Pengalaman Tahapan Seleksi Fresh GraduateTrainee Program (FGTP) LOTTE MART

pengalaman tes lotte mart

Kali ini Tipskerja akan berbagi pengalaman tahapan seleksi dari Fresh Graduate Trainee Program (FGTP) dari perusahaan Lotte Mart yang merupakan perusahaan retain terkemuka di kota besar di indonesia. Program FGTP ini layaknya program percepatan karir di perusahaan lain dengan nama lain adalah management trainee (MT). Kamu yang nantinya akan dipersiapkan menjadi seorang pemimpin diperusahaan ini. Berikut tahapan seleksi yang akan kamu jalani :

  1. Seleksi Administrasi

Tahapan yang umum sekali seperti pada tahapan tes diperusahaan lainnya. Kamu diminta untuk mengisi berbagai berkas dan data diri sebelum maju ketahapan selanjutnya. Usahakan membuat cv mu semenarik mungkin untuk dilihat.

  1. Tes Psikotest

Tahapan selanjutnya adalah test psikotest. Materi soal dari tes psikotest lotte mart ini adalah:

  • Matematika dasar dan deret angka
  • DISC test atau tes kepribadian
  • Tes menggambar dan warteg
  • Kreplin
  1. FGD (Forum Group Discussion)

Dari kebanyakan tes FGD merukapan salah satu momok menakutkan bagi beberapa orang yang kurang menyukai sesi diskusi dan debat. Nantinya kamu akan diberikan beberapa case contoh kasus mengenai retail. Misalnya case seperti bagaimana caramu dalam menangani suatu masalah seperti hubungan dengan karyawan lain ataupun mengenai pekerjaan teknis seperti pembukaan cabang baru. Seluruh peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok tim yang nantinya kalian akan mendiskusikan mengenai permasalahan tersebut. Yang terpenting adalah ingat bahwa ini adalah diskusi bukan debat.


Baca Juga >>> Tips Untuk Lolos FGD <<<


  1. Interview HRD, User dan Medical Check Up

Kali ini kamu akan menjalani tes wawancara dengan 2 orang sekaligus. Tim pewawancara terdiri dari HRD dan User yang akan menggunakan jasamu nantinya dan akan berhubungan denganmu. Pertanyaan seputar pengenalan diri, pengalaman organisasi, pengalaman kerja jika ada, komitment jika kamu diterima diperusahaan ini dan nantinya kamu juga diberikan gambaran kasar mengenai pekerjaan dan training yang akan kamu terima.

Untuk medical check up tes ini terdiri dari :

  • Tes fisik (tinggi, berat, gigi, mata, pendengaran)
  • Sample darah dan urine
  • Rontgen dan tes tekanan darah dan pernapasan.

Usahakan untuk tidak bergadang sebelumnya dan perbanyak minum air putih jika diperlukan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.