Pengertian, Fungi, Jenis, Manfaat, Strategi Mobile Marketing

pengertian mobile marketing

Kali ini kita akan membahas mengenai mobile marketing dimulai dengan pengertian mobile marketing, fungsinya, jeni jenis mobile marketing, strategi mobile marketing itu apa saja dan masih banyak lagi seputaran jenis marketing yang sedang banyak digunakan di perusahaan.

Mobile Marketing

Mobile marketing menjadi salah satu jenis cara marketing terbaru saat ini yang sering digunakan oleh banyak perusahaan. Kalau dahulu biasanya mobile marketing menggunakan SMS untuk penggunaanya dan saat ini sudah banyak fitur yang mendukung untuk mobile marketing ini melalui smartphone.

Kita akan bahas satu persatu mengenai jenis pemasaran berikut ini sehingga kamu bisa mengetahui keuntungan dan kelebihan dari marketing jenis ini. Serta bagaimana memanfaatkannya menjadi hal yang menarik untuk dibahas.

  1. Pengertian Mobile Marketing Secara Umum

Jelaskan yang dimaksud dengan mobile marketing ? Pengertian mobile marketing adalah salah satu bentuk model pemasaran dimana cara berkomunikasinya lebih menggunakan perangkat mobile atau smartphone agar lebih menjangkau lebih banyak audiens dan lebih efisien dalam penggunaannya.

Atau jika di singkat adalah marketing yang mengandalkan smartphone dalam pekerjaannya dan menggunakan aplikasi tertentu.

  1. Manfaat Menggunakan Mobile Marketing Untuk Bisnis

Lalu apa saja sih manfaat dan Apa saja keuntungan mobile marketing? Sangat banyak sekali dan saat ini hampir setiap perusahaan telah mengganti cara marketing mereka dengan menggunakan mobile marketing.

Berikut ini keuntungan mobile marketing :

  • Proses pemasaran produk lebih murah karena tidak ada biaya pencetakan, pengiriman, iklan dan lainnya.
  • Kegiatan pemasaran lebih cepat dan tertarget jika sudah memiliki data klien yang ingin dihubungi
  • Hampir 90% konsumen atau klien menggunakan smartphone sehingga proses marketing bisa lebih cepat tersampaikan
  • Mendapatkan respon dari konsumen / klien yang lebih cepat daripada menggunakan media marketing lainnya
  • Bisa lebih berinteraksi dengan konsumen / klien serta bisa lebih memahai apa yang diinginkan oleh konsumen
  1. Strategi Mobile Marketing

Berikut ini kita akan membahas hal teknis mengenai : sebutkan strategi mobile marketing apa yang biasanya diterapkan oleh perusahaan atau bisnis kepada konsumen / kliennya.

Ada banyak strategi dari jenis marketing ini yang bisa kamu contoh dalam penerapannya seperti :

  • Menggunakan sistem broadcast kepada konsumen dan klien dengan aplikasi chating seperti whatsapp, telegram, line dan lainnya.

Hal ini untuk mempermudah jaringan komunikasi kepada klien dengan cara mengirim promosi produk dan jasa yang ingin ditawarkan.

  • Menggunakan media sosial untuk promosi

Mobile marketing tidak jarang juga menggunakan media sosial marketing dalam menjaring konsumennya atau hanya sekedar mempromosikan produk dan jasa yang ditawarkan.

  • Menggunakan website resmi perusahaan sebagai landing page setelah melakukan promosi produk atau jasa

Setiap perusahaan wajib memiliki website resmi yang berguna untuk menunjang apa yang telah dipromosikan oleh marketing.

  • Tetap menggunakan telepon dan sms dalam strategi marketingnya

Meskipun ini termasung kedalam telemarketing, tapi ini juga menjadi bagian dari pemasaran menggunakan mobile.

Baca Juga >>> Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Telemarketing Yang Perlu Kamu Ketahui <<<

  • Menggunakan email untuk mengirimkan proposal penawaran yang lebih lengkap dan detail

Strategi pemasaran yang sampai saat ini masih digunakan karena memang kegunaannya yang sangat profesional dibanding menggunakan media lainnya.

Baca Juga >>> Contoh Email Marketing Yang Menarik <<<

  1. Jenis Jenis Aplikasi Mobile Marketing

Jenis jenis aplikasi mobile marketing yang sering digunakan dan wajib diketahui oleh pebisnis dalam menerapkan mobile marketing yang lebih luas. Berikut contoh aplikasinya

  • Google Drive

Aplikasi dari google ini sangat membantu untuk melakukan pemasaran kepada konsumen atau klien jika membutuhkan space yang besar. Ini merupakan layanan cloud atau penyimpanan data melalui internet.

Dengan google drive, maka data bisa digunakan, diakses dan dikirim dengan mudah kesesama penggunanya. Selain itu aplikasi ini juga tersedia di seluruh smartphone yang ada baik itu android maupun iphone.

  • WhatsApp Business

Berbeda dengan layanan whatsapp pada umumnya, aplikasi ini sering digunakan untuk penggunaan nomor kantor agar lebih profesional. Dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan promosi seperti mencantumkan website, chat robot otomatis, google maps, fitur jam kerja atau tidak dan fitur fitur lainnya yang tidak ada di aplikasi whatsapp biasa.

  • Google Meet

Aplikasi ini juga dari google yang berfungsi untuk video call antara 1 pengguna dengan pengguna yang lain dengan mudah dan stabil. Aplikasi ini bisa di akses melalui laptop bahkan sudah ada aplikasi yang bisa di download di smartphone.

Baca Juga >>> Contoh Email Marketing Yang Menarik <<<

Penutup

Itu tadi penjelasan mengenai pengertian mobile marketing dan pengetahuan seputar pemasaran menggunakan smartphone atau mobile. Kalau dahulu mobile marketing digunakan untuk broadcast SMS maka saat ini sudah lebih banyak lagi penggunaannya seperti yang dijelaskan diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *