Pengalaman dan Seleksi Tes Taspen

Pengalaman dan Seleksi Tes Taspen

Taspen sendiri adalah salah satu perusahaan BUMN yang ada di indonesia yang bergerak dibidang pelayanan dana pensiunan PNS dan tabungan kerja di hari tua. Kali ini tipskerja akan mereview tentang pengalaman seleksi tes dari Taspen. Untuk lowongannya tertera di websitenya taspen karir. Akan ada beberapa surat pernyataan yang bisa kamu download melalui websitenya. Isi dan kirimkan kembali beserta dengan berkas pelengkap lainnya usahakan untuk melengkapi semua berkas yang diminta karena persaingan yang sangat ketat. Pada tahapan ini kamu sudah melalui tahapan pengumpulan seleksi berkas dokumen. Berikut untuk tahapan selanjutnya :

  1. Tes Pengetahuan Umum dan Bahasa Inggris Taspen

Pada saat seleksi biasanya kamu diharuskan untuk mengenakan dan membawa berbagai perlengkapan pendukung seperti : kemeja lengan panjang berwarna putih polos, celana kain hitam, alat tulis dan kartu tes nomor urut kamu yang bisa di print melalui website. kartu tes inilah yang sangat penting dan jangan sampai kelupaan.

Untuk soal pengetahuan umum lebih banyak membahas tentang ilmu di dunia perbankan. Bagi kamu yang lulusan perbankan maka akan mudah untuk melalui tes ini. Sedangkan bagi kamu yang diluar lulusan perbankan coba belajar terlebih dahulu mengenai pengetahuan umum didunia perbankan. Pelajari juga mengenai perusahaan taspen ini dikarenakan akan ada beberapa soal yang mempertanyakan mengenai perusahaan BUMN Taspen ini. Untuk soal bahasa inggris hampir sama dengan tes TOEFL di beberapa perusahaan lainnya. Tes ini terbilang singkat dan jika sudah selesai kamu bisa pulang untuk menunggu pengumuman selanjutnya.

  1. Tes Akademik Taspen

Tahapan selanjutnya di Taspen adalah soal tes akademik. Adapun soalnya seperti kata sinonim antonim, kesetaraan kata kata, dan analisi suatu kalimat. Tes lainnya seperti deret angka matematika dan tes soal matematika dasar.

  1. Tes Psikotes dan Interview Taspen

Untuk tes psikotes ini meliputi tes analisa suatu gambar, menggambar warteg, menggambar pohon dan manusia, serta tes kepribadian diri dimana tidak ada jawaban benar atau salah. Jawablah pertanyaan tersebut sesuai dengan kondisi kamu sekarang dan dengan spontan. Tes selanjutnya adalah tes koran atau kreaplin dan pauli. Dibutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam tes kali ini.

Baca Juga >>> Tips Tes Menggambar Orang Dan Pohon <<<

Setelah psikotes semua kandidat akan di wawancarai oleh tim HRD dari Taspen. Psikolog ini akan mereview semua jawabanmu di tes psikotes sebelumnya dan bertanya mengenai kebenaran dari jawabanmu tersebut. Untuk pertanyaannya mendasar tentang kepribadian diri dan pengalaman diri.

Baca Juga >>> Apa Pertanyaan Interview Kerja Pertama Kali ? <<<

  1. Interview User Taspen

Tes selanjutnya adalah wawancara user. Kamu akan diwawancarai oleh 2 orang petinggi dari Taspen. Untuk pertanyaan seputar pengalaman diri dan menceritakan tentang diri kamu serta kesibukan saat ini sedang apa? mengapa ingin bekerja di taspen ? berapa gaji yang diinginkan. Untuk gaji coba kamu telusuri terlebih dahulu mengenai gaji rata rata di BUMN Taspen ini. Usahakan jangan menjawab dengan nominal saja tapi jawablah dengan range gaji yang kamu harapkan seperti :  “Rp 4 juta sampai Rp 6 Juta “ untuk gaji awal. Pelajari kembali mengenai taspen dan perdalam ilmu perbankan juga akan bermanfaat bagi kamu sebelum masuk ke interview user ini.

Baca Juga >>> Tips Sukses Interview Dan Wawancara User <<<

  1. Tes Kesehatan

Ini merupakan tahapan terakhir sebelum tanda tangan kontrak dan offering benefit. Tes kesehatan akan dilaksanakan di lab kesehatan yang sudah ditunjuk oleh Taspen. Tesnya seperti check up kesehatan seperti biasa. Usahakan untuk berpuasa 12 jam sebelum tes dimulai, perbanyak minum air putih, jangan bergadang sebelumnya dan jangan merokok juga. Jika jauh jauh hari kamu sudah tahu untuk tes kesehatan ini maka ada kesempatan untuk memperbaiki pola makananmu.

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.