Pengalaman tes PERUM PERURI

pengalaman tes perum peruri

Perum Peruri yang merupakan singkatan dari Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia sebagai perusahaan yang memproduksi uang, visa dan juga dokumen penting milik Negara ini juga sering menerima rekrutment baru. Kali ini tipskerja.com akan mencoba membahas tentang tes rekrutment di Perusahaan Negara Perum Peruri.

Disetiap tesnya Perum Peruri selalu menggunakan pihak vendor yang dipercaya untuk memegang rekrutment karyawan baru. Dan yang lebih seringnya adalah melalui PPM Manajemen. Gambaran umum, untuk pabriknya berlokasi di karawang sedangkan kantor pusatnya berada di Jakarta. Sama seperti tes lainnya, Perum Peruri menggunakan sistem gugur pada tahapannya.

  1. Seleksi Administrasi

Hampir sama seperti tes diperusahaan terkemuka lainnya, berikut tahapan tes seleksi administrasi di Perum Peruri

  • Tes bahasa inggris tertulis (tanpa listening, grammar, reading, dan mencari kesalahan kata dalam suatu kalimat) hampir seperti tes Toefl
  • Psikotes (tes kepribadian diri, tes EPPS, tes menggambar orang dan pohon, warteg tes dan tes kraeplin) pada tahapan kali ini akan memakan waktu yang lama, usahakan untuk mempersiapkan kondisi tubuhmu dan jangan lupa untuk sarapan terlebih dahulu.
  1. Wawancara Psikologi

Satu poin penting dalam tes psikologi tertulis adalah usahakan untuk menjawab sewua jawaban dengan jujur dan sesuai dengan kepribadianmu. Dikarenakan pada saat wawancara psikologi ini kamu akan ditanya mengenai tes psikologi sebelumnya.

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

Pertanyaan lainnya seputar pengetahuan umum Peruri, CV yang kamu berikan, hasil tes kepribadianmu untuk menguji kejujuranmu, dan rencanamu untuk beberapa tahun kedepan. Wawancara dan interview kali ini menggunakan bahasa indonesia. Tapi untuk persiapan, siap siap juga untuk mengasah bahasa inggrismu.

Baca Juga >>> Jawaban Interview Target 5 Tahun Kedepan <<<

  1. Verifikasi Dokumen Asli

Sebelumnya kamu akan disuruh untuk membawa semua dokumen asli yang nantinya akan dicek keasliannya.

Isi dokumen seperti, KTP, ijazah, transkip nilai, KK, score toefl. Semua dokumen tersebut nantinya akan dimasukkan kedalam map karton.

  1. Tes Bidang

Kamu akan menjalankan tes di kantor pusat yaitu di jakarta. Pada tes kali ini kita akan diuji kompetensi mengenai bidang yang kita lamar pada saat ini. Tes ini akan mempengaruhi apakah kamu layak untuk dipekerjakan dibidang tersebut.

Jika kamu dirasa tidak layak dengan bidang yang kamu lamar, maka kamu akan di tes sesuai dengan jurusanmu sebelumnya.

Materi dan soal lebih kearah teori dan interview.

  1. Wawancara User

Untuk tempat tes masih sama yaitu di kantor pusat di jakarta. Bahasa yang digunakan untuk tes kali ini masih menggunakan bahasa indonesia. Tapi tetap kamu harus persiapan untuk bahasa inggris.

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

Pertanyaan lebih kearah personal pribadimu seperti:

  • Pertanyaan tentang CV
  • Kelebihan dan kelemahan diri sendiri
  • Apa saja yang sudah kamu berikan untuk hidupmu, mulai dari kuliah sampai sekarang
  • Hobi dan keseharianmu selama ini
  • Pengalaman kerja dan pengetahuan mengenai Perum Peruri

Nanti juga akan ada studi kasus mengenai bagaimana jika kamu diterima di perusahaan ini yang mengarah ke bagian teknis kerja.


Baca Juga >>> Tips Sukses Interview Dan Wawancara User <<<


  1. Tes Kesehatan

Tes ini merupakan tahapan terakhir dari seleksi di Perum Peruri. Hampir sama dengan tes kesehatan di perusahaan lainnya, kamu nanti akan disuruh untuk berpuasa terlebih dahulu dan pengambilan beberapa sample darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.