Menjaga Kesehatan Pada Saat Kerja Shift

Menjaga Kesehatan Pada Saat Kerja Shift

Menjaga kesehatan memang sangat penting bagi semua orang. Terkadang suatu pekerjaan menuntut kita untuk bekerja terlalu keras bahkan bekerja di jam jam yang sangat tidak sehat. Hal ini juga sangat berpengaruh bagi kamu yang bekerja dengan jam shift terutama shift malam. Karena biasanya pada malam hari tubuh akan mengeluarkan zat zat negatif dari tubuh yang akan diproses pada saat kamu tidur dimalam hari. Untuk itu kamu perlu menjaga kesehatan pada saat kerja shift. Berikut hal hal yang perlu kamu lakukan pada saat kerja shift terutama shift malam:

  1. Disiplin Waktu

Ini merupakan hal yang paling penting. Pergunakan waktu istirahat dan tidur sebaik mungkin jika sudah ada kesempatan. Jangan pernah menunda tidur setelah pulang kerja shift malam. Tidurlah diruangan yang tenang dan tutup juga.

  1. Beritahu kerabat atau temanmu bahwa kamu memiliki pekerjaan malam, sehingga tidak diganggu pada saat kamu beristirahat dipagi dan siang hari.
  2. Pilih makanan yang sehat dan berserat.
  3. Hindari makanan yang manis manis, dikarenakan akan mempercepat kehabisa energi setelahnya.
  4. Gantilah buah dan sayur sebagai pengganti camilan kamu.
  5. Konsumsi multivitamin pada saat badan kamu mulai terlihat tidak fit.
  6. Jangan meminum kopi 6 jam sebelum tidur. Mungkin kamu bisa minum kopi sebelum jam kerja shift malam kamu, namun setelahnya kamu harus berhenti minum kopi agar bisa beristirahat di pagi harinya.
  7. Atur jadwal shiftmu dan tentukan kapan kamu istirahat dan memulai aktivitas kembali.
  8. Setelah bekerja jangan merokok karena kandungan nikotin akan membuatmu lebih terjaga dan susah untuk tidur dipagi harinya.
  9. Perbanyak minum susu untuk menjaga daya tahan tubuh.
  10. Yang terpenting adalah tetap menjaga jumlah jam tidurmu seperti biasanya. Jika kamu biasa tidur 6 jam perhari, maka cukupkanlan juga menjaga tidur 6 jam perhari. Sehingga tubuhmu tidak kaget dengan kebiasaan yang baru.
  11. Perbanyak minum air putih hangat sebelum bekerja dan setelah bekerja.
  12. Jangan mengkonsumsi minuman bersoda dan minuman berenergi.
  13. Usahakan untuk cukup berolahraga dan bergerak ketika berada di kantor.
  14. Jangan mengkonsumsi makanan berminyak dan makanan cepat saji.
  15. Mandilah usai bekerja dan sebelum tidur agar tidurmu lebih fresh ketika bangun.

Diatas merupakan hal hal penting yang bisa kamu terapkan ketika menghadapi shift malam pada saat bekerja. Dengan menjalani tips tips sehat diatas akan mengurangi dampak negatif dari bekerja shift malam dikemudian hari. Semoga bermanfaat bagi kamu dan selalu bisa beraktivitas untuk kegiatan yang positif ya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.