Pengalaman Tes Rekrutment MT Di PT. PP Persero

TipsKerja.com – Salah satu perusahaan persero yang paling sering diincar oleh jobseeker di indonesia adalah PT. PP. Perusahaan yang bergerak dibidang sipil ini memang memiliki daya tarik tersendiri khususnya bagi kamu yang memiliki jurusan yang sesuai yaitu teknik sipil.

tes mt pt pp

Berikut ini pengalaman tes rekrutment di PT PP untuk bagian MT atau biasa yang disebut Management Trainee yang bisa kami bocorkan kepada kamu dimulai dari tahapan awal sampai dengan tahapan akhir yaitu tes kesehatan atau medical check up.

MT adalah jalur percepatan karir yang banyak dipakai dibanyak perusahaan besar lainnya untuk bisa mendapatkan calon calon pemimpin perusahaan secara cepat. Program ini cocok untuk kamu yang masih berstatus fresh graduate.

Berikut tahapan seleksi yang akan kamu jalani :

  1. Seleksi Online Administrasi

Jika kamu bisa menemukan booth stand dari PP dalam sebuah jobfair maka kamu termasuk beruntuk untuk mengikutinya. Namun jika tidak kamu tetap bisa mendaftarkan diri kamu melalui website resmi yang dimiliki oleh PP ini. Kamu bisa cari PP Karir untuk mengunjungi situs resminya.

Kamu bisa login dan mengisi seluruh aplikasi dan form yang diminta untuk bisa mendaftar disalah satu posisi yang disediakan oleh PP ini. Usahakan untuk mengisi data lengkap dan benar sebelum kamu submit lamaran kerja kamu.

  1. Psikotest, LGD, Wawancara Psikologi PP

Sebelum menjalani tes ini nantinya kamu akan diminta untuk mengisi beberapa formulir dari PP. Dan diawal tes nantinya juga akan dijelaskan mengenai sedikit tentang PP itu dan program MT ini. Soal yang akan kamu jalani adalah tes intelegensi, tes psikologi seperti epps, papi, warteg tes menggambar manusia dan pohon.

Jika kamu lolos pada tahapan pertama maka akan lanjut ke tahapan tes LGD atau leaderless group discussion. Ini hampir sama seperti tes FGD dimana nantinya kamu akan diberikan sebuah contoh studi kasus dan harus di bahas bersama tim kamu untuk mencapai sebuah solusi.

Baca Juga >>> Bocoran Tips Dan Trik Cara Lolos Menghadapi Tes FGD ( Focus Group Discussion ) <<<

Pertanyaannya adalah mengenai soal prioritas dimana kamu diminta untuk memilih mana yang harus menjadi prioritas utama terlebih dahulu. Usahakan untuk menjadi yang aktif namun tidak menjatuhkan argumen orang lain.

Jika sudah masuk ketahapan tes wawancara psikolog. Disini pewawancara hanya ingin menanyakan mengenai kehidupan pribadi kamu dimulai dari pengalaman apa saja dan prestasi yang pernah kamu dapatkan.

Baca Juga >>> Tips dan Contoh Soal Psikotes Serta Trik Menghadapinya <<<

  1. Tes Teknikal dan Bahasa Inggris PP

Pada tahapan ini ada baiknya kamu untuk belajar kembali mengenai pengetahuan sipil yang pernah kamu dapat pada saat kamu duduk dibangku kuliah atau pada saat kerja praktek. Karena pertanyaan akan lebih bersifat teknis mengenai pengetahuan dibidang sipil.

Adapun tes dan bahan yang harus kamu pelajari adalah mengenai struktur gempa, struktur tegangan dan gaya, geoteknik, teknik kelautan dan air. Waktu yang diberikan pada tes teknikal ini adalah 30 menit untuk 20 soal yang harus kamu kerjakan.

Untuk tes bahasa inggris hampir sama seperti tes TOEFL pada umumnya jadi ada baiknya kamu belajar juga tes TOEFL agar bisa mengerjakan tahapan tes ini. Waktu yang diberikan adalah 30 menit untuk 50 soal.

  1. Tes Wawancara User

Tahapan selanjutnya adalah wawancara user. Kamu akan mendapatkan informasi mengenai pengumuman lolos atau tidaknya sekitar 1-2 minggu lamanya melalui email. Jadi usakan untuk selalu aktif membuka seluruh email dan jangan lupa untuk cek spam juga.

Untuk tes ini kamu akan menjalani wawancara panel yaitu wawancara dengan lebih dari 2 orang yang akan mewawancarai kamu. Posisi dari user ini terdiri dari HRD, Direksi, Kadiv atau Manager yang bersangkutan.

Untuk tes wawancara user ini lebih banyak akan menggunakan bahasa inggris untuk pembicaraanya. Jadi persiapkan juga bahasa inggris kamu dan banyaklah berlatih untuk percakapan wawancara dalam bahasa inggris.

Pertanyaannya terbilang cukup sederhana untuk mencari tahu bagaimana kehidupan kamu seperti ceritakan diri anda, pengalaman apa yang kamu miliki, ceritakan tentang keluarga anda, apa yang kamu ketahui mengenai perusahaan ini?

Setelah pertanyaan sederhana itu masuklah kebagian pertanyaan teknis yang akan membahas cukup detail mengenai pengetahuan apa yang kamu ketahui dalam bidang ilmu sipil. Kamu bisa belajar kembali soal soal yang pernah keluar pada tahapan tes teknikal sebelumnya.

Baca Juga >>> Tips Sukses Interview Dan Wawancara User <<<

Nantinya juga akan ada studi kasus dimana kamu bertindak sebagai kontraktor untuk sebuah proyek lalu bagaimana saja kamu menjalankan proyek tersebut. Diakhir wawancara para user mempersilahkan kamu untuk memberikan beberapa pertanyaan penutup. Usahakan untuk menyiapkan terlebih dahulu pertanyaan sebelum kamu menginjak tahapan tes ini.

  1. Tes Kesehatan MCU (Medical Check Up)

Tahapan terakhir adalah tes kesehatan MCU. Tahapan ini hampir sama seperti tahapan tes kesehatan di klinik pada umumnya dan pastinya juga sering dijalankan pada tahapan tes dibeberapa perusahaan besar lainnya.

Yang akan di tes adalah seperti tes rontgent, tes tekanan darah, tes mata, tes tinggi dan berat badan, tes sample darah dan urin. Usahakan untuk menjaga pola hidup sehat dan tidak begadang sehari sebelum dilakukan tes.

Baca Juga >>> 7 Macam Tes Kesehatan Kerja yang Dilakukan oleh Perusahaan <<<

Jika sudah maka tahapan selanjutnya adalah tanda tangan kontrak dan pelatihan OJT atau on job training dan kamu sekarang berstatus sebagai MT selama kurang lebih 6 bulan pelatihan dan langsung masuk ke proyek proyek yang tersebar diseluruh penjuru di indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *