Pengalaman Tes MT Unilever

pengalaman tes unilever

Kali ini tipskerja akan membahas mengenai program andalan dari PT Unilever Indonesia yaitu Unilever Future Leaders Program atau yang bisa disingkat menjadi “UFLP”. Program yang hampir sama dengan program Management Trainee di perusahaan lainnya yang merupakan program percepatan karir yang dimiliki dari Unilever. Melalui program ini kamu akan di training selama 1 tahun dan akan dikontrak selama 3 tahun dari mulai training. Diharapkan melalui program ini, unilever mampu mendapatkan kandidat terbaik yang akan menjadi pemimpin dengan semangat muda. Sebelum ke tahapan tes, tentunya kamu sudah tahu kan jika Unilever merupakan perusahaan consumer goods terbesar yang ada di indonesia. Tentunya hal inilah yang membuat banyak orang ingin bekerja di perusahaan ini.

Baca Juga >>> Program Management Trainee Adalah ? <<<

Berikut tahapan yang akan kamu hadapi selama tahapan tes berlangsung:

  1. Online Application

Kamu bisa mendaftar lowongan kerjanya melalui website resmi dari unilever dan bisa mengisikan formulir online yang sudah disediakan disana. Karena websitenya sendiri menggunakan bahasa inggris, maka usahakan untuk mengisinya dengan bahasa inggris juga. Formulir yang harus kamu isikan berupa data pribadi dan alasan seperti motivasi apa yang membuat kamu ingin melamar di unilever ini. Usahakan untuk tidak terlalu memaksa dan terkesan lebay saat menjawab.

  1. Online Test

Pada tahapan ini merupakan tes pertama kamu dalam tahapan secara keseluruhannya. Tesnya berupa test online ability test. Untuk tesnya seperti tes numeric yang berupa angka angka.Tesnya akan dilakukan bertahap dan hasilnya akan langsung kamu terima setelah menyelesaikannya. Jika kamu lolos maka akan ada tes lanjutannya yaitu tes verbal. Usahakan untuk menjawab dengan cepat dan tepat dikarenakan waktunya terbilang sangat singkat.

  1. Tes Online Interview Form

Pada tahapan tes ini kamu akan menerima email yang isinya adalah formulir online kembali yang harus kamu isi sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Di tes ini juga menggunakan bahasa inggris. Kamu akan diberikan soal essay seperti formulir online application yang sudah kamu isikan sebelumnya namun dengan lebih detail dan lengkap. Buatlah sesuatu yang menarik dan bisa membuat orang yang membacanya mengerti maksud yang kamu sampaikan.

  1. Tes FGD (Focus Group Discussion)

Seperti tes FGD pada umumnya, semua peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil berjumlah 6-8 orang yang nantinya tiap kelompok akan diberikan contoh studi kasus yang harus diselesaikan bersama. Studi kasus yang akan kamu terima akan banyak data data dan angka yang bisa menjadi kunci untuk solusi dari permasalahan tersebut. Dan kalian juga harus berdiskusi dengan menggunakan bahasa inggris. Setelah selesai tiap kelompok akan mempresentasikan hasil yang didapatkan. Dan tiap kelompok berhak untuk menanyakan untuk kasus yang dialaminya. Usahakan untuk berperan aktif dalam sesi tanya jawab ini.

Baca Juga >>> Bocoran Tips Dan Trik Cara Lolos Menghadapi Tes FGD ( Focus Group Discussion ) <<<

  1. Interview User

Ini merupakan tahapan final dari seluruh kegiatan rekrutment di PT Unilever indonesia. Kamu nantinya akan di wawancarai oleh beberapa manager top management dari unilever. Terkadang juga akan ada bule yang ikut mewawancari kamu. Pertanyaanya mengenai pengenalan diri, apa yang kamu ketahui mengenai unilever, masukan apa yang bisa membangun unilever kedepannya?, motivasi kerja, target 5 tahun kedepan, kelebihan dan kelemahan diri pribadi. Tanya jawab yang paling lama seputar lingkup perusahaan unilever, kami sarankan untuk belajar terlebih dahulu secara lengkap mengenail profil dari perusahaan ini mulai dari produknya, sejarah bahkan berita terkini yang akan di unilever. Siapkan juga 1 pertanyaan pamungkan yang akan kamu ajukan pada saat para manager memberikan kesempatan kamu untuk bertanya.

Baca Juga >>> Tips Sukses Interview Dan Wawancara User <<<

Berikut diatas merupak tahapan tes unilever. Semoga sukses untuk tesnya dan terima kasih sudah membaca artikel kami. Sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.