Mengembalikan File Yang Terhapus Menggunakan Cara Ini

cara mengembalikan file terhapus

Ada kalanya file dikomputer secara tidak sengaja terhapus atau bisa jadi dihapus oleh orang yang mengakses komputer atau laptop kamu. Tipskerja akan memberikan cara mengembalikan file terhapus dikomputer atau laptop dengan menggunakan aplikasi bawaan atau dengan aplikasi instalan lain.

Kalau file terhapus dengan cara menekan tombol delete maka kamu bisa menemukannya kembali di Recycle Bin > Klik File Tersebut > Restore. Namun lain cerita kalau file yang kamu hapus dengan cara menekan tombol Shift + Delete, maka file akan permanent hilang dan terhapus.

Kamu tidak perlu khawatir, file yang katanya terhapus permanent artinya file tersebut benar benar hilang dari komputer atau laptop kamu. Jadi, kemanakah file itu berada? file akan menunggu diruang yang tersedia didalam memori komputer untuk jaga jaga kalau di overwrite oleh sistem atau data baru.

Lalu, bagaimana cara mengembalikan file yang terhapus secara permanen ? Simak tips berikut ini :

  1. Backup Kemudian Restore Melalui Control Panel

Cara ini tanpa menggunakan aplikasi atau software tambahan. Kamu bisa mencobanya dengan cara membuka Control Panel di komputer kamu.

Caranya adalah Klik Start Windows > Ketik Control Panel pada tabel search > Enter > Pilih System and Security > Cari Backup and Restore.

Cari Restore My Files lalu pilih Restore File From.

Cara ini bekerja untuk windows 7 sampai versi 10. Catatan yang harus kamu perhatikan adalah kamu harus sering sering backup data di menu Backup and Restore secara berkala. Backup bisa kamu lakukan setiap 1 bulan sekali atau lebih baiknya kamu lakukan minimal 2 minggu sekali.

Kamu tidak akan pernah me-Restore file yang sudah terhapus jika kamu tidak pernah mem-Backup sistem di komputer atau laptop kamu.

  1. Menggunakan Aplikasi Tambahan “Recuva”

Untuk aplikasi ini merupakan software free alias gratis yang bisa kamu dapatkan di internet. Aplikasi ini adalah salah satu aplikasi untuk cara mengembalikan file terhapus atau hilang.

Setelah kamu mendapatkan software ini lalu instalah sesuai dengan opsi bit komputer kamu.

Recuva hanya memerlukan lokasi file yang hilang dan kamu diharuskan untuk klik opsi All Files. Namun jika kamu tidak ingat dengan lokasi file yang terhapus kamu bisa menggunakan opsi I’m Not Sure sehingga program Recuva akan membantu dalam mencari file yang terhapus.

Jika file masih belum ditemukan maka ada opsi tambahan menggunakan Enable Deep Scan. Dengan bantuan opsi ini Recuva akan mencoba mencari lebih detail kembali dan tentunya ini memakan waktu yang lebih lama.

Jika sudah ketemu dengan file yang dimaksud maka kamu bisa langsung klik Recover dan filemu akan otomatis kembali ke folder yang sebelumnya berada.

  1. Aplikasi “EaseUS Data Recovery Wizard”

Seperti aplikasi Recuva, software aplikasi ini juga gratisan. Kamu bisa mencari dan mendownloadnya di Internet. Jika sudah terinstall maka jalankan aplikasi dan langsung pilih lokasi file yang terhapus.

Jadi ada baiknya kamu mengingat file folder mana yang menjadi tempat file tersebut hilang atau terhapus. Setelah yakin dimana folder itu berada, maka pilih opsi Scan dan otomatis aplikasi akan memindai didalam folder tersebut file file yang dulu pernah terhapus.

Jika sudah ketemu file yang dimaksud selanjutnya adalah dengan menekan tombol Restore atau Recover. Kemudian file akan kembali lagi dan ada opsi tambahan dimana letak kamu ingin menyimpannya kembali.

Baca Juga >>> Tutorial Cara Melamar Kerja Secara Online <<<

Bagaimana tips kali ini? cukup simple kan?

Daripada kamu harus datang ke tempat servis komputer dan mengeluarkan uang, ada baiknya kamu menggunakan cara ini terlebih dahulu. Sebenarnya masih banyak contoh aplikasi yang bisa mengembalikan file terhapus ataupun hilang. Namun mungkin saat ini ketiga cara diatas masih menjadi top pencarian dalam hal cara mengembalikan file terhapus. Cara ini juga bisa digunakan untuk data flashdisk yang hilang.

Namun sebenarnya ada cara yang paling aman. Coba setiap berkala kamu mengupload file file penting ke dalam cloud internet seperti google drive yang gratisan atau pula seperti droopbox. ini akan mempermudah kamu dalam menyimpan file penting.

pict from Pixabay

Share Link

Leave a Reply

Your email address will not be published.