Pengalaman Tes dan Tahapan Seleksi PT Bank CIMB Niaga

Pengalaman tes bank CIMB Niaga

Kali ini tipskerja akan membahas mengenai pengalaman tes dan tahapan seleksi PT Bank CIMB Niaga. Mungkin banyak yang lebih familiar dengan sebutan bank niaga. Kalian bisa mencari lowongan kerja bank cimb ini melalui situs resminya atau melalui job fair yang sering diadakan oleh beberapa kampus terkenal di indonesia. Isikan formulir data diri dengan lengkap termasuk dengan pengalaman kerja dan keahlianmu. Jika kamu fresh graduate isikan pengalaman organisasi juga bisa. Berikut tahapan tes dari seleksi PT Bank CIMB Niaga yang mungkin bisa menjadi acuan kamu dalam menjalaninya dan mempunyai gambaran kedepan bagaimana saja yang akan kamu hadapi selama tes berlangsung.

  1. Tes Psikotes dan Bahasa Inggris

Sebelum melaksanakan tes kamu akan diharuskan mengisi lembar formulir data diri kembali yang nantinya dikumpulkan sebelum tes berlangsung. Setelah mengisi form barulah tim HRD Bank CIMB akan menjelaskan menganai profil dari bank CIMB, sejarah singkat, fasilitas dan program apa saja yang akan di tawarkannya. Tim HRD akan menjelaskan juga mengenai sistem kontraknya dan kalian akan di kontrak awal selama 2 tahun terlebih dahulu selama ikatan dinas dan 1 tahun selama masa training. HRD juga menjelaskan mengenai program percepatan karir atau MDP kalau di bank lainnya yang bisa kamu ikuti. Setelah presentasi kalian akan diberikan kesempatan untuk bertanya apa saja mengenai Bank CIMB ini.

Untuk tes tahapan pertama ini dibagi menjadi 2 sesi atau bagian. Yang pertama tes TPA atau psikotest kepribadian diri yang isinya tidak ada jawaban benar dan salah, semuanya murni berdasarkan kepribadian kalian. Tes lanjutannya terdiri dari tes matematika dasar, deret angka, tes verbal, tes menggambar, tes warteg dan tes koran atau kreaplin. Pada tahapan ini juga diuji mengenai tes bahasa inggris kalian. Tesnya seperti mengerjakan soal TOEFL jadi tidak ada salahnya untuk belajar tes toefl sebelumnya. Untuk sesi 1 ini sudah selesai dan kamu akan menerima hasilnya langsung setelah menunggu 20 menit setelahnya. Usahakan pada waktu ini untuk pergi makan dan mengisi kembali tenaga yang sudah keluar dikarenakan tahapan tes selanjutnya akan kamu terima setelah mengetahui siapa saja yang lolos sesi ke 2.

  1. FGD (Focus Group Discussion)

Pada sesi 2 setelah kamu menerima hasil dari tes sebelumnya maka tahapan selanjutnya akan segera dimulai. Semua kandidat akan di bagi menjadi beberapa kelompok kecil. 1 kelompok terdiri dari 5-7 orang yang nantinya akan berbagi pendapat dan berdiskusi bersama. Kalian akan diberikan beberapa kertas dan lembar soal yang isinya mengenai studi kasus yang harus kalian pecahkan bersama. Studi kasus ini masih ada sangkut pautnya dengan permasalah di bank, khususnya bank CIMB. Usahakan untuk mencari tahu istilah umum dalam dunia perbankan sebelum mengikuti tes ini.

Hasil diskusi akan dipresentasikan kedepan dan kelompok lain akan diminta untuk bertanya bahkan menyanggah pendapat dari kelompok tersebut. Pada saat diskusi usahakan untuk aktif dalam memberikan masukan dan pendapat tapi jangan lupa untuk tidak menyanggah pendapat orang lain.

Baca Juga >>> Bocoran Tips Dan Trik Cara Lolos Menghadapi Tes FGD ( Focus Group Discussion ) <<<

  1. Interview User dan Tes Kesehatan

Setelah tes FGD selesai maka tes selanjutnya adalah tes interview user. Bersabarlah dalam menunggu panggilan di tahapan ini, dikarenakan biasanya tim HRD masih mengunggu batch rekrutmen lainnya selesai terlebih dahulu baru di seleksi mana yang berhak untuk maju ke tahapan interview user dengan manager dari Bank CIMB ini.

Nantinya akan ada beberapa manager yang akan mewawancarai kamu, sebut saja dengan interview panel. Para manager inilah yang nantinya akan memakai jasa kamu dalam bekerja bersama di Bank CIMB. Usahakan menggunakan pakaian seformal mungkin dan coba pelajari kembali mengenai profil perusahaan dan produk apa saja yang ditawarkan di bank ini. Perbanyaklah belajar mengenai dunia perbankan sebelumnya.

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

Pertanyaan yang akan kamu terima seperti : ceritakan diri kamu, mulai dari pengalaman pada saat kuliah dan pengalaman kerja jika ada, Mengapa memilih bank CIMB?, Kenapa tidak bekerja di bank lainnya yang lebih baik? , apa motivasi kamu dalam bekerja?.

Baca Juga >>> JAWABAN INTERVIEW MOTIVASI KERJA <<<

Nantinya tim panelist akan memberikan contoh studi kasus mengenai permasalah yang sering dijumpai dalam perusahaan dan mereka meminta pendapatmu mengenai solosinya. Interview akan berlangsung selama kurang lebih 30-1 jam tergantung dari bagaimana kamu menjawab wawancara tersebut.

Baca Juga >>> Jawaban Interview Target 5 Tahun Kedepan <<<

Untuk tes selanjutnya adalah tes kesehatan. Pada tes ini bisa dibilang jika kamu 80% lolos menjadi calon karyawan di Bank CIMB Niaga. Namun jangan berbangga terlalu lama karena masih ada juga yang tidak lolos dalam tahapan ini. Usahakan untuk tidak bergadang sebelum tes dan perbanyak minum air putih dan olah raga teratur.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga membantu kamu dalam menjalankan tes di bank CIMB Niaga ini dan semoga berhasil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.