Jawaban Mengapa Orang Harus Berkerja?

mengapa orang harus bekerja

Terkadang ada beberapa orang yang masih bertanya mengapa orang harus bekerja ?

Setiap orang pastinya memiliki kebutuhan, mulai dari yang sederhana saja seperti dengan kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Kebutuhan dasar dan utama manusia adalah makan, makan bisa di dapatkan dariberbagai macam sumber dari alam. Kebutuhan sandang, sudah sejak jaman dahulu sandang tidak hanya berfungsi sebagai pelindung ataupun penjaga suhu tubuh dari cuaca,namun juga memiliki sebuah nilai dalam lingkungan sosial, dimana membedakan kasta dan untuk saat ini kita sudah sangat dekat dengan kata “Branded”. Banyak orang yang ingin terlihat “lebih” dan dengan barang bermerek banyak orang akan merasa mereka mampu memiliki kelebihan penampilan dan mencerminkan kemampuan financial.

Dari dua kebutuhan manusia yang paling dasar saja sudah dapat dilihat betapa banyaknya ekspektasi dari dua kebutuhan manusia tersebut, saat ini banyak orang yang mementingkan “brand” di banding manfaat atau rasa ketika di konsumsi, banyak makanan dan minuman yang menjadi trend senter, hingga menjamah ke media sosial. Kebutuhan Premier dan Sekunder adalah kebutuhan sangat dasar manusia namun seiring perkembangan jaman modern dua kebutuhan tersebut menjadi kebutuhan yang terlalu berlebihan dimana seharusnya bisa di dapatkan dengan effort seminim mungkin, namun sebaliknya dua kebutuhan ini cukup menguras kantong, inilah salah satu alasan Kenapa orang haru berkerja, bahkan tidak cukup berkerja namun berusaha mencari pekerjaan yang bergengsi dan menawarkan penghasilan tinggi, sehingga dapat mencapai sebuah titik sosial dan di anggap terpandang/exist. Sebenarnya orang bisa saja dapat memenuhi kebutuhan dasar tanpa berkerja atau memiliki pekerjaan yang wah, namun di generasi ini banyak di dapati hasil kerja yang kurang karena mengikuti trend bukan untuk mencukupi kebutuhan dasar.

Jadi kenapa kita harus berkerja di masa modern ini?

  1. Kebutuhan Dasar

Saat ini sudah sangat jarang orang yang hidup di hutan berburu dan meramu, bahkan saat ini jarang di temukan pekarangan, seandainya ada tidak aktif menghasilkan hasil bumi, jadi bagi kalian yang tidak bisa berburu atau memiliki lahan cocok tanam, berkerja adalah cara paling tepat dan cepat untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar kalian.

  1. Pandangan Sosial

Tentunya kalian pernah berfikiran, “Terserah apakata orang, toh mereka ga jalanin hidup gue, ga kasi makan gue” namun saat ini banyak lingkungan sosial yang memandang bahwa tidak berkerja adalah hal yang negatif, kamu akan lebih merasakan sulit mencari pasangan apabila tidak berkerja, secara menjalin hubungan diperlukan kemampuan financial dan dengan kemampuan financial tersebut kamu bisa mendapatkan kepercayaan dari keluarga atau pribadi yang kamu dekati. Bahkan kamu bisa jadi di kucilkan dengan lingkunganmu karena sebagian besar mereka adalah pegawai ataupun pengusaha yang memiliki lingkungan yanag dinamis dan berkembang maka kamu akan di anggap ketinggalan jaman dan tidak dapat mengikuti pemikiran mereka.

  1. Power dan Image diri

Apakah kalian pernah melihat Polisi atau Tentara terlihat begitu berwibawa dan mengintimidasi, bahkan hanya dengan tatapan saja tanpa perlu berbicara? ya hal tersebut dikarenakan setiap profesi memiliki identitas, jiwa ataupun kharisma. Setiap pribadi yang berkerja seharusnya akan memiliki cerminan dari apa yang dia kerjakan, apabila orang berkerja di bagian keuangan maka sedikit banyak akan tersirat jika mereka orang yang cukup rewel dengan masalah pengeluaran, orang yang berkerja sebagai pengacara maka mereka akan terlihat sangat percayadiri ketika menyampaikan pendapat. Dalam contoh lain, mungkin kalian akan terkesan dan heran ketika orang terlihat begitu atractive, berpenampilan baik dan memiliki uang yang cukup banyak, pasti kalian akan bertanya “apa pekerjaanya?” bagaimana jika ternyata dia seorang Pilot? Kalian pasti akan lebih kagum atau sebaliknya dengan berkata “ Pantas saja dia seorang Pilot”, hal tersebut adalah yang di maksud dengan power dan image diri, lalu bagaimana dengan image diri dan power dari seorang pengangguran?

Baca Juga >>> Sikap Dan Keterampilan Yang Diperlukan Ketika Wawancara Kerja <<<

Kurang lebih seperti itu alasan kenapa kita harus berkerja, selain dari bentuk tanggung jawab diri, pekerjaan juga memiliki banyak nilai lebih dari sekedar menari nafkah , berkerja untuk berbaur dengan teman, berkerja untuk mencapai impian, berkerja untuk mencapai nilai sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *