Pengalaman Rekrutmen Perum Bulog

Pengalaman Rekrutmen Perum Bulog

Tipskerja kali ini akan membahas mengenai pengalaman tes rekrutmen dari perum Bulog. Untuk lowongan kerjanya bisa kalian cek sendiri di website resmi dari Perum Bulog. Berikut tahapan yang akan kamu jalani pada saat mengikuti tes di perum bulog:

  1. Tes Intelegensi

Setelah kamu menerima pengumuman dari seleksi administrasi, maka tahapan pertama yang akan kamu hadapi adalah tes intelegensi. Siapkan juga untuk kartu peserta dan KTP yang sudah terdaftar dari panitia. Sebelum tes dimulai akan ada presentasi singkat mengenai profil dari Perum Bulog.

Adapun pertanyaan yang akan keluar pada saat tes intelegensi ini adalah:

  • Tes Verbal (Mengenai antonim, sinonim kata)
  • Tes soal cerita dan berhitung matematika dasar.
  • Tes Gambar (Mencocokkan gambar pola yang diberikan)

Pengumuman tes akan langsung kamu terima setelahnya dan yang lolos akan lanjut ketahapan selanjutnya keesokan harinya.

  1. Psikotest dan Wawancara Psikologi

Pada tahapan ini akan ada serangkaian tes yang akan kamu hadapi, usahakan untuk membawa bekal minimal ari putih dan jangan lupa untuk sarapan terlebih dahulu. Berikut rangkaian tes yang akan di jalani:

  • Tes menggambar (pohon, rumah dan orang beserta kelebihan dan kelemahannya)
  • Tes warteg (melanjutkan gambar supaya menjadi memiliki arti atau maksud)
  • Tes Kreaplin (tes koran deret angka matematika)
  • Mengisi Formulir yang sudah disediakan berupa identitas diri dan motivasi kerja serta alasan ingin bekerja di perum bulog jawab dengan sejujurnya

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

Tes lanjutannya adalah wawancara psikologi. Pada tahapan ini pertanyaannya adalah mengenai pengalaman pribadi diri mulai dari perkenalan diri secara singkat dan alasan mengapa ingin bekerja di sini. Ingat juga untuk tes psikotest sebelumnya, nantinya akan ada pertanyaan juga dari hasil psikotest yang kamu isikan.

Baca Juga >>> Alasan Melamar Pekerjaan Saat Wawancara Kerja <<<

  1. Tes Kesehatan

Tes kesehatan akan berlangsung di lab yang sudah di tunjuk oleh perum bulog. Rangkaian tesnya seperti cek berat dan tinggi badan, priksa mengenai riwayat penyakit, cek tekanan darah, cek sample urine, cek rontgen dan cek lainnya. Usahakan untuk tidak bergadang sebelum tes dimulai, dan perbanyak minum air putih sebelumnya dan jaga kondisi dengan makan makanan sehat bernutrisi.

  1. Tes Wawancara User

Pada tes wawancara user ini nantinya akan berhadapan dengan 2 orang tim user dan manager dari perum bulog. Untuk pertanyaanya masih sama dengan tes wawancara user di perusahaan lainnya, seperti:

  • Perkenalkan diri terlebih dahulu
  • Prestasi apa yang pernah kamu raih?
  • Masalah terberat dalam hidup kamu dan bagaimana solusi yang kamu terapkan
  • Rencana 5 tahun kedepan seperti apa
  • Gaji yang diinginkan jika bekerja di perum bulog (usahakan untuk reset mengenai gaji sesuai dengan yang kamu lamar terlebih dahulu)
  • Apa yang kamu ketahui mengenai profil bulog

Baca Juga >>> Jawaban Interview Target 5 Tahun Kedepan <<<

Mungkin seperti itu gambaran dari tahapan tes di perum bulog. Untuk tahapan selanjutnya adalah mengenai tanda tangan kontrak dan share benefit apa yang akan kamu terima setelahnya.

Terima kasih sudah membaca tulisan ini semoga bermanfaat dan sukses buat kita semua. Klik iklan pada website untuk membantu kami dalam membuat artikel yang lebih bermanfaat. Salam sukses.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.