Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate

Halo sobat tipskerja. Bagi kamu yang baru lulus atau fresh graduate perlu sekali untuk menambah wawasan soal tahapan dan tes dari mulai psikotes sampai ke interview kerja. Kali ini tipskerja akan membahas mengenai beberapa pertanyaan interview kerja fresh graduate.

Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate

Interview merupakan salah satu momok menakutkan bagi beberapa orang. Bahkan bagi yang suka bersosialisasi dengan berbagai orang juga tidak menutup kemungkinan bahwa kamu juga gugup dalam tahapan tes kerja ini.

Baca Juga >>> 7 Tips Untuk Pencari Kerja Fresh Graduate Lengkap <<<

Untuk menghindari gugup dalam tahapan interview kerja mungkin ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum maju ke tahapan interview kerja. Kamus harus siap mengenai pertanyaan apa saja yang mungkin akan di tanyakan oleh pewawancara atau interviewer bagi kamu yang masih fresh graduate. Berikut daftar pertanyaan yang mungkin ditanyakan oleh interviewer :

  1. Ceritakan Tentang Diri anda

Ini merupakan pertanyaan pembuka yang hampir pasti terjadi didalam interview hrd maupun interview user. Kamu bisa menyususn jawaban mengenai perjalananmu sampai saat ini.

  • Nama :
  • Lulusan dan angakatan berapa:
  • Pengalaman organisasi (Jika ada):
  • Pengalaman Kerja (Jika ada, boleh seperti part time, freelance atau kerja projek pada saat kamu masih kuliah bersama dosen atau jika kamu tidak mempunyai pengalaman kerja kamu bisa menceritakan tentang Kerja Praktek Lapangan kamu)
  • Asal kota dan keluarga (optional)
  1. Ceritakan Apa Yang Kamu Ketahui Mengenai Perusahaan Kami.

Sebelum kamu maju ke tahapan interview ada baiknya untuk kamu meriset mengenai perusahaan tersebut, seperti produk yang diolah oleh perusahaan tersebut, jasa yang digunakan sampai dengan gosip gosip yang beredar di kalangan masyarakat.

  1. Mengapa Kamu Melamar Diposisi Ini?

Pewawancara ingin menguji kamu sampai sejauh mana kamu mengerti tentang posisi yang kamu lamar. Ada baiknya juga untuk membaca baca dan belajar mengenai pengetahuan kamu pada saat kamu di bangku kuliah sebelumnya.

Baca Juga >>> Jawaban Interview Motivasi Kerja <<<

  1. Sebutkan Kelebihan Dan Kelemahanmu

Untuk pertanyaan kali ini bisa kamu baca di sini :

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

Semua sudah lengkap termasuk contoh dan jawaban yang mungkin akan sesuai dengan kepribadianmu sendiri.

  1. Sebutkan Rencanamu 5 Tahun Kedepan

Ini juga sering menjadi pertanyaan yang akan diajukan oleh interviewer. Yang terpenting adalah jangan menjawab untuk rencanamu kedepan adalah ingin melanjutkan S2 atau S3 mu. Perusahaan ingin mendapatkan karyawan yang sudah siap bekerja bukan ingin mencari karyawan yang ingin belajar lagi diluar kantor.

Baca Juga >>> Jawaban Interview 5 Tahun Kedepan <<<

  1. Bersediakah Kamu Ditempatkan Di Seluruh Indonesia/Daerah?

Kebanyakan perusahaan multinasional ingin mengembangkan perusahaannya ke berbagai daerah yang dirasa kurang. Maka solusinya adalah orang orang dibawahnya yang siap untuk ditempatkan diseluruh daerah di indonesia atau diluar.

Sebelumnya kamu harus bertanya pada dirimu sendiri mau berkarir di wilayah mana atau mau berkarir diluar zona nyamanmu. Jika ada pertanyaan seperti ini jika kamu ingin lolos ke tahapan selanjutnya maka jawabanmu satu satunya adalah dengan “Bersedia untuk ditempatkan di seluruh indonesia”

  1. Berapa Gaji Yang Kamu Inginkan.

Ini adalah pertanyaan yang gampang gampang susah, dan juga pertanyaan yang menjebak. Usahakan kamu sebelumnya sudah mencari tahu mengenai berapa besar gaji karyawan tersebut.

Usahakan untuk menjawab pertanyaan ini dengan cara:

“Saya kira untuk posisi tersebut dan keahlian saya, saya ingin mendapatkan gaji antara Rp…… sampai Rp…….”

Jadi pewawancara akan lebih fleksibel jika kamu menjawabnya secara range keseluruhannya.

 

Baca Juga >>> Cara Wawancara Yang Baik Dan Benar <<<

Itulah beberapa pertanyaan umum yang sangat sering ditanyakan pewawancara dalam interview untuk fresh graduate. Semoga dapat membantu kamu untuk lolos ketahapan selanjutnya. Silahkan untuk klik iklan yang ada di website ini untuk membantu kami dalam membuat karya yang lebih baik.

Terima kasih semoga lancar buat kamu.

Baca Juga >>> Tips Sukses Interview Dan Wawancara User <<<

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.