Pengalaman Kerja di PT Surya Madistrindo Distributor Dari PT Gudang Garam Tbk

Pengalaman kerja di PT Surya Madistrindo

Untuk pengalaman tes PT Surya Madistrindo bisa kamu baca di link bawah ini.

Baca Juga >>> Bocoran Pengalaman Tes Lolos Dan Sukses Tes OMT PT Surya Madistrindo Tes tulis Beserta Wawancara <<<

Kali ini kita akan membahas mengenai pengalaman bekerja sebagai marketing / sales / OMT di PT Surya Madistrindo yang merupakan distributor resmi dari PT Gudang Garam Tbk. Setelah melalui berbagai tahapan tes kerja di PT SM ini dan tanda tangan kontrak dengan HRDnya langsung, kamu akan ditempatkan sesuai dengan lokasi yang membutuhkan bagi PT SM. Awalnya pasti kamu sudah tahu untuk posisi marketing ini yang dibutuhkan siap ditempatkan dimana saja. Maka untuk lokasi penempatan kamu sudah tidak bisa negosiasi lagi dengan HRD. Dimana lokasi itu dibutuhkan maka kamu harus siap untuk menerimanya termasuk di kota kota kecil di Indonesia.

Untuk hari pertama bekerja kamu akan menandatangi kembali beberapa berkas yang dibutuhkan oleh pihak HRD. Di hari kedua kamu akan mendapatkan pelatihan singkat oleh supervisor atau manager marketing setempat. Pelatihan ini lebih ke teoritis pengenalan dasar pekerjaanmu nantinya sebagai marketing. Pelatihan ini mungkin bisa sampai 2 atau 3 hari kedepan.

Setelah pelajaran teori selesai saatnya kamu merasakan bekerja layaknya seorang marketing. Kamu nantinya akan disuruh untuk ikut dengan seorang marketing senior dan ikut terjun langsung membantu penjualan mereka. Tugasmu nantinya hanya melihat dan membantu bagaimana proses transaksi seorang sales bekerja.

Usahakan kamu sudah hafal dengan produk dan jenis jenis rokok beserta dengan metode cara kerja transaksinya. Kamu akan berkunjung di toko toko yang sudah ditentukan oleh pihak Surya Madistrindo. Untuk tokonya toko kelontong yang berada di masyarakat, desa ataupun di dalam pasar juga menjadi outlet recovery dari tim sales. Untuk penempatannya sudah ditentukan berdasarkan teritory dan distrik masing masing sales.

Kunjungan ke toko tersebut bisa seminggu sekali atau bisa 2 minggu sekali. Didalam toko nanti kamu akan menawarkan rokok gudang garam. Yang menjadi target bukanlan berapa banyak rokok yang kamu jual, namun berapa banyak jenis rokok yang bisa kamu jual di toko tersebut.

Misalnya : Varian rokok gudang garam ada 15 jenis dan merek dari Gudang Garam. Usakan untuk menjual 10 jenis varian dari rokok gudang garam akan menjadi nilai plus bagi kamu. Meskipun hanya 1 bungkus namun poin KPI kamu akan lebih baik daripada kamu hanya menjual 1-3 jenis varian rokok dengan jumlah yang besar.

Nantinya kamu akan dibawakan juga souvenir dan produk penunjang untuk penjualanmu di toko. Produk penunjangnya bisa berupa gelas, piring, payung dan peralatan lainnya yang sudah berlabel gudang garam. Jadi kamu bisa menambah jumlah varian pembelian tokomu dengan menggunakan souvenir untuk pemancingnya. Misalkan kamu bisa menawarkan jika pembelian 5-10 jenis rokok gudang garam akan mendapatkan 1 buah piring dan gelas. Seperti itu.

Selain membawa rokok dan souvenir penunjang. Kamu juga membawa POSM (Point Of Sale Materials) dair produk Gudang Garam. POSM ini adalah berupa banner, spanduk, stiker, rak rokok jika ada dan sebagainya. Jadi pekerjaanmu bukan hanya menjual rokok namun juga berfikir bagaimana pembeli di toko tersebut mengetahui kalau toko itu menjual produk dari gudang garam dengan cara memasang POSM tersebut. Kamu bisa memasang spanduk atau banner di depan toko yang kamu kunjungi dengan perizinan dari toko tersebut.

Setelah masa training selesai selama kurang lebih 1 minggu. Maka kamu sudah siap untuk langsung diterjunkan di lapangan. Kamu nanti akan diberikan teritory dan distrik sendiri untuk kamu. Nantinya akan ada maps dan petunjuk peta dimana toko toko yang akan kamu kunjungi.

Setiap harinya kamu harus melakukan target kunjungan toko sebanyak 35-40 toko tergantung dari banyaknya toko di distrik tersebut.  Untuk kendaraan yang digunakan bisa menggunakan motor atau mobil dari kantor, jadi tidak menggunakan kendaraan pribadimu sendiri. Penentuan kamu menggunakan motor atau mobil dari bagaimana jauh dekatnya lokasi atau dari letak geografis dari wilayah yang kamu cover. Penentuan lainnya bisa karena banyaknya pembelian produk gudang garam dari wilayah tersebut.

Untuk jenjang karirnya di gudang garam ini cukup baik. Untuk kamu yang menempati posisi awal sebagai OMT (operasiional management trainee) maka untuk karir setelahnya kamu bisa capai selama kurang lebih 1-2 tahun tergantung KPI kinerja atau posisi yang sedang kosong.

Posisi setelah marketing sales adalah MD event. MD ini bisa terbagi lagi seperti MD sales yang hanya menjual produk gudang garam di toko toko tertentu dan toko besar ataupun di cafe cafe. Adapun  MD event yang bertugas hanya melakukan event event baik di kota kota kecil maupun besar.

Setelah Posisi MD kamu bisa lanjut lagi keposisi atas yaitu posisi Sales Sub Agen. Diposisi ini kamu hanya berjualan ke agen agen besar. Sehari kamu hanya mengunjungi 5-10 toko besar dan membawa sebuah truk besar dimana nantinya akan dibantu 2 orang lainnya yaitu supir dan assistant barang. Untuk penjualannya bisa sampai ratusan juta.

Setelah di posisi sales SA maka posisi selanjutnya adalah menjadi supervisor sales. Kamu akan memimpin beberapa sales dan bertanggung jawab dengan target sales tersebut. Setelah Supervisor sales posisi selanjutnya adalah Supervisor MD dan Supervisor SA. Baru setelah itu kamu bisa menjadi Manager Sales/MD/Sub Agen.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kamu ya. Semoga terjawab untuk kamu tentang bagaimana pekerjaan di rokok ini. Mungkin untuk di rokok kompetitor seperti HM Sampoerna, Djarum atau lainnya untuk contoh kerjanya hampir sama dan mirip dengan gudang garam. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Sukses untuk kita bersama.

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.