Pengertian dan Tugas Teller Bank Yang Utama

Tugas Teller Bank

teller bank,
teller bank adalah,
teller bank artinya,
Mereka yang bertatap muka langsung mengenai masalah nasabah yang datang ke perusahaan. Oleh sebab itu ada beberapa tugas dan tanggung jawab teller bank di perusahaan yang perlu kamu ketahui sebelum terjun kedalam posisi ini.

Tugas Teller Dalam Perusahaan Perbankan :

  1. Persiapan, sikap dan penampilan

Ada banyak faktor persiapan seperti datang sebelum waktu buka bank dan memastikan semua peralatan kantor berfungsi dengan baik seperti : Komputer, alat cek uang palsu, alat cek jumlah uang, pulpen, printer dan fotocopy serta perlatan pendukung lainnya.

Tak lupa pula untuk masalah penampilan. Dikarenakan teller merupakan posisi garis depan maka penampilan sangatlah penting mulai dari kemeja, celana, rambut, dan jangan lupa menggunakan id card. Sikap juga tidak kalah pentingnya dimana seorang teller bank harus bisa untuk bersikap yang ramah dan solutif kepada nasabah.

  1. Pelayanan setor atau tarik tunai

Seorang teller bank wajib untuk menghitungkan jumlah uang nasabah dan mengkonfirmasikannya kembali ke nasabah yang bersangkutan. Dan yang paling penting adalah segala perhitungan harus didepan nasabah.

  1. Pelayanan pembayaran tunan dan non tunai

Pelayanan pembayaran yang dilakukan nasabah yang bertransaksi merupakan tugas utama dari teller bank. Setelah pembayaran maka diperlukan update data transaksi ke sistem komputer database yang kemudian menyerahkan slip kuitansi ke nasabah untuk ditanda tangani sebagai bukti pengesahannya.

  1. Pelayanan transaksi keuangan lainnya

Transaksi keuangan lainnya seperti cek dan deposito uang tunai serta pemeriksaan apakah slip setoran sudah sesuai dengan kebutuhannya, serta transaksi legalitas dokumen cek.

  1. Pelayanan komplain dan penjelasan produk

Pasti ada beberapa nasabah yang merasa dirugikan mengenai jumlah tabungan mereka seperti masalah perbedaan mengenai rekening mereka. Pelayanan komplain ini merupakan tugas utama dari seorang teller bank selain posisi cutomer service.

Adapun tugas lainnya seperti menjelaskan beberapa produk transaksi keuangan lainnya untuk kebutuhan nasabah seperti wesel, cek kasir, obligasi tabungan dan lainnya.

  1. Pelayanan lainnya

Pelayanan ke nasabah lainnya seperti pemesanan kartu bank baru dan pengecekan, memproses pelayanan pembukaan rekening baru dan rencana tabungan, menghitungkan biaya transaksi untuk mata uang asing dan sebagainya.

  1. Dokumentasi Transaksi

Setiap transaksi yang masuk hari itu maka wajib di dokumentasikan atau di update kedalam database nasabah dan perusahaan guna mempertahankan informasi berharga dalam bentuk tertulis maupun secara elektronik.

Baca Juga >>> Tugas dan Fungsi Account Officer (AO) Di Perusahaan Perbankan <<<

Berikut diatas merupakan beberapa job desk dari teller di perusahaan perbankan. Untuk kamu yang merasa cocok dalam hal pelayanan kepada pelanggan atau nasabah, mungkin karir dan posisi ini bisa kamu coba untuk karir kedepanmu. Intinya adalah seorang teller bank merupakan cerminan dalam produk dan pelayanan perusahaan perbankan. Kamu harus bisa menjadi seseorang yang ramah dan bisa menjadi orang yang solutif bagi masalah nasabah.

Baca Juga >>> Arti, Tugas dan Tanggung Jawab Relationship Officer Secara Lengkap <<<

pict by : pixabay

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.