Pengalaman Tes Seleksi ExxonMobil

pengalaman tes exxonmobil

ExxonMobil Oil Indonesia merupakan perusahaan minyak dan gas bumi yang berasal dari amerika. Kali ini tipskerja akan review mengenai pengalaman dan tahapan tes seleksi dari ExxonMobil ini. Berikut tahapannya:

  1. Seleksi Berkas

Kamu akan diminta untuk mengupload beberapa berkas penting untuk menjadi bahan pengajuan oleh tim HRD ExxonMobil. Mulai dari transkip, ijazah, sampai dengan penghargaan yang pernah kamu terima, bisa sertifikat atau yang lainnya. Usahakan juga membuat CV dalam bahasa inggris dan fokuskan CV untuk kelebihanmu, skill dan penghargaan tadi. Buatlah juga cover latter dalam bahasa inggris juga.

  1. Interview Pertama

Untuk tahapan selanjutnya adalah tes interview atau wawancara. Kamu akan berhadapan dengan 2 orang tim hrd langsung dari ExxonMobil. Interview menggunakan bahasa inggris langsung. Pertanyaan seputar kehidupanmu sehari hari dan penjelasan tentang diri kamu sendiri, mulai dari pendidikan, pengalaman organisasi, pengalaman kerja dan sebagainya. Pertanyaan lainnya seputar tugas akhir kamu dan mengapa mengambil tema tersebut.

  1. Tes TOEIC

Bagi yang belum tahu mengenai tes ini bisa kalian cari di google atau kaskus mengenai tes ini. Bagi yang sudah pernah menjalankan tes TOEFL mungkin akan sedikit lebih membantu kamu. Ada 2 sesi dalam tes ini yaitu listening dan reading. Cermati setiap soal yang akan kamu hadapi dan usahakan untuk mengerjakannya secara cepat dan cermat. Karena waktu yang akan kamu dapatkan akan sedikit dibanding dengan soal yang akan kamu terima.

  1. Interview User

Pertanyaan lebih mengarah ke hal teknis kerja nantinya jika kamu diterima diperusahaan ini. Kamu akan ditanyai mengenai keahlian serta skill yang kamu kuasai juga.

Ada juga sebuah tes seperti studi kasus dan kamu diminta untuk menganalisis terhadap kasus tersebut. Contoh kasusnya berbeda beda menurut posisi yang kamu lamar. Lebih baik untuk belajar terlebih dahulu mengenai pengetahuanmu saat di bangku kuliah.

Setelah kamu mencoba menganalisis kasus tersebut, kamu diminta untuk mempresentasikannya dihadapan tim user ini. Kamu bisa berhadapan dengan 2 – 3 user yang akan interview kamu. Orang orang ini merupakan supervisor dibagiannya masing masing dan mungkin salah satunya adalah bule. Jadi siapkan dirikamu untuk berlatih bagaimana berbicara bahasa inggris yang baik dan benar khususnya dalam percakapan.

  1. Psikotest

Kamu akan mengerjakan tahapan psikotes ini seharian. Usahakan untuk cukup istirahat sebelumnya dan sarapan terlebih dahulu. Tes yang akan kamu hadapi yaitu :

  • Tes matemtika dasar dan deret angka
  • Tes verbal
  • Tes kata antonim dan sinonim
  • Kongruensi dan irama gambar
  • Tes konsistensi
  • Tes koran pauli
  • Warteg tes dan menggambar pohon juga orang
  • Tes mekanika sederhana

Selain itu kamu akan wawancara juga dengan psikolog dan kamu diminta untuk memecahkan suatu pola dari beberapa cube. Diharapkan kamu bisa mengerjakan semua dengan lancar dan cepat.

  1. Interview Manager

Karena ini perusahaan luar negri maka kamu harus dituntut untuk bisa dan fasih dalam berbahasa inggris. Bagi kamu yang merasa setengah setengah mengenai kemampuan bahasa inggris, kamu bisa belajar mulai dari sekarang. Pada interview kali ini kamu akan bertemu dengan manager langsung dari ExxonMobil ini dan rata rata manager dari perusahaan ini adalah bule dan orang amerika langsung. Pertanyaan masih seputar pengalaman pribadimu.

  1. Medical Checkup dan Verivikasi

Tes MCU ini terdiri dari tes fisik dan tubuh seperti mata tinggi berat badan gigi dan lainnya. Tes sample urine dan sample darah, rontgen dan rekap jantung. Secara umum hampir sama dengan tes MCU pada perusahaan lainya.

Untuk tahapan verivikasi ini, tim ExxonMobil akan memita beberapa data dari orang orang terdekat kamu. Bisa jadi orang tua, keluarga lainnya, teman, atau tetanggamu dan mereka akan menanyakanmu bagaimana kehidupanmu sehari hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.