Menjadi Seorang Fresh Graduate, Apa yang Harus Dilakukan ?

Fresh Graduate adalah

Kamu baru lulus kuliah atau lulus sekolah dan ingin mencari kerja? Berarti sekarang kamu memiliki status baru yaitu Fresh Graduate. Namun apa sih arti kata indonesianya ? Fresh graduate adalah seseorang yang belum memiliki pengalaman kerja dan lulusan baru dari universitas atau sekolah sma yang ingin terjun kedunia kerja.

Fresh graduate hanya ditujukan oleh orang yang tidak memiliki pengalaman bekerja. Jika kamu sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya dan ingin melamar dibidang dan posisi yang sama maka kamu sudah bukan seorang fresh graduate melainkan experiences jobseekers.

Sering sekali ada beberapa lowongan kerja yang mencantumkan kriteria fresh graduate welcome to applay yang artinya kamu yang tidak memiliki pengalaman kerja juga bisa melamar pekerjaan dengan posisi tersebut.

Baca Juga >>> Contoh Jawaban Ceritakan Tentang Diri Anda Saat Interview <<<

Jika kamu masih belum memiliki pengalaman kerja, maka apa yang harus dilakukan fresh graduate dalam bersaing mencari pekerjaan ? Berikut tips dari kami tipskerja :

  1. Upgrade Skill

Selain mencari pekerjaan yang pas ada baiknya kamu upgrade skill yang dibutuhkan dalam pekerjaan. Belajar kembali mengenai kemampuan yang dibutuhkan seperti keterampilan bahasa inggris, Microsoft Office, keterampilan desain grafis jika kamu memang memiliki basic didesing dan hal hal lain yang bisa menunjang harga jual kamu pada saat melamar kerja.

Namun perlu diingat agar tidak terlalu lama dan berlarut larut dalam menambah ilmu skill, karena ada batas umur fresh graduate yang perlu kamu ingat selama kurang lebih 3 tahun. Jika dalam masa ini kamu tidak memiliki pekerjaan, maka HRD akan bertanya tanya apa yang kamu lakukan selama 3 tahun terakhir ini sehingga tidak memiliki pekerjaan ?

  1. Melengkapi Berkas Pelengkap

Untuk melamar pekerjaan biasanya ada beberapa berkas pelengkap yang diperlukan untuk bisa melamar posisi tersebut. Berkas pelengkap ini seperti : SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), Sertifikat TOEFL, Surat kesehatan, SIM A dan C jika kamu ingin bekerja didunia marketing sales, Kartu Keluarga terbaru dan berkas pelengkap lainnya

  1. Aktif Di Jobfair

Untuk meningkatkan peluang mendapat kerja, kamu juga harus aktif mengikuti jobfari yang diselenggarakan diberbagai kota. Jangan sampai kamu hanya menunggu datangnya panggilan kerja.

Dengan mengikuti jobfair kamu bisa mengetahui posisi apa saja yang saat ini dibutuhkan di dunia kerja dan skill apa saja yang dibutuhkan.

4.Terlalu Pilih Pilih Pekerjaan

Untuk kamu ada jangka waktu fresh graduate yang dihitung sejak kamu lulus kuliah dan menginjakkan kaki didunia kerja. Oleh sebab itu jangan terlalu memilih milih pekerjaan yang ditawarkan kepada kamu. Carilah pengalaman sebanyak mungkin agar status fresh graduatemu berganti menjadi experiences.

Gunakan juga undangan tes interview dan psikotest kerja sebagai ajang pembelajaran diri dan mencari pengalaman dalam menghadapi rekrutment tes diperusahaan tertentu.

Dengan banyak mengikuti tes kerja, meskipun gagal kamu bisa mencari apa saja yang kurang dari skill kamu saat ini dan berusaha memperbaikinya.

  1. Perbanyak Relasi

Tips terakhir adalah cobalah untuk memperbanyak relasi rekan yang sudah bekerja di perusahaan yang bagus. Cobalah untuk bertanya mengenai lowongan kerja yang ada di perusahaan tempat temanmu sudah berada disana.

Atau paling tidak kamu ikut aktif dengan membuat beberapa grup chat yang tujuannya saling memberikan informasi lowongan kerja terbaru bersama tema teman kamu. Dengan adanya grub ini kamu bisa terus update bersama mengenai informasi lowongan kerja.

Baca Juga >>> Tips Mengikuti Job Fair Agar Efektif dan Efisien <<<

Beberapa perusahaan justru sengaja mencari tenaga muda dan fresh graduate tanpa melihat pengalaman kerja yang dimilikinya.

Beberapa alasan mengapa fresh graduate diminati oleh perusahaan antara lain :

  1. Lebih mudah diatur dan diarahkan seusai dengan apa yang perusahaan tetapkan
  2. Lebih memiliki loyalitas yang tinggi terhadap pekerjaan
  3. Masih semangat untuk mencoba hal hal baru terutama didunia kerja
  4. Mencari solusi yang lebih baik
  5. Paham dengan teknologi yang berkembang saat ini
  6. Gaji lebih kecil daripada yang sudah berpengalaman
  7. Bisa bekerja lebih dan tahan banting terhadap tekanan kerja
  8. Masih semangat belajar lebih
  9. Bisa menerima kritik dan saran yang diberikan kepadanya
  10. Diharapkan bisa lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja.

Baca Juga >>> Tips Menjalani Walk In Interview Yang Sukses <<<

Kamu sebagai fresh graduate diharapkan mampu untuk tahan banting dan tahan terhadap pandangan orang sekitar. Karena biasanya orang yang tidak memiliki pengalmaan kerja dianggap tidak mampu bersaing dengan yang sudah memiliki pengalaman kerja.

Di dunia kerja kamu dituntut untuk bisa bekerja secara individu dan juga mampu bekerja secara tim. Tentukanlah langkah karir yang tepat agat perjalananmu di dunia kerja bisa berjalan mulus.

Seorang fresh graduate adalah seorang yang mampu bekerja lebih dan belajar lebih dalam mengambil hal hal yang bisa membantunya dalam mencari pengalaman kerja.

Baca Juga >>> Tips Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan –Tipskerja.com <<<

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.