Pengalaman Seleksi Rekrutmen PT PLN

pengalaman tes PT PLN

PLN juga sering mengadakan rekrutmen untuk mencari kandidat baru sebagai karyawan di perusahaan tersebut. Tentu saja untuk penempatan wilayah jika kamu berhasil lolos pada tahapan seleksi ini kamu akan ditempatkan diseluruh indonesia. Kamu bisa melihat lowongan kerja dan berbagai tahapan tesnya melalui situs website resmi dari PLN yaitu https://rekrutmen.pln.co.id/.

Kali ini tipskerja akan mereview mengenai pengalaman seleksi dan tahapan tes di PT PLN dengan berbagai posisi dan jenjang karir. Berikut tahapannya yang akan kamu jalani :

 

  1. Seleksi Administrasi

Untuk tes ini kamu akan diminta untuk mengisi data data dan berkas data diri pribadi melalui websitenya. Berkas yang harus kamu lengkapi mulai dari KTP, akte kelahiran, ijazah, transkip nilai, pelatihan kursus, TOEFL dan juga penghargaan atau prestasi yang kamu miliki jika memilikinya. Usahakan untuk melengkapi semua berkas yang diminta.

  1. Test Akademis dan Bahasa Inggris

Pada tes kali ini akan dibagi menjadi 2 sesi. Sesi bahasa inggris dan sesi seleksi akademis. Usahakan untuk tidak menjawab sembarangan pada tes ini, karena jika kamu salah maka point nilaimu akan berkurang 1 dan jika benar akan mendapatkan nilai 4, tidak diisi akan mendapatkan nilai 0.

Untuk tes bahasa inggris soal dan materinya hampir sama jika kamu tes TOEFL pada umumnya dan untui tes akademis materi soalnya sesuai dengan posisi yang akan kamu lamar. Jadi lebih baik untuk belajar lagi mengenai teori teori dari bangku kuliahmu sebelumnya sebelum mengikuti tes ini.

  1. Test Intelegensi

Biasanya pada tahapan tes ini kamu akan mengerjakannya secara online dengan komputer yang sudah disediakan oleh panitia. Materi tes yang akan kamu terima seperti :

  • Tes kreplin atau biasa disebut tes koran
  • Tes matematika dasar (statistik dasar berupa grafik data)
  • Tes abstraksi (menentukan pola suatu gambar) dan tes verbal (antonim sinonim kata seperti tes bahasa indonesia).

 

  1. Psikotes

Jika kamu sudah terbiasa mengikuti tes psikotes diberbagai perusahaan maka tes kali ini kamu tidak akan menemukan kesulitan. Seperti pada psikotes di perusahaan lainnya materi soalnya berupa :

  • Tes kepribadian diri (tidak ada jawaban benar atau salah murni berdasarkan kepribadian masing masing)
  • Warteg tes (menggambar suatu pola awal untuk menjadikannya sebuah bentuk yang memiliki arti)
  • Tes Pauli (berupa tes koran dan hampir sama seperti kreplin)
  • Tes menggambar (menggambar pohon dan aktivitas manusia)

 

  1. Tes Fisik

hampir menyerupai tes kesehatan pada umumnya untuk menentukan apakah kamu bisa lebih produktif jika menjadi karyawan di PLN ini. Tesnya dimulai dari :

  • Tes mata (apakah kamu memiliki minus, plus atau buta warna)
  • Tes fisik (Bodi Mass index, tinggi dan berat badan)
  • Cek lingkar perut, darah, dubur, dan denyut nadi
  • Pemeriksaan kepala, mata, gigi, telinga, hidung, tenggorokan, leher dan dada
  • Pemeriksaan alat kelamin, ektemitas, kulit dan tes keseimbangan.

 

  1. Test Laboratorium

Merupakan tes kesehatan tahapan akhir yang dirangkai menjadi satu kesatuan. Tes ini berupa tes pengambilan sample darah, sample urine, rontgen, paru paru, audiometri, rekam jantung.

Untuk persiapan lebih baik kamu perbanyak olah raga sebelumnya dan perbanyak minum air putih serta pola makan yang teratur. Jangan lupa juga untuk istirahat dan tidur dengan teratur juga. Jangan menganggap remeh tes kesehatan dari PLN ini. Untuk perusahaan lainya biasanya jika sudah melalui tahapan ini kamu bisa bernafas lega karena kemungkinan 90% kamu sudah dinyatakan lolos tetapi tidak untuk tes di PLN ini masih banyak kemungkinan kamu gagal bahkan ditahap kesehatan ini terutama bagi kamu yang aktif merokok.

  1. Interview User

Wawancara user ini adalah tahapan terakhir kamu sekaligus sebagai penentu apakah kamu diterima atau tidak. Pertanyaan seputar kehidupan pribadi kamu seperti pengalaman kuliah dulu, organisasi, atau pengalaman kerja jika ada. Pertanyaan lainnya seputar masalah teknis jika kamu bekerja di perusahaan ini. Jangan lupa untuk belajar mengenai teori dasar dan pengetahuan mengenai posisi yang kamu lamar.

Lebih baik kamu sering membuka website resmi dari PT PLN ini untuk mengetahui perkembangan dan berita terkini yang sedang dihadapi oleh PLN sebagai bekal kamu saat wawancara user. Sebelumnya buatlah 1 atau 2 pertanyaan yang akan kamu siapkan jika nanti kamu dipersilahkan untuk bertanya kepada tim User. Karena pertanyaan inilah yang menjadi kunci seberapa besar keinginanmu untuk bekerja di PLN ini.

Share Link

4 Comments

  1. Halo saya ingin bertanya, apakah setiap rekrutmen urutan tahap yang dijalani selalu sama ? Atau berbeda beda setiap kali ?
    Terima kasih

    1. Untuk rekrutment PT PLN tahapan urutannya selalu berbeda mengikuti kebutuhan dari perusahaan.
      Jadi tidak terpatok untuk urutan tahapannya.
      Terima kasih semoga bermanfaat.

  2. Kira2 pengumuman nya berapa hari setelah seleksi administrasi utk ke tes akademisnya?

  3. Kira2 pengumumannya brp hari setelah seleksi administrasi ke tes akademis?

Leave a Reply

Your email address will not be published.