Pengalaman Tes ODP PT Bina Artha Ventura

Tes ODP PT Bina Artha Ventura

Kali ini tipskerja akan mereview mengenai pengalaman tes ODP PT Bina Artha Ventura. PT Bina Artha Ventura ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa permodalan dana mikro ke masyarakat ekonomi kebawah. Jadi hampir serupa dengan bank konvensional lainnya namun non bank. Untuk ODP ini sendiri adalah Officer Development Program dimana merupakan program percepatan karir di PT Bina Artha Ventura. Berikut tahapan tes di PT BAV yaitu:

Baca Juga >>> Program Management Trainee Adalah ? <<<

  1. Psikotes

Pada tahapan ini semua peserta diminta untuk mengisikan formulir biodata diri calon karyawan seperti pendidikan, pengalaman kerja, biodata keluarga, motivasi kerja dan sebagainya. Setelah itu tim HRD dari PT BAV ini nantinya akan mempresentasikan mengenai profil perusahaan dan dijelaskan secara umum mengenai bergerak dibidang apakah BAV ini. Penjelasan tentang program ODP juga akan disampaikan oleh tim HRD. Penjelasan mengenai sistem kontrak, sistem pinalty, ijazah yang akan ditahan selama masa training, benfit yang kamu terima sampai dengan proses training nantinya selama bekerja di program ODP.

Untuk soal pertanyaan pada tahapan psikotes ini seperti deret angka matematika, soal matematika dasar, soal cerita matematika, tes numerik, tes koran kraeplin dan tes menggambar pola bentuk. Secara keseluruhan tes psikotes ini hampir sama seperti tahapan tes psikotes di perusahaan lainnya.

  1. Focus Group Discussion (FGD)

Seluruh peserta yang lolos langsung menghadapi tahapan selanjutnya yaitu tes FGD. Nantinya kalian semua akan diberikan selembar kertas dan contoh kasus di kehidupan sehari hari dan kalian pilih prioritas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Setelah jawaban final diperoleh maka tiap kelompok harus mempresentasikan setiap jawabnnya dihadapan kelompok lain dan tim penilai. Usahakan untuk aktif tetapi tidak menjatuhkan satu sama lain dan saling menguatkan pendapat yang diberikan teman kelompok.

Baca Juga >>> Bocoran Tips Dan Trik Cara Lolos Menghadapi Tes FGD ( Focus Group Discussion ) <<<

  1. Interview HRD dan User

Setelah pengumuman tahapan tes FGD selanjutnya adalah tahapan tes interview HRD dan User. Sebelum ke tahapan ini ada baiknya bagi kamu untuk mempelajari mengenai produk jasa apa saja yang ditawarkan oleh pt BAV ini dan bagaimana profil perusahaannya serta siapkan juga motivasi kerja yang kuat sebagai alasan kuatmu. Pertanyaan dimulai dengan perkenalan diri pribadi, menceritakan tentang pengalaman diri, pengalaman organisasi, pengalaman kerja, prestasi apa yang pernah kamu capai dan bagaimana cara kamu mencapainya. Tim penilai lebih suka dan tertarik tentang pengalaman organisasi, jadi jika kamu memang memiliki pengalaman organisasi sebelumnya mungkin di bagian ini bisa lebih kamu tonjolkan. Nantinya kamu juga akan diberikan contoh kasus mengenai permasalahan yang sering terjadi di PT BAV. Dan mereka meminta saran dari kamu bagaimana sebaiknya untuk penangananya. Pertanyaan lain tentang kesiapan kerja jika kamu diterima di perusahaan ini.

Baca Juga >>> Tips Sukses Interview Dan Wawancara User <<<

Tahapan terakhir adalah offering benefit dan tanda tangan kontrak. Pada tahapan ini kamu bisa melihat, bertanya dan mempertimbangkan apakah kamu cocok di program ini atau tidak. Seluruh benefit dan aturannya akan dijelaskan lebih detail oleh tim HRD. Semoga sukses untuk kita semua. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.