Pertanyaan & Jawaban Interview Tentang Digital Marketing

pertanyaan tentang digital marketing

Pertanyaan tentang digital marketing yang harus kamu persiapkan ketika akan melamar kerja di bagian marketing khususnya digital marketing. Kali ini tipskerja akan membahas seputar cara melamar posisi digital marketing beserta jawabannya yang mungkin bisa membantu kamu dalam menghadapi tes rekrutment kerja.

Selain hal hal teknis yang harus kamu kuasai, kamu juga harus tahu mengenai seluk beluk untuk posisi ini. Karena memang posisi digital marketing ini adalah bidang baru yang ada pada zaman sekarang ini.

Untuk itu kami sudah persiapkan beberapa pertanyaan seputar posisi ini ketika kamu di interview kerja.

Contoh Pertanyaan Tentang Digital Marketing Pada Saat Interview Kerja

Ada 5 pertanyaan yang harus kamu persiapkan khusus untuk posisi ini. Contoh pertanyaan ini melingkupi tentang teknis dan non teknisnya. Berikut daftar pertanyaannya beserta jawabannya.

  1. Menurut Kamu Apa Itu Digital Marketing ?

Ini pertanyaan yang pasti ditanyakan pertama pada saat wawanacara kerja untuk posisi tersebut yaitu “apa yang kamu ketahui dengan bidang ini ? / apa yang kamu ketahui seputar digital marketing ?”

Sebelumnya kamu harus tahu dan riset mengenai pertanyaan beserta jawabannya. Dan kalu bisa sampaikan pendapat kamu mengenai digital marketing versi kamu seperti apa.

Contoh : “Menurut saya digital marketing adalah cara promosi dan pemasaran terbaru yang mengandalkan media digital sebagai alatnya seperti iklan online, google ads, facebook ads dan lain lain”

Kamu bisa memberikan pendapat lainnya seputar posisi ini atau juga berdasarkan pengalaman kerja kamu. Jangan lupa untuk cari tahu mengenai kualifikasinya terlebih dahulu. Jangan sampai maksud digital marketing yang kamu jelaskan berbeda dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Baca Juga >>> Contoh Email Marketing Yang Menarik <<<

  1. Sebutkan Contoh Digital Marketing yang Kamu Kuasai ?

Meskipun tidak langsung dibuktikan secara teknis, namun kamu harus menguasai beberapa istilah istilah dalam posisi ini. Yang paling popular dan sering digunakan adalah google ads dan facebook ads.

Jadi kamu bisa menjelaskan mengenai kedua jenis metode yang kamu kuasai. Dan kalau bisa kamu berikan beberapa contoh campaign yang pernah kamu kerjakan sebelumnya.

Contoh menjawabnya : “Saya sering menggunakan facebook ads untuk beriklan produk yang saya jual di facebook dan instagram saya, dan lumayan laku meskipun sampai tahap ini saya masih perlu belajar banyak lagi. Untuk google ads saya pernah mencoba sekali namun menurut saya untuk menjual produk masih lebih baik menggunakan facebook ads karena ….. …..”

“Saya juga beberapa kali mengikuti khursus pelatihan facebook ads dan seminarnya juga meskipun tidak ada sertifikat dari lembaga yang saya ikuti”

Baca Juga >>> Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Telemarketing Yang Perlu Kamu Ketahui <<<

  1. Sebutkan Tools Yang Berguna Untuk Digital Marketing

Ada beberapa tools yang bisa menunjang aktifitas digital marketing kamu. Salah satunya adalah Google Analytics, Google Ads, Ahrefs SEO Tools, Semrush dan lain lainnya yang sering kamu gunakan.

tools google analytics untuk digital marketing

Jika kamu tidak tahu tools tersebut paling tidak kamu pernah mendengarnya dan cari tahu apa saja sih tools yang diperlukan untuk posisi ini. Kamu bisa riset di internet untuk kegunaan tools diatas.

Baca Juga >>> Cara Menjadi Marketing Pemula Yang Profesional <<<

  1. Selain Digital Marketing Apa Lagi Yang Kamu Kuasai ?

Ini adalah pertanyaan lanjutan dari pertanyaan diatas tadi. Jadi biasanya HRD atau user juga akan menanyakan apa lagi sih keahlian yang kamu miliki selain yang kamu sebutkan diatas?

Nah kamu harus bisa menggali potensi dan skill kamu disini dan juga sebutkan pula contohnya seperti apa projek yang pernah kamu tangani.

Contohnya : “Selain keahlian diatas, saya juga bisa membuat content marketing, SEO website juga saya sedikit tahu, dan juga masih belajar juga untuk pembuatan website dengan wordpress. Sebagai contoh saya memiliki website sendiri yang saya kembangkan bernama tipskerja.com “

“Keahlian lainnya saya sedikit tahu mengenai desain grafis dan pengolahan vector dengan menggunakan corel draw”

Dengan begitu ada nilai tambah yang kamu berikan berdasarkan skill yang kamu miliki dan user bisa lebih tertarik untuk memperkerjakan kamu.

Baca Juga >>> Lengkap ! 7 Pertanyaan Interview Sales Marketing Beserta Jawabannya <<<

  1. Apa Campaign Yang Pernah Kamu Kerjakan Di Digital Marketing

Ini sudah masuk kebagian teknis untuk interview kerja. User ingin mengetahui seberapa besar pengalaman kamu dibidang ini beserta pencapaianmu.

Kamu bisa menjawabnya seperti ini :

“Saya pernah mempromosikan dengan iklan untuk campaign promosi produk yang saya jual yaitu dompet kulit. Saya memilih menggunakan facebook ads yang bertujuan untuk menciptakan sales penjualan produk. Saya habiskan budget sekitar Rp 20.000 perharinya dan tiap hari ada sekitar 2-3 produk yang laku terjual”

“Meskipun dengan budget sedikit, namun bisa saya maksimalkan untuk iklan dan bisa untung antara Rp 50.000 – Rp 100.000 untuk tiap produknya. Saya juga pernah beriklan di google ads untuk mempromosikan kantor saya yang lama agar bisa muncul di page one google untuk kata kunci “Training Manajemen HRD” dan ternyata dengan adanya iklan bisa mendatangkan visitor untuk menuju ke landing page kantor”

Baca Juga >>> Pengertian, Fungi, Jenis, Manfaat, Strategi Mobile Marketing <<<

Penutup

Itu tadi pertanyaan tentang digital marketing saat interview yang bisa kamu jadikan gambaran sebelum menghadapi tes interview kerja untuk posisi tersebut. Jika kamu sudah berpengalaman maka tidak ada hal yang sulit dan kami rasa pertanyaan diatas adalah pertanyaan biasa yang bisa dijelaskan dengan mudah.

Semoga artikel tentang digital marketing diatas bermanfaat buat kamu dan semoga berhasil mendapatkan karir impianmu. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *