Persiapan dan Tahapan Tes Kerja di Google Indonesia

Tes Kerja di Google Indonesia

Siapa sih yang tidak mengenal Google untuk saat ini? Website pencarian terbesar di seluruh dunia yang sistemnya tidak perlu dipertanyakan lagi adalah mimpi bagi semua orang untuk bekerja didalamnya. Berikut ini persiapan tes kerja di Google Indonesia.

Sebelum bermimpi untuk bekerja di perusahaan besar dunia, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu diantaranya :

  1. Publish Portofolio

Jika kamu adalah seorang IT programer atau dibidang lain yang terkait dibidang IT teknologi, maka hal yang harus kamu lakukan adalah sering sering publish portofolio hasil karya dan kerja kamu.

Google secara tidak langsung ketika membutuhkan tenaga kerja atau karyawan, mereka akan mencari terlebih dahulu melalui website website atau forum IT dimana mereka akan mencari seseorang yang benar benar ahli dan mempunyai karya yang nyata dibidangnya.

Coba buat website sendiri yang bertujuan untuk publish karya kamu didalam website tersebut. Kamu bisa memulainya dengan membuat sebuah blog sederhana yang terpenting adalah karya kamu bisa kamu pamerkan disana.

Google sangat jarang sekali mengambil rekrutment dari luar atau publish bahwasannya mereka butuh tenaga ahli. Mereka lebih senang untuk mencari orang orang yang memang sudah ahli dibidangnya melalui forum publish IT. Kamu bisa cari sendiri.

  1. Selalu Update LinkedIn

Untuk persiapan kedua kamu harus selalu update ke LinkedIn. Banyak yang mendapatkan pekerjaan melalui website linkedin ini. Ini semacam website media sosial untuk kaum profesional baik dari karyawan atau perusahaan lainnya biasanya mencari di situs ini.

Update profil dan keahlian kamu didalamnya. Kamu juga bisa memberikan link yang menuju kesitus atau blog kamu yang menampilkan portofolio hasil karya kamu.

Banyak kasus beberapa orang yang justru mendapatkan tawaran untuk mengikuti proses seleksi tes masuk kerja dari google atau perusahaan lainnya melalui LinkedIn.

Jadi tidak ada salahnya untuk terus update di situs ini sembari memperbanyak portofolio kamu.

  1. Perbaiki CV (Curriculum Vitae) Kamu

Jika kamu memang ingin mengirimkan CV ke kantor google indonesia, maka hal yang harus kamu lakukan adalah memperbaiki CV kamu sebelum dikirimkan.

Ini juga berlaku bagi kamu yang mendapat tawaran untuk mengikuti proses seleksi di Google indonesia. Ada baiknya untuk memperbaiki CV yang saat ini kamu buat.

Kerena google menggunakan mesin untuk menyeleksi CV atau resume yang masuk keperusahaannya. Dan cara kerja mesin juga sangat berbeda jika dibanding dengan seleksi dari manusia langsung.

Yang harus kamu perhatikan adalah :

  • Karena cv yang masuk jelas banyak, maka google menggunakan algoritma sendiri dengan mesin seleksinya. Maka dari itu kamu harus membuat CV yang mudah dibaca oleh mesin.
  • Buat CV yang bersifat plain text lebih baik untuk mesin google
  • Kamu juga bisa menggunakan bantuan google resume builder untuk masalah editingnya.
  • Gunakan kalimat yang jelas dan baku.
  • Jangan menggunakan banyak kalimat panjang yang akan menyusahkan dalam proses seleksi
  • Gunakan poin poin penting yang kamu bisa masukkan kedalam CV

 

Untuk tahapan Rekrutment Google Indonesia adalah :

  1. Tahap 1 Phone Interview

Sebelum menuju ketahapan interview pertama kamu harus belajar kembali mengenai konsep programer jika kamu memang mendaftar di bagian itu. Karena nantinya akan ada pertanyaan teknis mengenai pengetahuan kamu diposisi tersebut.

Phone interview ini menggunakan google hangout sebagai medianya. Kamu bisa menyesuaikan untuk jadwal interviewnya kapan dan dijam berapa kamu bisa dihubungi oleh pihak technical recruiternya.

Pada interview ini pihak recruiternya akan menjelaskan mengenai alur kerja di google seperti apa serta jobdesk yang akan kamu kerjakan diposisi tersebut.

Mereka akan menanyakan juga mengenai apakah pengalaman atau portofolio kamu sudah sesuai dengan apa yang ditawarkan oleh google? dan mereka akan mengetesnya langsung mengenai pengetahuan apa yang kamu miliki.

Pertanyaan lainnya seputar pengetahuan bahasa pemrograman apa yang paling kamu kuasai saat ini antara Java atau bahasa C ? Google lebih menggunakan kedua bahasa pemrograman ini dan juga bahasa pyhthon juga untuk project tertentu.

  1. Tahap 2 Phone Screen Interview

Pada tahapan ini lebih ke arah live coding dengan bantuan google docs. Percakapan juga dilakukan dengan google hangout dan kamu akan diberikan contoh kasus coding dan bagaimana kamu menyelesaikannya.

Pada tahapan ini kamu akan langsung berhadapan dengan software engineer dari google langsung dan bertanya mengenai hal yang lebih spesifik dan teknisnya.

Jadi persiapkan diri kamu untuk lebih belajar mengenai coding.

Penutup

Itu tadi beberapa tips dan trik jika kamu memang berminat untuk bekerja di Google. Terus berlatih dan asah kemampuan kamu dan berkaryalah sebaik mungkin.

Biarkan google atau perusahaan lain yang akan mencari kamu karena memang keahlian kamu yang dicari. Terima kasih semoga membantu

>>> Contoh Perkenalan Diri Dalam Bahasa Inggris Lengkap dan Panjang <<<

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *