PENGALAMAN TES MANAGEMENT TRAINEE DHL SUPPLY CHAIN

tes supplay chain DHL

Kali ini kita akan membahas tentang pengalaman tes Management Trainee DHL Supply Chain atau yang bisa dikenal dengan nama Fastrex. Perusahaan DHL ini merupakan perusahaan logistic service provider terbesar di dunia. Mungkin hampir sama dengan JNE, tiki dan pengiriman logistic lainnya. Oke berikut tahapan tes dari Management Trainee DHL Supply Chain atau fastrex :

Baca Juga >>> Program Management Trainee Adalah ? <<<

  1. Tahap Administrasi

Untuk posisi ini kamu akan banyak bersaing dengan peserta lainnya. Karena DHL juga menyaring kandidat dari berbagai kota juga. Usahakan untuk melengkapi semua persyaratan yang diminta agar kamu bisa lolos ke tahapan selanjutnya di tiap kota. Persyaratan administrasinya masih di bilang cukup mudah dan simple. Semoga berhasil.

  1. Tes Psikotes dan Interview HRD

Pada tahapan tes psikotes ini kamu sebelumnya akan diperkenalkan dengan company profile dari DHL. Usahakan untuk mengerti apa saja yang disampaikan oleh tim HRD dari DHL ini. Karena bisa jadi akan menjadi bahan pembahasanmu pada saat interview HRD maupun user. Berikut soal dan pertanyaan pada tes psikotes:

  • Tes deret angka dan matematika dasar.
  • Tes pauli atau tes koran
  • Tes logika
  • Tes menggambar
  • Tes kepribadian diri (tes psikotes)
  • Tes bahasa inggris seperti TOEFL (pilihan ganda dan essay)
  • Tes computer (tes excel, vlookup, logika if, hlookup dan pivot table)

Kamu akan menjalani tes dari pagi sampai sore yang akan di tutup dengan interview HR. Usahakan untuk menjaga kondisi tubuh sebelum mengikuti tes ini dan sarapan terlebih dahulu jika perlu membawa bekal pada saat tes ini.

Untuk tes interview HR kamu akan menghadapi 2 interviewer langsung dan menggunakan bahasa inggris sebagai bahasanya. Pertanyaan seputar pengenalan diri, kepribadianmu, pengalaman apa saja yang kamu terima, motivasi kerja di DHL, bidang yang diminati dan lainnya. Jadi persiapkan bahasa inggrismu sebelum ke tahapan ini karena untuk selanjutnya tahapan DHL ini akan menggunakan bahasa inggris.

Baca Juga >>> 8 Gaya Pakaian Saat Interview Kerja Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Wawancara Kerja – TipsKerja.com <<<

  1. Tes LGD, Interview HR Director dan Managing Director

Tahapan ini yang akan menguji sepenuhnya dimana batas kemampuanmu karena untuk posisi ini bisa dibilang adalah fast track untuk kamu menjadi manager langsung. LGD hampir sama dengan FGD (Focus Group Discussion). Tes ini akan diadakan di kantor pusat DHL di Graha Intirub Cililitan. Semua peserta akan di bagi menjadi beberapa kelompok kecil dan akan dibagi sebuah kasus yang berkaitan dengan supply chain. Usahakan untuk kembali belajar apa itu supply chain dan teori pendukung lainnya. Untuk tes LGD ini masih menggunakan Bahasa inggris.

Tiap kelompok akan mendapatkan kasus yang berbeda. Kamu diminta untuk berdiskusi dengan peserta lainnya mengenai permasalah kasus tersebut. Usahakan untuk tidak terburu buru dalam berpendapat dan jangan pernah memaksakan pendapatmu sendiri. Berikan tanggapan positif dan respon yang baik dengan peserta lainnya. Setelah kalian selesai dengan berdiskusi selanjutnya adalah presentasi hasil yang kalian dapatkan. Masih sama menggunakan bahasa inggris. Usahakan untuk semua peserta ikut andil dalam presentasi ini. Nantinya akan ada tanya jawab dari peserta lain dan dari penguji.


Baca Juga >>> Bocoran Tips Dan Trik Cara Lolos Menghadapi Tes FGD ( Focus Group Discussion ) <<<


Setelah tahapan FGD ini akan dilanjutkan dengan interview HR Director dan interview managing director. Semua peserta akan di interview baik itu yang lolos FGD ataupun yang tidak. Persiapkan motivasi terbaik kamu dalam tahapan ini. Ingat kembali mengenai tes psikotes dan form yang pernah kalian isikan sebelumnya. Karena kamu akan di tanya kembali mengenai alasan menjawab form tersebut. Selebihnya pertanyaan hampir sama waktu tes interview HR.

Baca Juga >>> Tips Sukses Interview Dan Wawancara User <<<

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

  1. Medical Check-up

Pada fase ini sama dengan tes kesehatan di perusahaan lainnya. Tahapannya adalah, tes sample darah, tes sample urine, rontgen, tes tekanan darah, tes fisik mata. Usahakan untuk tidak begadang sebelum tes ini berlangsung. Dan jaga pola makanmu sebelumnya. Jangan pernah meremehkan tes kesehatan ini meskipun ini merupakan tahapan akhir dari tes DHL fastreck. Semoga berhasil buat kita semua. Amin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.