Pengalaman Tes dan Rekrutment Bank Jateng

Tipskerja – Kali ini kita akan membahas mengenai rekrutment dari Bank Jateng. Perbankan daerah yang tersebar di area jawa tengah ini juga menjadi salah satu perbankan yang banyak diminati oleh jobseeker yang ada khususnya yang ingin penempatan diwilayah jawa tengah.

Pengalaman tes bank jateng

Tidak seperti perbankan nasional lainya, biasanya tahapan tes rekrutment dari bank jateng ini lebih tertutup dan tidak banyak orang yang mengetahui. Jarang juga bank jateng ikut serta dalam jobfair yang ada di universitas terkemuka yang ada di indonesia.

Namun sekali mengadakan rekrutment biasanya bank jateng akan melaksankaannya besar besaran untuk berbagai posisi dan penempatan untuk berbagai daerah yang ada di wilayah jawa tengah. Berikut ini tahapan dan proses yang akan kamu jalani jika mengikuti rekrutment dari bank jateng :

  1. Seleksi CV

Untuk tahapan pertama adalah seleksi cv untuk mengetahui apakah kualifikasi kamu sesuai dengan yang diharapkan dari bank jateng. Untuk tahapan tes ini kamu bisa mengumpulkan atau upload cv, ijazah, transkip nilai dan berkas berkas pendukung lainnya. Usahakan untuk memenuhi segala berkas yang diminta.

Segala jurusan bisa melamar di bank jateng ini untuk posisi sebagai teller, cs, back office. Namun untuk posisi IT dan bagian finance haruslah dari jurusan yang sesuai dengan bidangnya. Untuk usia dibatasi hanya sampai umur 25 tahun. Untuk yang lebih 25 tahun bisa melamar dengan catatan memiliki pengalaman dibidang yang sama.

  1. Psikotest dan Wawancara HRD Bank Jateng

Pada tahapan ini kamu nanti akan diberikan form untuk menuliskan data diri pribadi seperti pendidikan, pengalaman kerja, sertifikat dan pertanyaan lainnya sebelum masuk ketahapan psikotest. Usahakan untuk mengingat ingat apa saja jawaban yang telah kamu isikan dalam form ini dikarenakan nantinya HRD sewaktu mewawancarai kamu akan membawa form ini untuk acuan pertanyaan juga.

Sebelum psikotest dimulai akan ada presentasi singkat dari pihak HRD yang akan menjelaskan bagaimana company profile dari bank jateng ini serta posisi apa saja dan benefit yang akan kamu terima. HRD juga akan menjelaskan bagaimana proses tes ini berlangsung.

Kamu akan menerima buku soal dan juga lembar jawaban yang akan kamu isikan nantinya. Pertanyaan pada tes ini adalah : matematika dasar, deret angka matematika, EPPS (tes kepribadian dimana tidak ada jawaban benar dan salah), tes verbal, tes bentuk ruang, warteg tes (tes menggambar dari yang tidak memiliki arti menjadi bentuk yang bisa dikenali), tes menggambar pohon dan manusia yang sedang beraktivitas disertai dengan kelebihan dan kelemahannya, dan diakhir tes ada tes koran atau pauli/kreaplin.

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

Pengumuman akan kamu dapatkan langsung setelah menjalani tes psikotes setelah 30  menit. Dan yang lolos akaan melanjutkan tahapan tes ke tes wawancara hrd.

Interview HRD ini lebih mengungkapkan bagaimana kepribadian kamu, motivasi bekerja dan pengalaman apa saja yang kamu miliki saat ini. Dengan bermodalkan form dan hasil jawban psikotest hrd akan memberikan pertanyaan singkat. Tidak ada pertanyaan teknis pada wawancara ini.

Pengumuman lolos atau tidaknya bisa kamu tunggu setelah tes berlangsung paling lama 1 minggu setelahnya. Jika dinyatakan tidak lolos dalam 1 minggu kedepan kemungkinan kamu gagal dalam tes wawancara hrd ini.

  1. Wawancara User Bank Jateng

Tahapan selanjutnya adalah wawancara user bank jateng. Dari tahapan sebelumnya sudah diseleksi dan banyak yang gagal pada tahapan sebelumnya. Pada tahapan ini kamu akan ditanya mengenai hal hal teknis seputar bidang yang kamu lamar tersebut.

Ada baiknya bagi kamu untuk belajar mengenai posisi yang kamu lamar dan apa saja yang kamu ketahui mengenai bank jateng juga perlu kamu pelajari. Kamu akan diwawancarai oleh 2 orang user dimana dengan jabatan spv ataupun manager.

Pertanyaannya seputar masalah teknis dan nantinya kamu akan dijelaskan sedikit mengenai jobdesk yang akan kamu kerjakan seperti apa dan bagaimana kesiapan kamu setelah mengetahui jobdesk tersebut.

Baca Juga >>> Tanda Lolos Interview User Yang Harus Kamu Ketahui <<<

Setelah tes wawancara ini kemungkina besar kamu akan lolos dan menjadi karyawan di bank jateng, karena tidak ada tahapan tes kesehatan dan kamu bisa langsung tanda tangan kontrak dan offering benefit setelah tahapan ini di waktu yang ditentukan.

Selamat menjalankan tes bagi kamu yang sedang berjuang ya. Terima kasih sudah membaca artikel kami. Sampai jumpa kembali semoga sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *