktu.

Ada beberapa jurusan yang semakin berubahnya jaman yang semakin maju, maka lama kelamaan bidang dan jurusan itupun juga sulit berkembang. Namun beda halnya dengan ilmu ekonomi pembangunan. Mau seperti apa perkembangan jaman saat ini, selalu dan akan dibutuhkan dalam perkembangan bisnis kedepannya. Jadi mempelajari ilmu ekonomi bisa selalu dipakai meskipun jaman yang kita alami mengalami perubahan.

7. Jurusan yang lebih terjangkau

Banyak juga yang memilih jurusan ini dikarenakan biaya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan jurusan lainnya seperi kedokteran dan teknik. Namun jika melihat sisi positif yang sudah kami sebutkan diatas jurusan ini bisa menjadi jurusan andalan yang juga dibutuhkan dalam berbagai perusahaan. Biaya juga menjadi salah satu yang terpenting, mengingat mencari ilmu juga perlu memikirkan soal biayanya.

Berikut diatas 7 alasan memilih jurusan ekonomi pembangunan dan bagaimana prospek kerja kedepannya yang biasanya menjadi favorit bagi calon mahasiswa yang ingin berkarir didunia ekonomi. Semoga bisa menjadikan referensi yang positif dengan adanya alasan diatas dan berguna buat kamu semua dalam memilih karir dan masa depan. Selamat berjuang ya.

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.