Pengalaman Tes Rekrutment Pendidikan Calon Staf (PCS) OJK

Pengalaman tes PCS OJK

Pendidikan calon staf OJK merupakan program seleksi yang dimiliki oleh Otoritas Jasa Keuangan indonesia. Berikut beberapa tes dan pengalaman tahapan apa saja yang akan kamu hadapi pada rekrutmen pendidikan calon staf atau PCS OJK.

  1. Seleksi Administrasi

Kamu bisa mendaftar untuk mengikuti seleksi administrasi PCS OJK melalui situs resmi dari OJK dan mengisikan beberapa formulir pendaftaran yang berupa data diri pribadi secara lengkan sesuai dengan berkas data yang diminta oleh OJK. Isilah dengan teliti dan detail mengenai syarat dan ketentuan dalam mengisi formulir pendaftaran, dikarenakan setelah kamu menginput data tersebut maka kamu tidak bisa mengubah kembali dan sudah dinyatakan terdaftar sebagai calon pendaftaran.

  1. Tes Pertama

Akan ada beberapa sesi dalam tes ini mulai dari tes potensi akademik, tes kemampuan bidang, tes pengetahuan umum dan tes bahasa inggris. Untuk tes bidang coba untuk belajar mengenai bidang yang kamu lamar. Jika kamu mendaftar di bagian manajemen atau keuangan maka pertanyaan yang keluar sesuai dengan bidangnya masing masing.

Untuk tes pengetahuan umum, usahakan untuk belajar mengenai company profil dari OJK mulai dari perusahaan yang bergerak dibidang apa sampai ke isu isu yang berkembang saat ini. Kamu bisa mempelajarinya di situs resmi milik OJK dan di website bank indonesia. Tes bahasa inggris hampir sama dengan tes TOEFL dan TOEIC jadi juga belajarlah sebelumnya.

  1. Tes Kedua

Setelah tahapan tes pertama selesai maka akan dilanjutkan dengan tes berikutnya yaitu tes psikologis, FGD atau LGD dan wawancara HRD di hari berikutnya. Tes psikologis seperti tes mengenai kepribadian diri. Untuk tes LGD atau Lederless Group Discussion ini nantinya semua peserta akan di bagi menjadi beberapa kelompok kecil dan nantinya akan diberikan lembar soal dan contoh studi kasus didunia perbankan untuk dibahas bersama dengan kelompokmu. Kemudian tes dilanjutkan dengan tes wawancara HRD dan psikolog. Pertanyaan seputar kehidupan pribadimu dan motivasi kerja di OJK ini. Pertanyaan lainnya seputar kelebihan dan kelemahan diri pribadi seperti apa serta pengalaman hidup yang selama ini kamu jalani.

Baca Juga >>> Bocoran Tips Dan Trik Cara Lolos Menghadapi Tes FGD ( Focus Group Discussion ) <<<

  1. Wawancara User

Pada tahapan ini kamu akan diwawancarai sesuai dengan manager di bidang yang kamu lamar. Belajarlah mengenai bidang yang kamu kuasai tersebut mulai dari jaman kuliah sampai dengan judul skripsi pada saat kelulusanmu. Untuk jaga jaga, kamu juga belajar mengenai dunia perbankan dan pertanyaan seputar tes pengetahuan umum mengenai OJK sebelumnya.

Baca Juga >>> Jawaban Interview Kenapa Ingin Kerja Disini <<<

  1. Tes Kesehatan

Tahapan terakhir adalah tes kesehatan dan MCU. Ada 2 tes yang akan kamu jalani yaitu tes fisik mulai dari rontgen, sample darah dan urin sampai ke tekanan darah. Tes selanjutnya adalah tes kejiwaan seperti tes psikotes untuk mengukur bagaimana kondisi jiwa kamu. Jawab saja secara jujur dan apa adanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.