Pengalaman Tes MT Danamon Development Program (DDP)

pengalaman tes bank danamon

Merupakan salah satu program percepatan karir di Bank Danamon bernama Danamon Development Progam atau yang sering disebut DDP. Setiap perusahaan selalu memiliki program ini untuk berkembang dengan cepat seperti MT ataupun MDP. Kali ini tipskerja akan membahas tentang pengalaman tes dan tahapan seperti apa di MT Danamon Development Progam (DDP) saat ini. Untuk MT di Danamon ini nantinya kamu akan langsung sesuai dengan divisi yang akan kamu tempati. Jadi MT di Danamon ini tidak menyeluruh kesemua management perusahaan melainkan sudah sesuai dengan divisinya. Berikut tahapan seleksi yang akan kamu jalani :


Baca Juga >>> Tips Untuk Fresh Graduate <<<


  1. Administrasi Berkas

Kamu akan diminta untuk mengisi beberapa form data dan berkas di website resmi dari Danamon. Karena banyaknya yang mendaftar dan merupakan sainganmu maka lengkapi semua berkas yang diminta oleh perusahaan agar kamu lolos tahapan selanjutnya.

  1. Psikotes

Pada tahapan kali ini kamu akan mengetahui gambaran umum mengenai Bank Danamon, program MT, gambaran pekerjaan, kontrak dinas dan jenjang karir yang akan kamu dapatkan. Materi yang akan kamu terima seperti :

  • Tes matematika dasar
  • Tes verbal
  • Tes deret angka
  • Tes gambar
  • Dan psikotes kepribadian

Usahakan untuk menjawab dengan cepat dan tepat. Karena waktu yang diberikan tidaklah banyak dengan jumlah soal yang terbilang banyak. Sistem tahapan ini adalah sistem gugur.

  1. FGD (Focus Group Discussion)

Dari peserta yang lolos tahapan psikotes akan langsung lanjut ke tahapan FGD. Jumlah peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan kamu diberikan suatu masalah yang harus dibahas bersama. Kamu akan diberikan lembar soal dan jawaban yang harus kamu catat terlebih dahulu jawaban pribadimu. Setelah itu baru mendiskusikannya bersama kelompokmu. Kuncinya adalah berikan jawaban yang berbeda dan out of the box. Berikan kesempatan yang lain untuk berpendapat dan jadilah aktif namun tidak berlebihan.

Materi case berupa soal prioritas seperti menentukan karyawan mana yang berhak mendapatkan bonus dan karyawan mana yang berhak di PHK.


Baca Juga >>> Tips Untuk Lolos FGD <<<


  1. Interview HRD

Pada wawancara ini kamu akan dihadapkan dengan beberapa orang dari tim hrd dan operation dari Bank Danamon. Adapun pertanyaan yang akan diberikan seperti :

  • Perkenalan diri
  • Pengalaman organisasi
  • Pengalaman kerja jika ada.
  • Kendala dalam pekerjaan sebelumnya
  • Mengapa ingin bekerja di dunia perbankan
  • Berapa gaji yang kamu harapkan. Disini coba kamu cari tahu terlebih dahulu mengenai gaji dari MT Bank Danamon.

Baca Juga >>> Hal yang pantang kamu lakukan saat wawancara <<<


  1. Interview User

Ditahap interview user ini kamu akan diwawancarai oleh manager dari divisi yang kamu lamar. Kira kira ada 2-3 interview panel dengan level manager yang akan mewawancarai kamu. Dalam interview kali ini menggunakan bahasa inggris sebagai bahasanya. Pertanyaan hampir sama dengan interview HRD sebelumnya. Yang membedakan adalah pertanyaan teknis yang berhubungan dengan divisi yang kamu lamar. Misal jika kamu memilih sebagai MT internal audit maka pertanyaan akan seputar divisi tersebut. Seperti pengetahuanmu mengenai internal audit dan sebagainya.


Baca Juga >>> Daftar Pertanyaan Saat Wawancara Kerja Dan Jawabannya <<<


  1. MCU (Medical Check Up) dan Tanda Tangan Kontrak

Tes kesehatan ini hampir sama dengan tes kesehatan di perusahaan lainnya. Tesnya berupa tes sample darah, urine, mata, telinga, cek tekanan darah, rontgen, dan konsultasi dokter.

Pada tahapan tanda tangan kontrak kerja akan berada di menara Bank Danamon pusat. Ditahapan ini kamu akan dikenalkan lagi mengenai program MT ini dari awal beserta tahapan yang akan kamu jalani saat menjadi MT DDP. Pelatihan pendidiakan akan kamu terima selama 9 bulan sebelum diangkat menjadi pegawai tetap. Jika kamu tidak lolos  bisa saja kamu di cut off ataupun putus kontrak secara sepihak. Untuk gaji sangat menjanjikan untuk ukuran kamu yang masih fresh graduate.

Leave a Reply

Your email address will not be published.