Pengalaman Tes MT Alfamart

pengalaman tes mt alfamart

Siapa yang tidak mengenal alfamart? Alfamart yang merupakan mini supermarket yang terkenal di indonesia ini juga sering melakukan perekrutan calon karyawan. Salah satu program yang paling banyak diminati adalah program MT atau Management Trainee Alfamart. Kali ini pembahasannya seputar pengalaman tes MT alfamart yang merupakan program percepatan karir menuju level manajerial. Kamu akan melalui tahapan training MT sebelum melangkah ke jenjang berikutnya dan setiap tahapannya menggunakan sistem gugur. Berikut tahapan tes yang akan kamu jalani selama mengikuti rekrutment di PT Alfamart :

  1. Seleksi Administrasi

Pada tahapan ini kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran diri sebagai calon karyawan di alfamart. Isi formulirnya berupa data diri pribadi sampai ke pengalaman kerja dan motivasi kerja mengapa kamu ingin bekerja di alfamart ini. Usahakan untuk mengisi berkas data dengan lengkap sesuai dengan yang diminta.

Baca Juga >>> JAWABAN INTERVIEW MOTIVASI KERJA <<<

  1. Tes Psikotes

Sebelum tes dimulai, tim HRD akan mempresentasikan mengenai apa itu program MT Alfamart dan budaya kerja di alfamart secara umum. Kamu akan mengerti lebih lengkap mengenai program ini mulai dari masa trainingnya, benefit yang didapatkan sampai ke pinalty yang kamu terima. Setelah presentasi mengenai company profil alfamart, barulah tes psikotest dimulai. Ada 3 sesi yang akan kamu jalani langsung pada hari itu. Tiap batch akan berbeda beda ada yang 1 hari full ada yang di bagi menjadi 2 hari untuk tes psikotes ini sampai selesai.

Sesi pertama yaitu tes akademik, pertanyaan yang akan kamu terima seperti tes matematika dasar, tes deret angka, tes verbal dan logika serta tes koran atau kraeplin / pauli. Hasil pengumumannya akan langsung kamu terima beberapa saat setelah tes berlangsung dan yang lolos akan lanjut ke tahapan tes selanjutnya yaitu tes bahasa inggris, tes kepribadian dan interview HRD. Pertanyaan pada saat interview HRD alfamart adalah seputar pengalaman pribadi dan menceritakan kehidupan kita mulai dari kuliah sampai pada saat melamar sudah melamar dimana saja dan apa kendala saat ini sehingga masih belum memiliki pekerjaan yang cocok. Sesi wawancara berjalan santai seperti mengobrol dan yang terpenting adalah kejujuran.

Baca Juga >>> Contoh Perkenalan Diri Saat Interview <<<

  1. Asessment Center – Leaderless Group Discussion (LGD)

Kandidat yang terpilih nantinya akan menjalani tes LGD alfamart atau sering disebut tes FGD pada perusahaan lainnya. Semua peserta nantinya akan di bagi menjadi beberapa kelompok kecil yang nantinya akan kalian akan di berikan sebuah contoh studi kasus mengenai alfamart dan retail. Kalian akan diminta untuk berdiskusi bersama yang nantinya akan dipresentasikan di depan kelompok lain dan didepan panelis. Usahakan untuk berperan aktif namun tidak menjatuhkan pendapat seseorang.

Baca Juga >>> Bocoran Tips Dan Trik Cara Lolos Menghadapi Tes FGD ( Focus Group Discussion ) <<<

  1. Interview User

Setelah tahapan LGD berakhir dilanjut dengan tahapan interview user beberapa hari setelah tes berlangsung. Usahakan untuk selalu mengaktifkan ponsel kalian diantara jam 12 siang sampai jam 7 malam, dikarenakan pada jam tersebutlah kalian akan di telpon mengenai kelanjutan tes kalian. Interview akan dilanjutkan di kantor HO alfamart. Nantinya akan ada beberapa pewawancara yang akan mewawancarai kalian, bisa jadi para manager sampai general manager yang akan mewawancari kalian. Usahakan untuk mengingat setiap nama orang orang penting tersebut ya agar pada saat mengobrol kalian bisa menyapanya dengan namanya merupakan sebuah nilai plus tersendiri.

Baca Juga >>> Jawaban Interview Kenapa Ingin Kerja Disini <<<

Sebelumnya juga belajarlah terlebih dahulu mengenai company profil dari alfamart dan apa itu alfamart. Jangan lupa untuk belajar mengenai retail dan sampai ke perusahaan pesaingnya. Kamu juga nantinya akan diberikan contoh kasus mengenai permasalahan yang sering dihadapi oleh perusahaan dan bagaimana solusi yang bisa kamu berikan. Diakhir wawancara kamu akan diberikan kesempatan untuk bertanya ke manager perusahaan, dan usahakan untuk mempersiapkan pertanyaan pamungkas sebelumnya. Jangan sampai yang kamu tanyakan seperti kapan pengumumannya di informasikan atau pertanyaan gaji atau penempatan kerja. Karena pertanyaan inilah yang seharusnya sudah kamu tanyakan pada saat interview HR sebelumnya.

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

  1. Tes Kesehatan dan Tanda Tangan Kontrak

Tes selanjutnya adalah tes kesehatan atau medical check up. Pada tes ini alfamart akan menuntuk klinik atau rumah sakit terbaik untuk tes kesehatannya. Biaya sepenuhnya akan di tanggung pihal alfamart. Tesnya berupa tes urine, tes rontgen, tes fisik badan dan tes darah. Jangan bergadang sebelum tes berlangsung dan perbanyaklah minum air putih sebelumnya dan jaga kondisi tubuh juga. Setelah MCU kalian akan di kabarkan kembali untuk tahapan selanjutnya yaitu tanda tangan kontrak. Disini kamu akan lebih dijelaskan secara detail kembali oleh tim HRD mengenai program MT alfamart ini. Kamu juga akan diberikan kesempatan jikalau tidak ingin melanjutkan program MT ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.